Rabu, 28 September 2011

KATA BENDA (NOMINA) DALAM BAHASA INDONESIA

Oleh : Farichin

Kata benda atau disebut sebagai nomina dalam bahasa Indonesia terdiri dari beberapa. dari proses pembentukannya, nomina terdiri dari dua yaitu nomina dasar dan nomina turunan. lalu apakah yang dimaksud dengan nomina dasar dan nomina turunan tersebut?

sebelum kita memasuki jenis nomina, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu nomina. Nomina atau kata benda adalah kata-kata yang merujuk pada bentuk benda. Rujukan benda tersebut dapat bersifat abstrak atu konkret. secara gampang, apabila kita menyebutkan sebuah kata kemudian kitamengetahui makna kata tersebut sebagi sebuah bentuk benda, maka kata tersebut kita kategorikan sebagai kata benda. (maaf paling tidak itu menurut saya)

nomina dilihat dari proses pembentukan katanya terdiri dari nomina dasar dan nomina turunan. Nomina dasar adalah kata-kata yang dasar katanya sudah menunjkkan pada sebuah benda. kata jenis ini tidak dapat diuraikan lagi menjadi bagian pembentuknya. sebagai contoh, kata-kata berikut merupakan nomina dasar:
[rumah], [sawah], [langit], [buku], [kitab], [angin], [gunung], [sekolah], [rambut], [surga]

nomina turunan adalah nomina yang terbentuk dari proses afiksasi sebuah kata dengan kata atau afiks. proses pembentukannya dapat terdiri dari beberapa bentuk. bentuk-bentuk tersebut di antaranya adalah
1. verba + -an seperti [makanan], [minuman], [tahanan]
2. Pe- + verba seperti [pemukul], [penjahit], [pencemburu]
3. Pe- + adjektif seperti [pemerah], [pemarah], [pencemburu]
4. per- +nomina+ -an seperti [perbudakan], persengketaan], [pertempuran]
bentuk afik yang lain yang juga dapat membentuk nomina adalah
-or seperti  pada kata [motivator], [regulator], [promotor]
-wan/-wati seperti pada kata [budayawan], [relawan], [wartawati]

itu dulu yah, barangkali benar dapat dimanfaatkan. kalau salah mohon dikoreksi.

6 komentar: