Jumat, 18 Maret 2011

PIDATO

Sistematika pidato terdiri dari
1. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan pengantar sebelum orator menyampaikan isi berita yang ingin disampaikan. Pendahuluan pidato biasanya terdiri dari
a. Salam
b. Sapaan terhadap orang yang hadir. Sapaan diawali dari orang yang berkedudukan tertinggi sampai pada pendengar yang umum.
c. Ucapan syukur. Ucapan syukur terkadang ditiadakan terutama pada pidato yang sifatnya umum.
2. Isi
3. Penutup
Penutup berisi beberapa hal yaitu
a. Kesimpulan isi pidato yang telah disampaikan.
b. Permohonan maaf
c. Salam
Metode berpidato
Ada beberapa cara seseorang melakukan pidato di depan orang banyak. Metode tersebut adalah
1 Metode menghapal. Metode ini dilaksanakan dengan cara menghapal keseluruhan isi pidato yang telah dibuat sebelumnya. Kelemahan metode ini adalah apabila di tengah perjalanan pidato orator lupa hapalan, pidato akan menjadi kacau.
2 Metode membaca naskah atau metode naskah yaitu orator membaca naskah pidato yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dengan metode ini, pidato akan lebih lancar dan sesuai dengan rencana. Namun metode ini juga masih terdapat kelemahan. Kelemahan tersebut adalah orator tidak dapat menyelipkan ide-ide baru di luar naskah yang telah dipersiapkan.
3 Metode serta merta atau impromptu yaitu pidato tanpa adanya persiapan sama sekali. Metode ini akan dirasa sulit oleh orang yang jarang berpidato. Ide-ide tidak muncul sehingga orator bingung apa yang harus diucapkan. Namun dapat juga kebalikannya, ide-ide datang silih berganti sehingga isi pidato tidak berhubungan satu sama lainnya.
4 Metode ekstemporan atau garis besar naskah. Pada metode ini orator hanya mempersiapkan garis besar isi pidato yang akan disampaiakan. Pengembangan isi akan dilakukan saat pelaksanaan pidato di podium.

LATIHAN
Yang terhormat Bapak Kepala Desa Danasari
Yang terhormat Bapak Kepala Kecamatan Bojong
Yang terhormat para Bapak-Bapak pengurus masjid
Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang berbahagia

1. Sapaan pidato di atas kurang tepat karena…
a. menyapa kepala kecamatan setelah kepala desa dan penulisan kata bapak dan ibu yang menggunakan huruf kapital.
b. menyapa kepala kecamatan setelah kepala desa dan ketidakajegan penggunaan kata hormat.
c. menyapa kepala kecamatan setelah kepala desa dan penggunaan kata para sebelum Bapak-bapak .
d. Penggunaan kata Bapak pada pengurus masjid dan penggunaan kata para.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji Syukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan kenikmatan dan kesehatan pada kita sehingga kita bisa berkumpul di sini.

2. Kesalahan diksi pada penggalan pembuka pidato di atas adalah….
a. pertama-tama dan bisa c. panjatkan dan YME
b. pertama-tama dan syukur d. syukur dan sehingga.

Sebelum saya akhiri pembicaraan ini, saya ingin mengingatkan kembali bahwa peringatan ini bukan hanya untuk senang-senang. Akan tetapi lebih jauh lagi kita sebagai umat nabi Muhammad harus meneladani sikap beliau dalam kehidupan kita sekarang ini.

3. Penggalan pidato di atas termasuk pada bagian pidato yang disebut…
a. pembukaan c. Kesimpulan
b. pemaparan isi d. Salam penutup

SMP Negeri 1 Lebaksiu mengadakan kegiatan penghijauan di sekolah. Sebagai ketua panitia, Amilatul mendapat kesempatan menyampaikan pidato di depan teman- temannya.
4. Bagian isi pidato Amilatul yang tepat adalah . . .
A. Semoga gerakan penghijauan ini dapat kita tingkatkan dan terus dilanjutkan pada masa yang akan datang.
B. Mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi nikmat dan rahmat sehingga kita dapat bertemu pada acara ini.
C. Selanjutnya, seperti yang tertera pada pengumuman, kita akan mengadakan penghijauan. Sudah sepantasnya kita berterima kasih kepada Tuhan bahwa sekolah kita senantiasa diberi kesuburan untuk penghijauan.
D. Lingkungan sekolah kita memang subur, tetapi kesuburan itu perlu dilestarikan. Bukan hanya untuk kita saat ini, tetapi juga penting untuk generasi adik-adik kita. Untuk itu, sebagai bukti kepedulian kita, mari kita lestarikan lingkungan dengan penghijauan.

5. Mendidik anak adalah hal yang tidak mudah, bahkan boleh dikatakan sulit. (2) Pada prosesnya terjadi benturan. (3) Nilai-nilai dan lingkungan tempat orang tua tumbuh dan membentuk karakternya, berbeda dengan nilai-nilai dan lingkungan tempat si anak tumbuh. (4) ....
Isian yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks pidato di atas adalah ....
a. Generasi inilah yang akan mendominasi kehidupan masyarakat.
b. Alhasil, setiap generasi memiliki karakter yang unik dan khas.
c. Ciri generasi modern adalah memiliki karakter yang lebih ekspresif.
d. Setiap anak dianjurkan untuk mengikis nilai-nilai orang tua mereka.

6. Penulisan bagian penutup pidato yang paling tepat adalah ....
a. Terasa masih segar dalam ingatan kita, peristiwa tragis seorang ibu dan anaknya yang masih bayi dibantai dengan kejam.
b. Di Surabaya, seorang mahasiswi cantik yang sedang meluncur sendirian dengan sedannya di Jalan Darma Husada dihadang penjahat.
c. Semoga suatu saat kelak Kepala Kepolisian RI dijabat oleh Jendral Polisi Alumni sekolah ini.
d. Kami sadar, untuk menjaga Merah Putih tetap berkibar sebagai lambang kejayaan dan kemajuan bangsa, kami harus belajar dan bekerja keras.

7. SMP Bakti Nusa Palembang mengadakan acara perpisahan siswa kelas 9 tahun 2007/2008 dengan siswa kelas 7 dan 8. Tempat kegiatan di Gedung Wanita.

Sambutan yang tepat untuk pembuka pidato sesuai dengan ilustrasi di atas adalah...
a. Dengan mengucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya nyatakan acara perpisahan kelas 9 tahun 2007/2008 dimulai. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati kita semua.
b. Kami mohon maaf, jika acara ini kurang berkenan di hati bapak, ibu, saudara. Karena keterbatasan waktu juga acara ini dapat terlaksana dan segera akan kita mulai.
c. Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan ridha-Nya, kita dapat hadir dalam acara perpisahan kelas 9 tahun 2007/2008.
d. Sesuai dengan surat undangan yang telah saya terima, hari ini saya akan membicarakan hal-hal yang berkenaan dengan perpisahan yang akan kita laksanakan.

8. Acara ini sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas siswa. Di samping itu, kalian diharapkan memiliki keterampilan yang bermanfaat agar supaya dapat berkompetisi di masyarakat.

Perbaikan bagian kalimat teks pidato bercetak miring tersebut adalah...
a. kalian diharapkan memiliki keterampilan yang bermanfaat.
b. kalian diharapkan memiliki keterampilan yang bermanfaat agar dapat berkompetisi di masyarakat.
c. kalian diharapkan memiliki keterampilan supaya dapat berkompetisi.
d. kalian memiliki keterampilan bermasyarakat.

9. Febian terpilih menjadi ketua OSIS periode 2008/2009 melalui pemilihan yang dilaksanakan tanggal 1 November 2008 yang lalu. Febian diberi kesempatan untuk memberikan sambutan atas terpilihnya dia sebagai ketua OSIS.
Isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah...
a. Puji syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat-Nya kepada kita semua. Juga terima kasih saya sampaikan kepada panitia atas kesempatan yang diberika kepada saya untuk menyampaikan pidato secara singkat.
b. Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman, atas kepercayaan yang diberikan kepada saya, sehingga saya terpilih sebagai Ketua OSIS periode tahun 2008/2009. Suatu kehormatan yang besar karena kepercayaan ini. Saya mengharapkan dukungan teman-teman agar program program yang akan kita laksanakan dapat berjalan dengan sukses.
c. Demikianlah sambutan saya. Saya mohon maaf sekiranya dalam bertutur kata ada salah kata yang tanpa saya sengaja. Sekali lagi besar harapan saya, semoga teman-teman pengurus OSIS selalu bersemangat dalam melaksanakan program-program yang akan datang.
d. Demikianlah, Wassalamualaikum Wr. Wb. Hidup OSIS SMP Nusa Bangsa.

10. Mengapa membuang sampah sembarangan menjadi masalah?Sangat jelas sekali bahwa membuang sampah sembarangan akan berdampak buruk terhadap lingkungan bahkan juga terhadap kesehatan pula.

Perbaikan kalimat teks pidato bercetak miring tersebuat adalah...
a. Membuang sampah sembarangan akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan.
b. Jelas sekali membuang sampah sembarangan tidak mengganggu kesehatan.
c. Sampah tidak akan menjadi masalah bagi lingkungan.
d. Kualitas hidup kita ditentukan oleh sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar