Selasa, 10 Mei 2011

MENULIS BAGIAN PEMBUKA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Bagian Pembuka suatu karya tulis seperti PTK memiliki beberapa bagian.
Bagian awal Penelitian tindakan kelas pada umumnya berisi hal-hal berikiut ini:
A. Bagian Pembuka
1. Halaman Judul
2. Lembar Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Daftar Tabel (bila ada)
6. Daftar Gambar ( bila ada)
7. Daftar Lampiran
8. Abstrak (ringkasan)

HALAMAN JUDUL
Halaman judul paling tidak memuat informasi tentang judul laporan penelitian yang kita lakukan, tujuan penulisan, identitas peneliti, instansi tempat peneliti tersebut bekerja.
Cara Penulisan Halaman Judul
1. Judul Penelitian ditulis dengan huruf kapital semua
2. Halaman judul bisa ditulis dengan rata kiri atau center. Namun, bentuk center biasanya lebih sering dipakai.
3. Ukuran huruf disesuaikan dengan tata letak yang tersedia. Judul penelitian umumnya ditulis dengan lebih ditonjolkan dari yang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbesar “font size” atau dengan menebalkan huruf tersebut.
LEMBAR PENGESAHAN
Lembar ini berisi keterangan pengesahan tentang kebenaran pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan. Lembar pengesahan untuk PTK guru biasanya ditandatangani oleh kepala sekolah tenpat sekolah tersebut dilakukan yang tentunya juga tempat guru tersebut bekerja. Di samping itu, apabila laporan PTK yang dibuat akan dijadikan koleksi perpustakaan sekolah, maka tanda tangan kepala atau petugas perpustakaan juga diperlukan.
Lembar pengesahan paling tidak berisi tentang
1. Nomor surat keterangan pengesahan
2. Pembuka yang menyhatakan bahwa surat tersebut ditandatangani kepala sekolah.
3. Judul penelitian
4. Identitas peneliti
5. Tanggal pengesahan
6. Tanda tangan yang mengesahkan



KATA PENGANTAR
Kata pengantar bertujuan mengantarkan pembaca terhadap isi laporan penelitian yang sedang dibaca. Dengan kata pengantar tersebut, sebisa mungkin pembaca akan mengetahui informasi awal tentang penelitian yang telah dilakukan.
Beberapa hal yang bisa ditulis dalam bagian kata pengantar adalah
1. Ucapan syukur kepada Tuhan YME
2. Judul penelitian
3. Garis besar isi penelitian
4. Ucapan terima kasih kepada orang yang telah membantu pelaksanaan penelitian
DAFTAR ISI
Daftar isi berisi seluruh bab dan subbab yang terdapat dalam laporan penelitian kita disertai dengan nomor halaman tempat bab atau subbab tersebut berada. Beberapa hal yang berkaitan dengan penomoran halaman adalah:
1. Bagian pembuka menggunakan angka romawi kecil seperti I, iii, vii, xi
2. Bagian isi sampai lampiran menggunakan angka arab (angka yang biasa kita pakai) dari 1, 2, sampai selesai.
3. Nomor pada bagian pembuka diletakkan di bagian bawah tengah sedangkan bagian isi sampai selesai diletakkan di bagian atas kanan. Bagian isi yang terdapat judul bab, nomor halaman diletakkan di bagian bawah tengah.
Tips. Untuk mempermudah pembuatan daftar isi yang kemungkinan isinya berubah-ubah nomor halamannya, daftar isi dibuat secara otomatis. Dengan pembuatan secara otomatis, perubahan nomor halaman akan dapat diupdate dalam waktu hitungan detik. Bila Anda belum tahu pembuatan daftar isi secara otomatis, baca bagian pembuatan daftar isi di blog ini juga.

DAFTAR TABEL , DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN
Sama seperti daftar isi hanya yang ditulis adalah judul tabel, grafik, gambar , atau lampiran yang disertakan dalam laporan penelitian tersebut.

ABSTRAK
Abstrak berisi informasi laporan penelitian secara lengkap yang ditulis dangan singkat dan padat. Diawali dari judul sampai pada kesimpulan penelitian. Untuk contoh abstrak dapat Anda lihat pada posting contoh abstrak di blog ini juga.

(Farichin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar