Senin, 28 November 2011

PROPOSAL KEGIATAN SARDIK 2011

PROPOSAL
RENCANA ANGGARAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 BOJONG KABUPATEN TEGAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A. Rasional
Kemajuan sekolah merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah, warga sekolah, komite sekolah, dan juga orang tua murid. Adanya kesinergian antarunsur-unsur tersebut, akan dapat menciptakan suasana sekolah yang kondusif.suasana kondusif terbentuk dari adanya kesamaan visi dan dukungan antarunsur tersebut. Dengan situasi yang kondisif tersebut, akan mampu mengantarkan siswanya menuju prestasi yang diharapkan oleh semua pihak.
Kekurangan yang terjadi di suatu sekolah akan menjadi tanggung jawab seluruh warga sekolah dan juga pemerintah. Keasadaran untuk bersama-sama menciptalkan suasana pembelajaran yang nyaman, lengkap, dan aman, dan membanggakan baik dalam pelaksanaan kegiatan intrakurikuler ataupun ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler yang mampu meningkatkan prestasi akademik dan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat siswa sehingga menjadi kebanggaan dan Dambaan seluruh warga sekolah.
Namun, kondisi SMP Negeri 2 Bojong untuk saat ini masih memiliki kekurangan. Beberapa bagian masih terjadi kekurangan yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap suasana pembelajaran yang kondusif. Dari segi sarana pembelajaran, masih terdapat kekurangan alat pembelajaran yang secara langsung berpengaruh terhadap suasana pembelajaran. Saran belajar yang kurang tersebut antara lain kurangnya computer untuk belajar siswa, buku paket dan referensi pelajaran. Dari segi keamanan, SMP Negeri 2 Bojong belum memiliki pagar keliling. Kekurangan pagara keliling tersebut tentunya akan mempersulit pemantauan guru terhadap mobilitas siswa sebelum, selama, dan sesudah terjadi proses pembelajaran. Dari segi kenyamanan, adanya satu ruang yang kondisinya mengakibatkan tidak nyaman. Ruang tersebut adalah ruang guru yang sudah tidak dapat menampung keseluruhan guru sehingga ada beberapa orang guru yang terpaksa dipisahkan tempat duduknya. Hal ini tentunya akan mengganggu hubungan antarpersonil guru. Dari segi pelaksanaan kegiatan ekstrkurikuler yang sesuai dengan minat siswa, SMP Negeri 2 Bojong belum sepenuhnya dapat memenuhi keseluruhan minat siswa.
Melihat pada latar belakang di atas, SMP Negeri 2 Bojong berencana memenuhi kebutuhan agar kekurangan tersebut dapat dikurangi tahap demi tahap. Telah kita ketahui bersama, tanggung jawab atas kemajuan sekolah bukan hanya di pundak pemerintah. Akan tetapi juga merupakan tanggung jawab komite sekolah dan orang tua murid. Oleh karena itu, dalam program yang akan diajukan ini, mengkhususkan program-program yang pendanaannya dari iuran komite atau orang tua murid. Kami berharap proposal ini akan dapat sambutan yang positif demi terciptanya kegiatan yang nyaman, lengkap, aman, dan sesuai minat siswa SMP Negeri 2 Bojong.

B. Sasaran Program
1. Pengadaan Sarana Komputer untuk siswa.
2. Pengadaan 1 unit peralatan Marching Band.
3. Penyelesaian pagar keliling sebelah utara.
C. Deskripsi Program
1. Pengadaan Sarana Komputer untuk siswa

Tujuan Program
a. Memfasilitasi siswa untuk belajar computer dengan baik sehingga kompetensi yang diharapkan dapat terwujud.
b. Memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi siswa untuk praktik computer
Sasaran Pemanfaatan Program
a. Sarana pembelajaran Mapel Teknologi Informasi dan Komputer.
b. Sarana pembelajaran ekstrakurikuler computer di luar pembelajaran wajib

2. Pengadaan 1 unit peralatan Marching Band
Tujuan Program
a. Memfasilitasi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrkurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat.
b. Menciptakan sebuah kegiatan yang mampu menjadikan kebanggan untuk sekolah dan masyarakat serta dapat dimanfaatkan oleh sekolah dan masyarakat.
Sasaran Pemanfaatan Program
a. Ekstrakurikuler Marching Band bagi kelas VII, VIII, Dan IX
b. Masyarakat yang memerlukan penampilan dari korps marching band

3. Penyelesaian pagar keliling sebelah utara
Tujuan Program
a. Meningkatkan dan membantu mengamankan sekolah
b. Mengeliminir siswa yang melakukan tindakan indispliner dalam hal ketidakhadiran.
Sasaran Pemanfaatan Program
a. Keamanan sekolah
b. Kediplinan siswa
D. Rencana Anggaran
NO PROGRAM VOL VOL HARGA SATUAN JUMLAH TOTAL
1 Pengadaan Sarana Komputer untuk siswa Unit 2 Rp4.000.000 Rp8.000.000
2 Pengadaan 1 unit peralatan Marching Band Unit 1 Rp27.000.000 Rp27.000.000
3 Penyelesaian pondasi pagar sebelah timur Meter 50 Rp160.000 Rp8.000.000
JUMLAH Rp43.000.000

E. Sumber Dana
Iurang orang tua murid kelas VII dengan rincian:
a. Jumlah Total siswa kelas VII : 121 siswa
b. Sistem pelaksanaan
- 100% : 97 anak @Rp405.000
- 75% : 6 anak @Rp305.000
- 50% : 6 anak @Rp205.000
- 0% : 6 anak @Rp0
F. Rencana Pemasukan dan penggunaan Dana
No TAHAP BULAN PERKIRAAN % PEMASUKAN PEMANFAATAN
1 I September 2011 25% Pengadaan 2 unit computer
2 II Oktober 2011 25% Pengadaan alat marching band tahap I
3 III November 2011 25% Pengadaan alat marching band tahap II
4 IV Desember 2011 25% Penyelesaian pagar keliling sebelah utara
READ MORE - PROPOSAL KEGIATAN SARDIK 2011

Rabu, 23 November 2011

TIP DAN TRIK SOAL UN: LAPORAN

ssalamu 'alaikum wr.wb.

jumpa lagi dengan kami. Saat ini kita akan membahas tentang Tip dan Trik UN untuk SKL laporan. Kemungkinan besar, SKL Laporan ini akan muncul di UN tahun 2012. Untuk materi laporan, salah satu alternatif bentuk soal adalah menurutkan kalimat-kalimat lapoiran yang acak sehingga tersusun lebih sistematis. dalam menghadapi model soal ini, kita bisa menggunakan pedoman sederhana sebagai berikut.
1. kalimat yang diawali dengan kata hubung atau konjungsi, tidak mungkin berada di awal kalimat.
2. melihat kohesi antarkalimat yang ada pada setiap kalimat.

cara praktis yang lain adalah dengan sistem eliminasi pilihan jawaban. Sistem ini akan membuang satu demi satu pilihan yang tidak sesuai. Perhatikan contoh berikut ini

(1) Setiap hari pengunjung perpustakaanku rata-rata 50 orang.
(2) Di dalamnya terdapat beberapa kelompok buku.
(3) Kelompok buku tersebut adalah fiksi, nonfiksi, pengetahuan umum, dan referensi.
(4) Jumlah pengunjung yang begitu banyak bisa dilayani oleh satu orang pustakawan.
(5) Perpustakaanku berukuran 30mmeter persegi.

urutan laporan yang paling sistematis adalah...
a. (1), (4), (2), (3), (5)
b. (1), (4), (3), (2), (5)
c. (5), (2), (3), (1), (4)
d. (5), (2), (4), (3), (1)

soal di atas pada hakikatnya memiliki dua jenis pilihan jawaban yaitu pilihan jawaban yang diawali dengan kalimat (1) dan (5). pada pilihan kalimat (1), fokus pada pengunjung perpustakaan. Namun ternyata pada urutan kalimat ketiga ada kerancuan karena tiba-tiba bercerita tentang isi perpustakaan. Jadi pilihan dengan awal kalimat (1) tidak benar. Selanjutnya tinggal dipilih antara urutan (2) dan (3) atau (2) dan (4). Pada pilihan jawaban, kalimat (2) lebih tepat diurutkan dengan (3) karena pada urutan (4) tidak terdapat kohesi yang berfungsi sebagai penghubung. Di samping itu kalimat (2) bercerita tentang buku sementara kaliamt (4) bercerita tentang pengunjung, sehingga tidak nyambung.

Ok. mudah-mudahan bisa bermanfaat.
READ MORE - TIP DAN TRIK SOAL UN: LAPORAN

Sabtu, 19 November 2011

TIP DAN TRIK SOAL UN: PANTUN

Jumpa lagi dalam Trik dan Tip UN 2012.Pada kesempatan ini, kita akan membahas trik dan tip kalau kita membahas kompetensi menulis pantun. Pembahasan tentang menulis pantun merupakan soal yang tergolong kategori mudah. Namun, semudah apapun pantun, kalau kita tidak mau sedikit memahaminya, tentu akan bisa menjadikan kita salah memilih jawaban dalam UN. Tentunya kondisi seperti itu jangan pernah terjadi dalam UN. Nah dalam trik dan tips ini, kita akan sedikit mengulasnya.

yang menjadi kunci dalam mengerjakan soal menulis pantun dalam UN 2012 nanti adalah mengetahui ciri-ciri pantun. berikut ini ciri pantun yang perlu dipahamai yaitu:
1. tiap bait terdiri dari empat baris
2. Rima silang (abab)
3. baris 1 dan 2 merupakan sampiran dan baris 3 dan 4 isinya.
untuk menentukan rima, lihatlah bagian akhir setiap baris. Setiap awal baris selalu berkode rima (a) berikutnya apabila bunyinya sama maka tetap berkode yang sama (A) tetapi kalu berbeda menjadi kode (b). Demikian seterusnya.

untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini
bermain ke pinggir hutan
mencari buah dan kayu bakar
dikira gadis pujaan
tak tahunya si pria kekar

baris pertama berakhir dengan bunyi [an] dan kita beri kode rima (a). Untuk itu, di akhir baris ketiga harus memilih kata yang berakhir bunyi [an] lagi. baris kedua berakhir dengan bunyi [ar] dan kita beri kode (b) karena berbeda dengan baris pertama. Demikian pula di baris keempat harus kita cari kata yang berakhir dengan bunyi [ar] agar kode rimanya sama dengan beris kedua.



. (1)Buah delima ditanam kakak
(2)....
(3)Kalau kamu pandai menebak
(4)....

Larik-larik yang tepat untuk melengkapi larik (2) dan (4) pantun tersebut adalah....
a. (2) Aku tunggu bersama kakak
(4) Di dekat bus dekat Rawa Badak
b. (2) Tumbuh rindang di depan rumah
(4) Tanaman apa buah di dalam tanah
c. (2) Aku senang kakak yang ramah
(4) belum disapa tetawa ngakak
d. (2) Aku senang bersama kakak
(4) Tentu kamu tidak ditolak

(1) Bunga melati tumbuh di ladang
(2) ....
(3) Wahai siapa yang datang
(4) ....

Larik-larik yang tepat untuk melengkapi larik (2) dan (4) pantun tersebut adalah...
a. (2) Tampak putih indah berseri
(4) Ternyata si putri jauhari
b. (2) Mekar satu berwarna putih
(4) Hilangkan rasa tak karuan
c. (2) Banyak kumbang datang ke situ
(4) Wahai kumbang pengisap madu
d. (2) Harum semerbak wangi menggoda
(4) Menggoda semua orang yang lalu


Kalau Anda ingin cerdas
2. Pergi ke pasar beli talas
3. Sebelum makan rebus dulu
4. Siang malam baca buku


Larik-larik kalimat acak tersebut akan menjadi pantun bila disusun dengan urutan ….
a. 1 – 4 – 3 – 2
b. 2 – 3 – 1 – 4
c. 3 – 2 – 1 – 4
d. 4 – 2 – 1 – 3
READ MORE - TIP DAN TRIK SOAL UN: PANTUN

Rabu, 02 November 2011

PERSIAPAN UN 2012 : TRIK DAN TIP SOAL BUKU HARIAN

UN 2012 masih beberapa bulan lagi. Tapi, waktu jangan dibiarkan berlalu dengan percuma. salah-salah UN sudah terlalu dekat sehingga lupa menyiapkannya. Nah, dalam UN 2012, diperkirakan kompetensi menulis buku harian akan muncul. pada UN-UN sebelumnya, kompetensi ini tidak muncul. lalu bagaimana menyiasatinya?

Kompetensi menulis buku harian dalam UN 2012 ini dapat kita sikapi dengan banyak latihan. Namun, sering kita melihat soal prediksi UN atau soal UN yang telah lalu kompetensi menulis buku harian ada lebih dari satu jawaban benar. Padahal, tidak mungkin sebuah soal sekaliber soal UN memiliki jawaban dobel. Untuk itu, berikut yang harus dilakukan dalam menghadapi soal UN sejenis itu untuk kompetensi menulis buku harian.
1. buku harian menggunakan sudat pandang orang pertama. Jadi, pilihlah yang menggunakan kata "Aku" atau kata lain yang menunjukkan sudut pandang orang pertama;
2. apabila semua pilihan jawaban menggunakan sudut pandang orang pertama, pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan ilustrasi. Prediksi soal UN 2012 untuk menulis buku harian semuanya menggunakan ilustrasi;
3. apabila masih ada beberapa jawaban, pilihlah yang menggunakan kata-kata ekspresif. Kata-kata ekspresif yaitu kata yang mencerminkan ekspresi tokoh. Contoh dari kata-kata ekspresif adalah sungguh senang hatiku, sedih, kesal, malu, kesal.

Berikut contoh soal prediksi UN 2012

Saat upacara hari Senin, 23 November 2011 Anto dipanggil Pembina OSIS untuk keluar dari barisan dan menempatkan diri di depan barisan bapak dan ibu guru. Sabtu kemarin, Anto membolos karena ingin memancing. Anto merasa malu ditonton oleh semua siswa. Ia menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan membolos saat jam pelajaran.

Kalimat yang tepat ditulis Anto dalam buku harian berdasarkan ilustrasi di atas adalah....
a. Senin, 23 November 2011, saya merasa marah kepada Pembina OSIS yang telah menghukum saya.

b. Senin, 23 November 2011, aku sangat malu pada Pembina OSIS karena membolos saat jam pelajaran.
c. Senin, 23 November 2011, aku sangat menyesal karena dihukum Pembina OSIS untuk berdiri di depan peserta upacara.
d. Senin, 23 November 2011, Aku sangat malu dan menyesal. Aku dihukum Pembina OSIS berdiri di barisan paling depan saat uapacara karena membolos saat jam pelajaran Sabtu kemarin.

Soal di atas ternyata sudah menggunakan sudut pandang orang pertama semua dan menggunakan kata-kata yang ekpresif. Namun, dari empat pilihan di atas yang paling sesuai dengan ilustrasi adalah pilihan D. Pilihan C kurang tepat karena tidak dijelaskan alasan pemberian hukuman.

yuk, latihan lagi.
Rabu, 31 November 2011 di alun-alun kota Tegal, pukul 22.00 bersama ayah, ibu, dan adikku menyaksikan anak-anak seusiaku berboncengan sepeda motor berkeliling kota merayakan kegembiraan di tahun baru. Aku sedikitpun tidak tertarik dengan hal-hal seperti itu. Bagiku kegiatan seperti itu sangat berbahaya.
Kalimat yang tepat ditulis dalam buku harian adalah ...
a. Rabu pukul 22.00 aku, ayah, ibu, dan adikku di alun-alun menyaksikan anak-anak berboncengan sepeda motor. Biarlah bersenang-senang mereka.
b. Rabu, 31 November 2011 di alun-alun kota Tegal, pukul 22.00 bersama ayah, ibu, dan adik-adikku, aku menyaksikan anak-anak seusiaku berboncengan sepeda motor berkeling kota. Ah, aku tak tertarik.
c. Rabu, 31 November 2011 di alun-alun kota Tegal aku berkeling naik sepeda motor bersama teman-teman seusiaku. Alangkah senangnya hatiku dapat merayakan pergantian malam tahun baru.
d. Pada hari Rabu, 31 November 2011, tepatnya pada malam pergantian tahun baru aku dan keluragaku melihat anak-anak sebayaku berboncengan sepeda motor mengelilingi alun-alun kota Tegal. Ah, sedikitpun aku tidak tertarik acara itu.

Setelah melihat hasil ulangan harian yang ketiga, Afrizal merasa sedih. Betapa tidak, ia yakin bahwa saat ulangan ia dapat mengerjakan semua soal yang diberikan gurunya. Nilai 8 minimal diperolehnya. Akan tetapi, begitu hasil ulangan diberikan angka 6 yang tertulis dalam lembar ulanganya.
Kalimat yang tepat ditulis dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut adalah ….
a. Meskipun nilai ulanganku 6 aku tetap gembira.
b. Angka enam dalam hasil ulanganku sungguh mengejutkan.
c. Aku sangat sedih nilai ulanganku tidak seperti yang kuharapkan.
d. Nilai ulangan bukan satu-satunya keberhasilan hidupku.

Hari ini Dewi menerima SMS dari Deni, kembarannya yang bersekolah di luar kota. Dewi merasa senang sekali, hari Minggu besok Deni akan pulang karena sekolahnya libur selama tiga hari.

Kalimat yang tepat ditulis dalam buku harian sesuai ilustrasi di atas adalah....
a. Bahagianya hatiku, Minggu besok Deni akan berlibur di rumah selama tiga hari
b. Senang sekali bisa menghabiskan waktu bersama Deni
c. Deni, ayah dan ibu sangat mengharapkan kedatanganmu
d. Sebenarnya aku berharap bisa berlibur lebih dari tiga hari

Deni pulang dari rumah Dina dan berjalan sendiri melewati jembatan. Terlihat banyak anak laki-laki yang sedang duduk. Deni ragu-ragu mau melangkah, dia mencoba memberanikan diri untuk berjalan lebih cepat. Tapi ia terpeleset kulit pisang.

Tulisan di buku harian yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah...
a. Sebuah pengalaman yang tak bisa dilupakan. Waktu itu temanku bercerita bahwa ia sangat malu katika pulanga dari rumah temannya melewati jembatan. Dia tiba-tiba terpeleset kulit pisang karena akan lari, takut dengan anak-anak yang ada di situ. Dia sangat malu karena ditertawakan oleh anak-anak yang ada di jembatan.
b. Pengalaman memang bermacam-macam, ada yang menyenangkan, ada yang menyedihkan, dan ada yang memalukan. Yang kutulis ini adalah salah satu pengalamanku yang sangat memalukan. Sampai sekarang aku sangat malu jika melihat anak-anak yang mengetahui aku jatuh saat melewati jembatan. Mereka juga senyum-senyum padaku.
c. Saat pulang dari rumah Dina, Deni berjalan sendiri melewati jembatan. Di sana terlihat banyak anak laki-laki. Ia mempercepat langkah. Tapi, celaka dia terpeleset kulit pisang dan uang logamnya berhamburan. Saat itu dia sangat malu dengan peristiwa itu.
d. Saat aku berjalan sendiri melewati jembatan, aku takut karena di sana banyak anak laki-laki. Aku mempercepat langkah. Tapi, celaka aku terpeleset kulit pisang dan aduh...uang logamku berhamburan. Aku betul-betul malu dan kesal.
READ MORE - PERSIAPAN UN 2012 : TRIK DAN TIP SOAL BUKU HARIAN