Minggu, 15 April 2012

MENYIKAPI UJIAN NASIONAL YANG "JUJUR"

Ujian Nasional tahun 2012 akan dimulai besok tanggal 16 April 2012 untuk tingkat SMA/SMK/MA kemudian akan dilanjutkan lagi pada tanggal 23 April Ujian Nasional untuk tingkat SMP/MTs. Pemerintah melalui kementerian pendidikan nasional mengembar-gemborkan agar pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2012 dilaksanakan secara "JUJUR". Di beberapa iklan di media elektronik iklan itu terus ditayangkan seolah-olah pemerintah benar-benar ingin menciptakan suasana "JUJUR" dalam ujian Nasional tahun ini.

Tapi..... ada sedikit keprihatinan di sela-sela harapan menciptakan ujian nasional yang "JUJUR" tersebut. sebenarnya, pemerintah sudah tahu bahwa ujian nasional tahun-tahun kemarin masih banyak dicurangi oleh sebagian sekolah yang tidak bertanggung jawab. Biaya milyaran rupiah akhirnya jadi sia-sia karena yang diharapkan pemerintah potret kualitas pendidikan yang ada tetapi yang diperoleh adalah potret semu.

dari mana pemerintah tahu kecurangan tersebut? Orang BODOH juga pasti tahu bahwa soal Ujian Nasional itu sudah melalui tahap validasi tes. Soal yang valid itu TIDAK MUNGKIN dijawab oleh seluruh siswa dalam satu sekolah dengan jawaban yang sama. Itu baru satu soal. Lah, kalau 35 s.d. 45 soal dijawab oleh seluruh siswa dalam satu sekolah dengan jawaban yang sama? itu pasti sekolah main-main. Lalu darimana mereka tahu. Ah, INDONESIA kita ini kan masih banyak yang tega menjual "rahasia negara" demi menambah pundi-pundi rekeningnya. Alih-alih membantu siswa katanya.

Yah, tinggal kita tunggu tahun ini. Apakah pemerintah mau dan berani bertindak "TEGAS" atau masih sama dengan kemarin, "KEMAYU DAN GAK MAU TAHU"

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...