Kamis, 14 Juni 2012

EDUTAINMEN DALAM PEMBELAJARAN

Edutainment berasal dari kata Education atau edukasi yang berarti pendidikan dan entertainment yang berarti hiburan. Kedua kata tersebut kemudian digabung menjadi edutainment yang artinya kurang lebih suatu pola dalam proses pembelajaran yang dikemas dengan cara menghibur. Atau dengan kata lain edutainment adalah  pembelajaran yang mengadirkan gaya hiburan.

Dalam A European Informational website dikatakan bahwa
Edutainment is a form of entertainment designed to educate as well as to amuse. Edutainment typically seeks to instruct or socialize its audience by embedding lessons in some familiar form of entertainment: television programs, computer and video games, films, music, websites, multimedia software, etc.(Randy White,2003, http://www.edutainment.eu/#Edutainment_in_film_television_programming)
Dalam terjemahan bebasnya kurang lebih dikatakan bahwa edutainmen adalah sebuah format dari entertainment atau hiburan yang dirancang untuk mendidik sekaligus menghibur. Ciri khas dari edutainmen mencoba untuk membangun atau mengenalkan kepada peserta didik dengan menanamkan (melekatkan) pelajaran di dalam format hiburan yang telah dikenal seperti program televisi, komputer dan videogame, film, musik, website pada internet, perangkat multimedia, dan lainnya.

Dari informasi di atas menunjukkan pada kita pemanfaatan media hiburan yang telah dikenal siswa berpotensi menciptakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini sejalan dengan penelitian dari Wolfgang Heiden yang mengatakan “people memorize facts and ideas better when they are emotionally involved” Orang mengingat fakta dan ide lebih baik ketika mereka terlibat secara emosional. Dalam hasil penelitiannya, Wolfgang menyimpulkan bahwa “All participants expressed their preference in terms of motivation for this edutainment approach to academic learning compared to traditional lecture-and-practice courses” (Heiden, Wolfgang, A European Informational Website.Download tanggal 23 Agustus 2010.http://www2.inf.fh-brs.de/~wheide2m/publ/ShkodraICT07/acadeduShkodra07.pdf )
pendapat ini menginformasikan pada kita bahwa dengan pemanfaatan edutainmen siswa lebih tertarik dan termotivasi daripada penggunaan cara yang tradisional atau praktik.

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa edutainmen adalah pemanfaatan entertainmen dalam dunia pendidikan untuk menciptakan suatu suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Berkaitan dengan itu media yang berorientasi edutainmen adalah sarana pembelajaran yang diciptakan dengan pemanfaatan entertaimen untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Lalu bagimanakah kita menghadirkan suatu format edutainmen dalam pembelajaran di kelas? apakah kita harus menciptakan suatu bentuk entertainmen yang memiliki nilai pendidikan untuk merealisasikan hal tersebut? barangkali sangat bagus kalau kita sanggup menciptakan entertainmen khusus tersebut. Namun, tentunya itu akan jadi "Hampir Mustakhil" dilakukan oleh banyak guru dengan kemampuan teknologi yang hanya sekadar cukup.

untuk itu, hal yang bisa kita lakukan untuk menghadirkan suasana edutainmen dalam pembelajaran di kelas adalah dengan memanfaatkan entertainmen yang telah dibuat oleh stasiun radio atau televisi yang ada. Tentunya, guru tidak akan memberikan entertainmen tersebut mentah-mentah kepada anak didik. Tugas guru saat itu adalah memilih entertainmen yang sesuai dengan kompetensi dasar (KD) yang akan diajarkan di kelas saat itu.

banyak KD pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang bisa kita padupadankan dengan memanfaatkan acara di televisi maupun radio. Sebagai contoh, untuk KD mengkritik karya yang ada pada kelas IX, kita bisa hadirkan penggalan sinetron-sinetron yang kita anggap kurang bermutu baik dari segi cerita, akting tokoh, kelogisan cerita maupun gambarnya. KD yang berhubungan dengan berita, kita bisa manfaatkan berita yang ada di televisi baik berita yang sifatnya bergosip maupun berita yang lebih serius. KD tentang dialog interaktif, dapat dihadirkan cuplikan dialog interaktif yang ada dalam acara tertentu. Pendek kata, acara yang ada di televisi ataupun radio dapat kita manfaatkan untuk pembelajaran di dalam kelas.

Pertanyaan inti adalah, bagimana kita mendapatkan entertainmen tersebut? Zaman sudah modern. kita bisa merekam langsung acara tersebut. Kalau tidak bisa buka saja internet lalu browsing di Youtube pasti banyak deh. Jangan gunakan Youtube hanya untuk melihat yang tidak-tidak saja. Ambil manfaat dari fasilitas yang ada. Ingat kata pepatah "Orang bijak adalah orang yang mampu mengambil hikmah dari sesuatu yang dianggap buruk
READ MORE - EDUTAINMEN DALAM PEMBELAJARAN

Kamis, 07 Juni 2012

INSOMNIA ATAU SUSAH TIDUR, BAGAIMANA MENGATASINYA?

Tahukan apa itu insomnia atau susah tidur? Yap, betul. Insomnia dikenal juga dengan susah tidur adalah kondisi seseorang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari meskipun sudah diupayakan untuk memejamkan mata atau mengendurkan pikiran. Penyebab umum dari insomnia adalah terlewatinya fase tidur yang dibutuhkan oleh otak dan tubuh. Karena fase tidur sudah terlewati tanpa adanya kegiatan tidur yang seharusnya dilakukan, otak membentuk satu sinyal yang menginformasikan bahwa fase tidur sudah lewat. Sebagai pembanding, kalau kita lapar kemudian kita tidak segera makan, umumnya rasa lapar itu akan hilang begitu saja bersamaan dengan hilangnya hasrat ingin makan. Kalau pun kita memaksa diri untuk makan, rasanya tidak akan senikmat saat rasa lapar itu datang.

APa penyebab dari insomnia atau susah tidur tersebut? Pada hakikatnya gejala awal insomnia disebabkan oleh pola tidur kita yang tidak baik, tidak teratur dalam waktu yang cukup lama. Dengan dmikian otak akan mengalami keacakan jam tidur kita. Apa kebiasaan pola tidur yang tidak baik tersebut? beberapa di antaranya adalah
1. Tidur larut malam melebihi jam 12 malam.
2. Menyimpan suatu masalah dan tidak segera diselesaikan atau dibicarakan sehingga memaksa otak untuk terus bekerja.
3. Merokok malam hari. zat nikotin yang ada di dalam rokok akan memaksa otak untuk berjaga.
4. Minum atau makan sesuatu yang mengandung kafein

Lalu, kalauy sudah terlanjur mengalami insomnia, apa nyang harus dilakukan. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. kegiatan tersebut bisa berupa kegiatan fisik atau nonfisik. beberpa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia adalah...
1. mandi air hangat sebelum tidur agar seluruh tubuh menjadi rilek, pikiran menjadi segar.
2. minum susu hangat dan nikmati kehangatannya masuk melewati kerongkongan. Jangan lupa berdoa dulu.
3. olah raga kecil seperti treatmill, lari di tempat, atau senam sederhana untuk menghilangkan stressing otak.
4. yang beragama Islam cobalah ambil air wudlu kemudian sempatkan membaca Alquran atau sholat malam atau keduanya.

Jangan pernah mencoba mengatasi insomnia dengan minum obat karena efek obat pada umumnya menimbulkan efek ketagihan bukan untuk menyelesaikan masalah. Hal bijak yang dapat dilakukan adalah menghindarkan penyebab terjadinya insomnia.

Nah, informasi ini semoga bermanfaat.
READ MORE - INSOMNIA ATAU SUSAH TIDUR, BAGAIMANA MENGATASINYA?

PUNAHNYA PERMAINAN TRADISIONAL

Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi dan budaya. Salah satunya adalah Permainan. Berbicara tentang permainan tradisional, beberapa di antara kita akan teringat masa lalu saat kecil. begitu asyiknya kita melakukan permainan tersebut. berkumpul anak-anak dari segala usia.memainkan permainan tradisonal itu. Namun, kini hampir tidak pernah terlihat-anak-anak melakukan permainan tersebut. mereka lebih asyik melakukan permainan modern yang sifatnya individual.Akibatnya, jiwa sosial mereka kurang terasah. Hal itu terjadi karena mereka terbiasa hidup soliter dan asyik dengan dunia masing-masing. HP, Play station, Gameboy, atau pun game online menjadi teman mereka.

untuk mengenang masa lalu, mari kita melihat lagi yuk, permainan tradisional yang dulu sering dimainkan.
1. Gobak Sodor
permainan gobak sodor dimainkan oleh sekitar lima orang dalam satu tim. Tim jaga menjaga gawang dalam garis masing-masing agar tim lawan tidak dapat melewatinya. lapangan berbentuk persegi panjang yang dibelah oleh garis memanjang persis di tengah. Garis tersebut menjadi jalur gawang untuk pemimpin tim jaga. kemudian beberapa garis melintang menjadi jalur anggota tim jaga. Dengan adanya jalur membujur dan melintang di tengah kotak persegi panjang, maka akan terbentuk kotak-kotak kecil yang kita sebut sebagai kamar. Tim jaga  akan membendung jalannya tim lawan masuk menembus keseluruhan ruang. Apabila ada tim lawan yang berhasil menembus seluruh jalur dari depan sampai ke belakang dan kembali lagi ke depan, maka tim lawan akan mendapatkan skor satu. Apabila salah satu tim lawan tertangkap oleh sattu penjaga gawang, maka tim lawan dinyatakan mati dan harus bergantian menjaga lapangan. Tim pemenang ditentukan oleh jumlah skor yang diperoleh tim. Waktu main ditentukan dalam kesepakatan awal apakah menggunakan skor maksimal ataukah waktu permainan.

filosofi: karakter yang dibangun dalam permainan ini adalah Kerja sama, Persatuan, percaya diri, musyawarah, semangat.

2. Sledur
Sledur merupakan permainan kereta api. Dua orang sebagai penjaga pintu lintasan, satu orang menjadi lokomotif dan anggota lainnya menjadi gerbong keretanya. kereta melaju berputar kemudian masuk ke pintu lintasan kereta api. Gerbong terakhir harus ditinggal dan memilih kode rahasi dari dua orang penjaga pintu yang disepakati berdua. gerbong dikumpulkan sesuai dengan kesamaan kode rahasia.yang dipilih. Setelah semua gerbong habis, dua penjaga pintu melakukan tarik menarik dengan dibantu oleh anggota yang telah memilihnya melalui pilihan kode rahasia. Tarik menarik sejenis tarik tambang. Kemenangan didasarkan pada kemenangan

Filosofi: Karakter yang dibangun dalam permainan ini adalah kerja sama, persatuan, semangat,
READ MORE - PUNAHNYA PERMAINAN TRADISIONAL

Sabtu, 02 Juni 2012

AKHIR SEBUAH PENANTIAN

Anakku,
Detik waktu yang ditunggu
kini sampai di tepi hari
manata dan merapi diri lagi

Anakku,
kalau yang ditunggu tak seperti maumu
usah kau galau
atau risau
karena mau yang kau mau
tak selamanya selaras kalbu

haru biru acapkali bertabur sendu
tapi itu yang terbaik dari sang khalik

Anakku,
kalau kau dapat yang dimau,
bersyukur itu yang harus dituju
jangan kau umbar dengan angkara
jangan kau umbar dengan durjana
anarki
atau
menyombongkan diri.

Anakku,
duniamu masih jauh terbentang
tantangan masih banyak yang menghadang
jadi
persiapkan diri
tuk jadi manusia yang berarti.
READ MORE - AKHIR SEBUAH PENANTIAN