Selasa, 31 Mei 2011

DRAMA KOMEDI MUSIKAL "MALIN KUNDANG"


TOKOH:
Malin Kundang
Ibu Malin
Istri Malin
Malan
Nakhoda
Adik Ipar Malin
Pacar Adik Ipar Malin
Pembantu

Dalang : Suatu hari di negeri Minangkabo pada Zaman dahulu kala, ada seorang anak berjudul malin kundang sedang merenungi nasibnya yang susah. Hasratnya bergelora untuk mengubah dirinya menjadi orang kaya. Bagaimana kelanjutan ceritanya, tetap di opera van diwung………
(//Mengapa aku begini haruskah kau tanyakan/ bila kumati kau juga mati//Lagu Naif: Mengapa begini)
1.    Malin              : Mengapa nasib ambo buruak seperti ini. Ayah tak ado, harta pun tak ado. Nasib….nasib…
2.    Ibu Malin       : sedang apo kamu malin? Tak eloklah seorang lelaki melamuan begitu.
3.    Malin              : Ambo sedang memikirkan masa depan kito bundo.
4.    Ibu   : Memangnya ado apo dengan masa depan kita, Malin?
5.    Malin              : entahlah bundo, malin bosan jadi rang miskin terus. Ambo ingin meranto Bundo untuk mengubah nasib kito.
6.    Ibu   : Apo malin? Merantau?
7.    Malin              : Iyo, bundo. Kalo kito hidup seperti ini terus, mau ke mana masa depan kito bundo? (Lagu Armada : Mau dibawa kemana)
8.    Ibu   : baiklah Malin, kalo itu sudah jadi keputusanmu. Ati-ati Malin.
9.    Malin              : Terima kasih Bundo. Baiklah Malin akan segera lets go!
(lagu Ebiet G.ade : Perjalanan ini//perjalanan ini terasa sangat menyedihkan/ tubuh tergunjang menampar kering rerumputan oooo//)
(Malan sedang asyik membersihkan rumah, tiba-tiba ibu masuk kemudian duduk melamun)
10. Malan             : eleuh-eleuh, ibu teh What happen aya naon ibu? Kok ngalamun?
11.Ibu   : ibu kesepian Malan
11. Malan             : kan ada malan, Ibu. Kumaha eta si Ibu.
12. Ibu   : iya, tapi ibu kangen Malin. Dah lama dia indak kasih kabar ke bundo.
13. Malan             : kan baru tilu tahun ibu. (Lagu Bondan : Ya Wis lah)
14. Ibu   : Malan, cobalah kau cari kabar tentang kakakmu, Malin.
15. Malan             : Ok lah kalau begitu (Warteg Boy) malan pergi dulu bu.
16. Ibu   : hati-hati malan
(malan keluar panggung diiringi ibunya. Setting berganti di sebuah dermaga. Terdengar suara debur ombak dan burung-burung camar laut. Seseorang sedang duduk mengamati kapal)
17. Malan             : Woy, Bro, gimana kabar loh?
18. Nakhoda       : alhamdulillah apik. Ono opo toh?
19. Malan             : Kamu masih ingat, 3 tahun lalu kamu mengantarkan kakakku pergi merantau?
20. Nakhoda       : hooh
21. Malan             : antarkan aku ke kota yang dulu kakakku datangi.
22. Nakhoda       : bisa diatur. Wani piro?
23. Malan             : 9.999,99 rupiah
24. Nakhkoda     : 2-3 laksamana, ayo pergi sama-sama
(mereka keluar panggung. Kemudian masuk lagi dari sisi panggung sebelahnya)
25. Nakhkoda     : ini liku rumahnya juragan si Malin kundang. Dulu dia jadi pembokat di sisni terus dipek mantu. Jadilah orang kokay kayak gini.
26. Malan             : (tok…tok…tok…) assalamu alaikum atuk!
27. Pembantu    : wa alikum salam. Mau cari siapa ea?
28. Adik Ipar        : ado apo ea Bi?
29. Pembantu    : ado tamu non.
30. Adik Ipar        : siapo ea bi?
31. Pembantu    : ndak tahu non.
32. Adik ipar        : mau cari siapa kisanak?
33. Malan             : (smash : I herth You) aaaaanu….
(tiba-tiba datang Mardiyan, pacar adik ipar malin)
34. Mardiyan      : hai beb.
35. Adik ipar        : hai say, I miss yu. Mmmmmh
36. Mardiyan      : nonton yuk!
37. Adik ipar        : nonton apo, beb?
38. Mardiyan      : biasalah, layar tancap.
39. Adik ipa          : (dengan gaya alay) layar tancap? Gila. Gak level kale….
40. Mardiyan      : hemat, beb.
41. Adik ipar        : hemat-hemat. You, you end. Tapi ok deh. Mari….
42. Malan             : (Olga: hancur-hancur hatiku)
43. Istri malin      : o,o,o, ternyata kamu memasukkan laki-laki asing dirumahku yah, sumi?
44. Pembantu    : aduh mangap eh maaf juragan. Di hanya mau tanya sesuatu.
45. Istri malin      : hai gembel, ngapain kau, kau ke sini. Ngotor-ngotrin rumahku aja! Huis…huis…pergi sana!
46. Malan             : sombong bangets seeh. Emang sipa seh loh?
47. Istri malin      : gua nyonya pemilik rumah ini, tahu!
48. Nakhkoda     : pasti kamu istri malin?
49. Istri malin      : kok tahu sih?
50. nakhkoda      : karena kau telah memilin-milin hatiku.
51. Malan             : we alah…… mbakayu, mbakayu (mendekat sok akrab)
52. Istri malan     : huis…(menyingkirkan) bapak kamu jaualan kambing ya?
53. Malan             : kok tahu?
54. Istri malan     : aromamu telah menguyel-nguyel perutku. Bau prengus tahu………………!!! Pergi sana. Go away from here righnow!
(malan dan nakhoda pergi diiringi lagu sheila on 7 : mencoba berharap)
(malin masuk ke panggung dari arah yang berbeda)
55. Malin              : salamu alaikum
56. Istri malin      : wa alaikum salam, aa bro. aduh aa, kecolongan aa. Kecolongan.
57. Malin              : kecolongan apa? Apa yang hilang?
58. Istri malin      : gak ada sih, Cuma tadi ada dua orang yang gak keren sama sekali datang ke sini. Katanya sih kerabat aa malin.
59. Malin              : gila aja gue kan sebatang kara (gaya alay)
60. Istri malin      : ngemeng-ngemeng, dulu aa berasal dari mana sih?
61. Malin              : mengapa mengungkit-ungkit masa lalu?(sambil marah-marah)
62. Istri malin      : aku kan Cuma nanya aa…
63. Malin              : diam!
64. Istri malin      : ok, lu…. Gue… end (gaya alay)
65. Malin              : kok lu gitu bangets she (gaya alay)
66. Istri malin      : gak segitunya kale.. (sambil merajuk)
67. dalang            : cut…cut… mana ekpresinya!
68. Malin              : siapa sih lu!
69. Dalang            : kenalin gue udin
70. Malin              : gue sedunia
71. Dalang/malin: (kami udin seduania (lagu)
(malin  dan istrinya keluar panggung)
72. Dalang            : akhirnya malin pun mengajak istrinya pergi melihat kampung halaman si malin. Kabar kedatangan malin sampai juga ketelinga ibu si malin. Bagaimana cerita selanjutnya. Jangan kemana-mana tetap di opera van diwung. Kok yae kurang keras? Yangf keras ya. Tetap di opera van diwung…..!
73.  Malan            : bundo, malin bundo, malin.
74. Ibu                   : ado apo dengan malin, malan?
75.  Malan            : malin sudah sukeses bindo. Dan kabarnyo malin mau pulang kampuang bundo.
76.  Ibu                  : apo pulang kampuang? Bundo harus siap-siap nih menyambut kedatangan malin.
77. Nakhoda       : (berlari-lari sampai terjatuh-jatuh) Malin datang….malin datang…
78. Ibu                   : sungguh malin anakku datang.
79. Nakhkoda     : iyes bundo, bener , suwer
(malin masuk panggung diiringi istrinya)
80. Istri malin      : desamu bagus juga aa, kayak di parandeso.
81. Malin              : hooh beb. Desa siapa dulu dong. Aa malin….
82.  Ibu                  : malin….., malin anakku.
83.  Istri malin     : aa, siapa mereka? Dasar gembel.
84. Malin              : hai gembel, go away from here you know! Alias minggat kowe dari sini! Cepetan!
85. Ibu                   : malin, ini ibumu malin?
86.  Malin dan istri : ibu……………? (saling berpandangan)
87.  Malin             : bundoku sudah tak ado. Alias matie…
88.  Ibu                  : sungguh teganya dirimu malin. Tak mau mengakui aku sebagai bundomu (lagu Roma irama: keramat) dasar kau anak durhako! Aku kutuak kao jadi batu malin (terdengar suara petir manyambar dan malin membatu dalam posisi berdiri)
89. Istri malin      : aa………………………………(menangis)
90. Keluarga malan           : ayo kita pergi!
91. Istri malin      : loh kok sepi? Pergia ah atu…t
92.  Malin             : ye……kau aku ditinggal. Ikut dong…….

Narator                : demikian tadi kisah malin kundang. Sampai jumpa dengan episode yang lain tahun depan.

4 komentar:

  1. suka, pak ^^ lucu ceritanya..
    tapi kok ujungnya gantung ya? :(

    BalasHapus
  2. Gak jelas ceritanya

    BalasHapus
  3. Gak jelas ceritanya

    BalasHapus
  4. salah itu bukan minangkabo tapi minangkabau...saya orang sumbar jadi tau,,,tolong diperbaiki

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...