Kamis, 24 Maret 2011

MERANGKUM PARAGRAF

Rangkuman atau ikhtisar merupakan ringkasan dari suatu uraian. Rangkuman bentuknya singkat. Dalam suatu paragraf, rangkuman atau ikhtisar dapat diperoleh dari gagasan utamanya tanpa mengubah isinya.
Cara membuat rangkuman dari suatu bacaan
1. Tentukan gagasan utama dari setiap paragraf yang ada.
2. Abaikan gagasan-gagasan yang bersifat penjelasan.
3. Gabungkan gagasan-gagasan utama tersebut dalam kalimat-kalimat yang sesuai. Rangkuman yang pendek dari beberapa paragraf dapat dibuat dalam satu atau lebih kalimat.
Contoh:
Makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah jenis makanan yang berkualitas. Ini berarti kita harus mengkonsumsi cukup sayuran dan buah-buahan. Membatasi mengkonsumsi protein hewani, serta mengurangi konsumsi gula dan cemilan yang manis-manis.
Anda juga perlu memastikan tubuh Anda cukup mengkonsumsi vitamin yang larut dalam lemak seperti A, D, E, dan K. Vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gagasan utama paragraf1: makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah makanan berkualitas.
Gagasan utama paragraf 2 : vitamin dan mineral penting untuk kekebalan tubuh.
Rangkuman : makanan yang berkualitas, vitamin, dan mineral dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Latihan
Minyak bumi merupakan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sampai sekarang, manusia belum mampu menciptakan minyak bumi atau mendaur ulang minyak yang sudah digunakan. Jadi, jika minyak yang terkandung dalam bumi habis akibat terus-terusan diekploitasi, maka umat manusia harus segera menemukan energi lain pengganti minyak agar roda kehidupan jalan terus. Jika tidak, apa yang akan digunakan untuk menyalakan listrik, mesin, kompor, atau alat-alat lain yang menggunakan minyak sebagai sumber energinya?
. Selama ini minyak bumi yang sering disebut sebagai emas hitam itu menjadi komoditi primadona beberapa bangsa. Hasil penjualan minyak telah membuat beberapa negara menjadi makmur. Akibatnya negara-negara itu seperti berlomba-lomba dalam menemukan sumber minyak baru lalu segera mengurasnya tanpa perduli apa yang akan terjadi seratus tahun yang akan datang.
Beberapa sumber energi telah diperkenalkan sebagai alternatif pengganti minyak. Namun, sampai sekarang belum ada yang sepraktis dan seefisien minyak. Mobil tenaga surya dan baterei pernah dicoba. Namun keduanya perlu diisi ulang pada jarak tertentu. Satu-satunya sumber energi yang menjanjikan adalah nuklir. Sayangnya, jika terjadi kebocoran akibatnya bisa sangat fatal.

1. Rangkuman yang sesuai dengan teks bacaan di atas adalah…
a. Minyak bumi adalah sumber alam yang paling praktis bila dibandingkan dengan energi matahari, baterei, ataupun nuklir.
b. Minyak bumi adalah sumber alam yang pasti akan habis dan belum ada penggantinya, tetapi beberapa negara mengekploitasinya secara besar-besaran.
c. Manusia belum mampu mendaur ulang minyak bumi untuk menggantikan sumber energi alternatif..
d. Minyak merupakan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui tetapi eksploitasinya sangat besar sementara sumber energi yang sepraktis minyak belum ditemukan.

Sebagian besar wanita menginginkan punya berat badan yang ideal. Banyak hal yang telah mereka coba, antara lain dengan mengurangi porsi makan secara drastis. Bahkan, hal itu dilakukan tanpa menghiraukan asupan gizi yang masuk kedalam tubuh. Tentu saja hal itu bukanlah cara yang baik karena cara tersebut dapat mengganggu kesehatan tubuh.
Cara yang paling baik dalam membentuk tubuh yang ideal yaitu dengan mengatur pola makan. Pengaturan jumlah kalori serta menjaga keseimbangan gizi yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk tubuh yang ideal dan tentu saja sehat.
Selain cara tersebut, olah raga adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan. Pembakaran lemak selama aktivitas olahraga adalah cara yang paling alami. Hal itu lebih sehat daripada operasi sedot lemak yang banyak memakan biaya. Soal jenis olahraga, pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan situasi.
Perlu di ingat bahwa kesabaran, keteraturan, dan ketabahan merupakan kunci susksesnya program diet seseorang. Penurunan berat badan memerlukan proses dan bukan hasil kerja simsalabim. Tanpa itu semua, jangan harap akan memberikan hasil seperti yang diharapkan.

2. Rangkuman yang sesuai dengan teks bacaan di atas adalah…
a. Sebagian besar wanita menginginkan punya berat badan yang ideal. Akibatnya mereka rajin, sabar, serta telaten berolahraga.
b. Banyak cara untuk membentuk berat badan wanita yang ideal antara lain yaitu mengurangi porsi makan, mengatur pola makan, dan rajin berolahraga serta harus sabar.
c. Cara paling baik dalam membentuk tubuh wanita yang ideal adalah mengatur pola makan, sedot lemak, dan berolahraga
d. Orang yang sedang diet harus sabar dalam melaksanakan olahraga dan mengatur pola makan karena hal tersebut kunci suksesnya program diet.

Kampanye Terselubung
Pemilu masih lama, tetapi beberapa tokoh sudah mulai sibuk berkampanye. Jusuf Kalla selalu berusaha tampil mendahului SBY pada setiap kesempatan yang ada. Prabowo, mantan komandan kopassus yang karirnya terhenti pada jaman Presiden Habibie itu sibuk memamerkan diri di televisi lewat tayangan iklan atas nama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI ). Sedangkan Megawati sibuk membuat pernyataan yang mengritisi pemerintahan sekarang agar diliput media massa tanpa berkaca apa yang telah dilakukannya pada saat dia berkuasa.
Dalam dunia politik, cara kampanye terselubung itu sudah biasa. Apa pun akan mereka lakukan agar image calon pemilih terpatri pada diri mereka. Janji-janji ditebar di setiap tempat dan waktu. Kata-kata manis dan senyum penuh pengertian akan derita rakyat dipamerkan agar rakyat mengira bahwa mereka adalah calon pemimpin yang memahami penderitaan rakyatnya. Perkara nanti sesudah berkuasa lupa akan yang diucapkannya adalah hal biasa yang lain.

3. Rangkuman yang sesuai dengan bacaan di atas adalah….
a. Saat kampanye , janji-janji manis ditebar oleh para calon presiden tanpa berpikir bagaimana nanti kalu sudah terpilih.
b. Meskipun Pemilu masih lama, beberapa tokoh sudah mulai sibuk berkampanye dengan kampanye terselubung.
c. Calon presiden tahun 2009 sudah mulai berkampanye dengan penayangan dalam iklan di televisi.
d. Kampanye terselubung digencarkan agar rakyat mengira bahwa mereka adalah calon pemimpin yang memahami penderitaan rakyat.

Kontroversi Bakteri pada Susu Formula
Hasil penelitian peneliti Institut Pertanian Bogor ( IPB ) yang menyatakan bahwa terdapat bakteri sakazaki pada produk susu formala menimbulkan kontroversi. Pihak Pemerintah serta merta menolak hasil penelitian itu. Menteri Kesehatan Fadilah Sapari menuding bahwa hasil penelitian itu tidak valid dan mengandung tujuan menghancurkan produk susu dalam negeri. Menurutnya, penelitian itu dibiayai oleh sponsor asing, jadi tidak independen. Pihak IPB sendiri sudah membantah hal itu. Mereka mengatakan bahwa penelitian tersebut dibiayai oleh Departemen Pendidikan.
Terlepas dari valid tidaknya hasil penelitian tersebut, sikap pemerintah yang sangat emosional justru menimbulkan kecugiaan masyarakat. Apalagi pemerintah tidak segera mengumumkan susu formula merk apa saja yang mengandung bakteri yang berbahaya bagi balita tersebut. Bahkan pemerintah melalui Badan Pemeriksa Obat dan Makanan ( POM ) masih akan meneliti ulang hasil temuan IPB tersebut.

4. Rangkuman yang tepat dari bacaan di atas adalah
a. Pemerintah menuduh bahwa hasil temuan IPB hanya akan menghancurkan produk susu dalam negeri.
b. Masyarakat khawatir memilih susu yang akan mereka konsumsi karena karena pemerintah belum mengumumkan merk yang terkena bakteri.
c. Hasil penelitian IPB yang menemukan bakteri sakazaki dalam susu formula ditentang oleh pemerintah sehingga menimbulkan kecurigaan masyarakat.
d. Pemerintah melalui BPOM akan meneliti ulang kebenaran hasil penelitian IPB terhadap susu formula.



Persaingan merupakan nama permainan yang harus kita terima di dunia yang semakin landai. Mereka yang paling produktiflah yang menang. Kita sedang menjadi bangsa yang kalah. Dalam banyak hal kita merasakan betapa tidak berdayanya kita menghadapi dunia yang berlari begitu kencang.
Persoalannya bukanlah kita tidak mempunyai potensi untuk menjadi pemenang, tetapi kekuatan kita. Sering kali kita ikut terlarut dalam permainan bangsa lain. kebiasaan berkelahi sendiri, ditambah lemahnya kepemimpinan yang mampu menetapkan arah dan kebijakan dan menyatukan semua kekuatan, membuat kita akhirnya kehilangan arah. kita tercerai berai dan tidak terfokus pada kekuatan yang dimiliki bangsa
5. Rangkuman yang paling tepat berdasarkan bacaan di atas adalah…
a. Kita menjadi bangsa yang kalah dalam persaingan dunia karena kekuatan tercerai berai dan tidak fokus pada kekuatan sendiri.
b. Dalam persaingan di dunia, bangsa kita bukanlah bangsa yang produktif sehingga kalah saing dengan negara lain.
c. Kita sering menjadi bangsa yang hanya ikut-ikutan bangsa lain dan sering berkelahi sendiri terutama perkelahian politik.
d. Kepemimpinan pemerintah kita belum mampu menetapkan arah kebijakan dan menyatukan kekuatan.

Para peniliti menemukan 24 spesies baru ikan termasuk dua tipe ikan hiu yang ramping dan memiliki panjang 1,2 m (4 kaki). Mereka juga menemukan 20 spesies karang dan 8 udang yang belum pernah dikenal sebelumnya. “Yang palinh spesial dan menarik ialah menemukan hiu-hiu itu. Mereka tingkat tertinggi ciptaan, bukan bakteri atau cacing.” Ungkap Erdman. Hiu-hiu itu mendapat nama dari corak di sisi pinggir badannya yang menyerupai hiasan tanda pangkat pada seragam militer.
Peneliti juga menemukan spesies baru “ikan bercahaya”. Pejantan yang menjaga beberapa betina tiba-tiba dapat mengeluarkan cahaya kuning, biru, merah jambu, atau warna lain di tubuhnya.

6. Rangkuman yang paling tepat untuk teks di atas adalah….
a. Erdman menemukan hiu-hiu yang ramping yang memiliki corak seperti hiasan tanda pangkat pada seragam militer.
b. Saat menjaga betinanya, ikan bercahaya mampu mengeluarkan warna-warna seperti kuning, biru, merah jambu, dan lainnya dari tubuhnya.
c. Spesies yang paling spesial dan menarik adalah hiu karena hiu-hiu itu merupakan ciptaan tingkat tertinggi.
d. Para peneliti menemukan 24 spesies baru ikan, 20 spesies karang, 8 jenis udang, dan spesies baru ikan bercahaya.

7. Dua jenis kesenian masing-masing Wayang Orang dan Ketoprak tergolong kesenian langka. Hidup di tengah berbagai jenis hiburan modern, apalagi pelakunya masih terjerat soal ekonomi, membuat kesenian ini sulit bangkit bahkan cenderung ditinggalkan pelakunya.
Para pelaku wayang wong dan ketoprak sudah sepuh atau tua. Sebagian besar di antara mereka berprofesi sebagai buruh tani.

Rangkuman bacaan tersubut adalah ....
A. Dua jenis kesenian langka yaitu Wayang Wong dan Ketoprak
B. Wayang Wong dan Ketoprak tergolong kesenian langka, para pelaku sudah tua dan sebagian berprofesi sebagai buruh tani.
C. Para pelaku kesenian Wayang Wong dan Ketoprak sebagian berprofesi sebagai buruh tani.
D. Pelaku Wayang Wong dan Ketoprak sudah tua.

8. Lidah buaya termasuk keluarga Lili. Tanaman ini banyak tumbuh liar di sebagian besar wilayah Afrika. Di daerah Madagaskar juga banyak ditemui lidah buaya dengan berbagai jenis.
Lidah buaya memiliki gel aloe vera yang berada di tengah tanaman berlendir. Daging lidah buaya tipis, bening mirip jeli, dapat diproses atau dikeruk. Aloe vera dapat mengobati lika bakar tingkat satu karena mempercepat penyembuhan. Gel ini juga memiliki reputasi sebagai kosmetika kecantikan.

Rangkuman bacaan tersebut adalah...
a. Lidah buaya sangat berguna dan memiliki reputasi sebagai kosmetika kecantikan dan tumbuh liar di pegunungan.
b. Lidah buaya berguna untuk menyembuhkan luka bakar, getahnya diambil dan memiliki reputasi kosmetika kecantikan.
c. Lidah buaya memiliki berbagai sel untuk kosmetik, tumbuh liar di dataran tinggi dan memiliki reputasi kosmetik kecantikan.
d. Lidah buaya banyak tumbuh di wilayah Afrika dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.


Dua peloncat indah Indonesia, Syenni Rama Amalia dan Ahmad Sukram, gagal menembus babak utama kejuaraan Dunia Renang (FINNA). Dengan demikian, Indonesia tidak meloloskan satu pun atletnya di babak utama kejuaraan renang yang dimulai pada Juli di Barcelona, Spanyol.

9. Rangkuman yang tepat sesuai tajuk di atas adalah ....
a. Peloncat indah Indonesia mengikuti kejuaraan renang di Barcelona.
b. Tidak satu pun atlet Indonesia yang lolos ke babak utama kejuaraan renang di Barcelona.
c. Indonesia berhasil meloloskan atlet peloncat indahnya dalam kejuaraan renang itu.
d. Kejuaraan renang FINNA berlangsung di Barcelona, Spanyol

Musim saat ini tampaknya memang tidak bersahabat. Cuaca buruk selalu terjadi setiap hari. Hujan nyaris turun setiap hari, bahkan intensitasnya cukup tinggi. Angin bercampur hujan hujan menimbulkan badai dan ombak yang cukup besar sehingga menyebabkan lalu lintas laut berhenti. Bagi yang nekad melaut banyak yang tenggelam.

10. Rangkuman yang tepat kutipan berita di atas adalah ....
a. Musim yang berupa cuaca buruk, hujan disertai angin kencang mengakibatkan badai ombak yang tinggi sehingga lalu lintas laut berhenti.
b. Hujan bercampur angin kencang menyebabkan ombak laut yang tinggi sehingga lalu lintas laut berhenti
c. Hujan nyaris turun setiap hari dengan intensitas cukup tinggi sehingga mengakibatkan ombak dan badai
d. Cuaca buruk dan hujan lebat terjadi setiap hari sehingga mengakibatkan lalu lintas laut berhenti

1 komentar: