Rabu, 23 November 2011

TIP DAN TRIK SOAL UN: LAPORAN

ssalamu 'alaikum wr.wb.

jumpa lagi dengan kami. Saat ini kita akan membahas tentang Tip dan Trik UN untuk SKL laporan. Kemungkinan besar, SKL Laporan ini akan muncul di UN tahun 2012. Untuk materi laporan, salah satu alternatif bentuk soal adalah menurutkan kalimat-kalimat lapoiran yang acak sehingga tersusun lebih sistematis. dalam menghadapi model soal ini, kita bisa menggunakan pedoman sederhana sebagai berikut.
1. kalimat yang diawali dengan kata hubung atau konjungsi, tidak mungkin berada di awal kalimat.
2. melihat kohesi antarkalimat yang ada pada setiap kalimat.

cara praktis yang lain adalah dengan sistem eliminasi pilihan jawaban. Sistem ini akan membuang satu demi satu pilihan yang tidak sesuai. Perhatikan contoh berikut ini

(1) Setiap hari pengunjung perpustakaanku rata-rata 50 orang.
(2) Di dalamnya terdapat beberapa kelompok buku.
(3) Kelompok buku tersebut adalah fiksi, nonfiksi, pengetahuan umum, dan referensi.
(4) Jumlah pengunjung yang begitu banyak bisa dilayani oleh satu orang pustakawan.
(5) Perpustakaanku berukuran 30mmeter persegi.

urutan laporan yang paling sistematis adalah...
a. (1), (4), (2), (3), (5)
b. (1), (4), (3), (2), (5)
c. (5), (2), (3), (1), (4)
d. (5), (2), (4), (3), (1)

soal di atas pada hakikatnya memiliki dua jenis pilihan jawaban yaitu pilihan jawaban yang diawali dengan kalimat (1) dan (5). pada pilihan kalimat (1), fokus pada pengunjung perpustakaan. Namun ternyata pada urutan kalimat ketiga ada kerancuan karena tiba-tiba bercerita tentang isi perpustakaan. Jadi pilihan dengan awal kalimat (1) tidak benar. Selanjutnya tinggal dipilih antara urutan (2) dan (3) atau (2) dan (4). Pada pilihan jawaban, kalimat (2) lebih tepat diurutkan dengan (3) karena pada urutan (4) tidak terdapat kohesi yang berfungsi sebagai penghubung. Di samping itu kalimat (2) bercerita tentang buku sementara kaliamt (4) bercerita tentang pengunjung, sehingga tidak nyambung.

Ok. mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar