Senin, 24 Oktober 2011

PARAGRAF DALAM BAHASA INDONESIA

Paragraf merupakan kumpulan beberapa kalimat yang disatukan dengan satu pikiran atau ide pokok dengan diikuti beberapa ide-ide penjelas. Paragraf yang sempurna, paling tidak berisi satu ide pokok dan satu ide penjelas. Ide pokok bisa diletakkan di awal paragraf, di tengah, atau di akhir paragraf.

Paragraf yang ide pokoknya diletakkan di awal disebut dengan paragraf deduktif. perhatikan contoh berikut:
Berbeda dengan manusia yang cenderung memilih, alam tidak memiliki keserakahan. Pohon sebagai contoh, ia tidak hanya menaungi para kiai, pastor, dan pendeta. Penjahat yang paling jahat pun akan dinaungi pohon. Demikian juga dengan laut. Setiap barang dan air yang datang hanya diterima dan diterima. Tidak peduli, apakah ia bersih atau kotor, ia berbau harum atau berbau busuk. Semuanya diterima tanpa kemewahan dan keserakahan memilih sebagaimana manusia. Matahari apalagi. Dari tahi kambing sampai wanita cantik pun disinarinya dengan kadar yang sama.

paragraf di atas mengandung ide pokok alam tidak memiliki keserakahan berbeda dengan manusia. Dalam paragraf, ide pokok tersebut terletak di awal paragraf.

paragraf yang ide pokok paragrafnya diletakkan di akhir disebut paragraf induktif. perhatikan contoh berikut:
Di sejumlah daerah, menurut Sukarman dari Devisi Lingkungan Hidup Semarang, kasus sengketa sumber air antara warga dan perusahaan marak terjadi. Sementara itu, kesulitan air bersih melanda penduduk yang bermukim di perkampungan nelayan di pesisir utara dan selatan. Belum lagi musim panas yang telah terjadi semakin memperparah kondisi keberadaan air. semakin hari tampak potensi air bersih Jawa Tengah makin memprihatinkan.

selain bentuk deduktif dan induktif seperti contoh di atas, ada juga bentuk pengembangan paragraf dengan model perpaduan. Model perpaduan memungkinkan letak ide pokok atau gagasan utamanya berada di tengan atau di awal dan akhir secara bersamaan. Yang perlu diingat, meskipun ide pokok tersebut tampak berada di awal dan akhir secara bersamaan, pada hakikatnya ide pokok tersebut adalah satu. ide pokok yang diletakkan di bagian akhir pada hakikatnya hanya pengulangan yang berada di awal.

TIPs
Dalam bahasa Indonesia, paragraf pada umumnya dikembangkan dengan model Deduktif atau induktif. Oleh karena itu, untuk menentukan ide pokok sebuah paragraf, analisislah pada bagian awal dan akhir paragraf.Bagian yang sifatnya penjelas berarti ide penjelas. Setelah ide penjelas kita temukan, secara otomatis kita akan menemukan ide pokoknya.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar