Kamis, 04 Oktober 2012

KARYA TULIS ILMIAH

oleh : Farichin

Karya tulis Ilmiah merupakan suatu tulisan berupa hasil penelitian lapangan yang dilakukan dengan melalui pengamatan, pemecahan masalah. (Atikah DKK, hlm.171) pendapat Atikah ini menekankan bahwa karya tulis ilmiah ini merupakan bentuk laporan penelitian. Senada dentikah, Nana Sudjana mengatakan bahwa karya ilmiah adalah karangan atau tulisan yang dibuat dengan dasar suatu pengetahuan, sikap, dan cara berpikir ilmiah (Nana Sudjana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, 2009, hlm.4) dari pendapat ini diketahui suatu karya tertulis dikategorikan karya ilmiah apabila mengacu pada aturan dan pola pikir ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Lain lagi dengan Asep Yuda yang mengatakan bahwa karya tulis ilmiah merupakan suatu karangan yang didasarkan pada kajian ilmiah sebagai hasil dari penelitian lapangan, percobaan laboratorium, ataupun hasil penelaahan suatu buku atau pustaka. (Asep Yuda, hlm.132) Pendapat Asep Yuda ini lebih menekankan pada proses berpikir ilmiahnya suatu tulisan disebut sebagai karya tulis ilmiah ataupun bukan. Lebih lanjut Asep Yuda mengatakan bahwa sebuah karya tulis ilmiah harus didasarkan pada fakta atau data yang disajikan secara objektif dengan bahasa yang lugas dan jelas. (Asep Yuda, hlm.132)

 Pendapat di atas dipertegas oleh Sarwiji Swandi yang mengatakan bahwa karya tulis ilmiah adalah suatu tulisan hasil berpikir ilmiah yang dilakukan dengan langkah-langkah tertentu dalam bentuk makalah, artikel, laporan penelitian,buku, modul, buku pelajaran,. (Sarwiji, hlm.203) Pendapat Sarwiji ini lebih luas dengan memasukkan buku, artikel, modul, dan buku pelajaran sebagai bagian dari karya tulis ilmiah. Intinya suatu karya tulis dikategorikan karya tulis ilmiah atau bukan didasarkan pada proses berpikir ilmiahnya.

Dalam pembagian tentang kaya ilmiah, Nana Sudjana mengatakan bahwa yang termasuk bagian karya ilmiah adalah makalah ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi. (Nana Sudjana, 2009, hlm.5) Pendapat ini lebih berorientasi pada bidang akademik yang terkait dengan tugas kemahasiswaan.

 Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa karya tulis ilmiah adalah suatu karangan yang didasarkan pada proses berpikir ilmiah dengqan mengikuti pola penulisan yang sistematis. Yang termasuk dalam karya tulis ilmiah adalah laporan penlitian, makalah, laporan hasil pengamatan.

Lalu bagaimana dengan sistematika penilisan suatu karya tulis ilmiah? Secara singkat, Asep Yuda, menjelaskan bahwa secara garis besar sistematika karya tulis tersusun atas pendahuluan, permasalahan, pembahasan, penutup yang terdiri dari simpulan dan saran, serta daftar pustaka yang berisi informasi sumber bacaan. (Asep Yuda hlm. 133) Lebih lanjut, Sarwiji mengatakan bahwa sistematika karya tulis ilmiah didasarkan pada urutan (1)Pendahuluan berisi latar belakang, tujuan penulisan, pembatasan masalah, dan perumusan masalah.(2) Isi, pada bagian isi dikupas secara rinci pokok permasalahan yang telah dirumuskan pada bagian pendahuluan. (3) Penutup, biasanya berisi simpulan dan saran. (Sarwiji. Hlm.204) Pendapat Sarwiji ini sejalan dengan pendapat Atikah yang memerinci sistematika karya tulis ilmiah dengan tiga bagian yaitu (1)Pendahuluan, yang terdiri dari bagian latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, dan sistematika penulisan; (2). Isi yang memuat segala penjelasan mengenai tiap segi secara rinci; dan (3). Penutup terdiri dari simpulan dan saran. (Atikah DKK,.hlm.172)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar