Kamis, 24 Maret 2011

REKONSTRUKSI SCENE VIDEOKLIP MUSIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 2 BOJONG KABUPATEN TEGAL

PENUTUP

A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa
1. Pemanfaatan video klip musik sebagi suatu media pembelajaran terbukti mampu menarik minat dan perhatian siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama pada khususnya dan pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya.
2. Rekonstruksi scene video klip musik untuk pembelajaran menulis naskah drama terbukti mampu membantu siswa menguasai kompetensi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai yang berada di atas KKM baik pada penilaian proses maupun produk.
3. Hasil yang diperoleh pada kedua siklus meningkat. Hal ini ditunjukkan pada mampunya siswa memproduksi naskah drama pada siklus pertama dan kedua. Kompetensi ini belum pernah terwujud sebelum pelaksanaan penelitian.

B. Saran
1. Pembelajaran yang bersifat ekspresif atau pengungkapan gagasan akan lebih cocok dilakukan secara individual.
2. Agar penguasaan kompetensi siswa merata dalam satu kelas, perlu dilakukan kegiatan editing tambal sulam sehingga siswa dapat melihat kelebihan orang lain dan mengadopsi kelebihan tersebut untuk perbaikan karyanya.

3 komentar:

  1. aku juga ingin meneliti spt itu. bisakah saya berdiskusi lbh jauh?

    BalasHapus
  2. BISA YUN, APA YANG BISA SAYA BANTU? MUDAH-MUDAHAN BISA BERMANFAAT.

    BalasHapus
  3. saya juga sedang meneliti serumpun dengan yang bapak teliti, pak boleh sama berdiskusi dengan bapak?

    BalasHapus