Minggu, 26 Agustus 2012

INDAHNYA KEBUN TEH DI KALIGUA

Kalau kita berbicara tentang kebun teh, yang tergambar selalu keindahan dan keindahan. Hamparan hijau yang luas dengan perempuan-perempuan pemetik teh yang mengenakan topi khas pemetik teh. Udara sejuk khas pegunungan yang akrab menyapa.

Yap, begitulah juga pemandangan yang ada di perkebunan teh yang terletak di kaligua Kabupaten Brebes. Pemandangan khas pegunungan yang begitu memesona mata. Bagi yang suka bertualang, perjalanan menuju ke sana sungguh akan sangat mendebarkan bila ditempuh dengan kendaraan roda dua. Bayangkan, jalan yang berkelok-kelok dengan jurang di tepi kiri yang begitu curam akan membawa kita pada bentuk hayalan seolah kita terbang di atas langit di antara pucuk-pucuk pohon pinus yang berada di abwah kita. konsentrasi penuh di jalan yang sempit dan berkelok ini cukup membuat adrenalin terpacu dengan deras.

Rasa lelah dan deg-degan akanterobati manakala kita telah berada di Telaga Renjeng. Hamparan air yang bening dengan ikan lele yang hidup liar di sana akan melenakan pikiran kita sejenak. Namun, perjalanan belum usai, kebun teh masih beberapa kilometer dari Telaga Renjeng.

Perjalanan lanjutan tidak begitu menakutkan. jalanan yang berbatu menyambut kita mengantarkan kita ke kebun teh di Kaligua. Tak berapa lama, tampaklah hamparan kebun teh yang menghijau luas sampai batas mata memandang, Rasa lelah punah sudah manakala kita disuguhkan dengan pemandangan yang begitu indah hasil karya ciptaan Tuhan. Di sana kita juga bisa mengadu nyali dengan menikmati beberapa permainan Outbond. Atau.... kita juga bisa menapaki jalan setapak untuk melihat gua Jepang. Yah, kalau sempat, cobalah sesekali kita ke sana.

Namun, untuk menuju ke sana memang banyak rintang. Salah satunya adalah jalan sempit berkelok yang membahayakan bagi pengemudi yang belum mahir. Apalagi di sepanjang sisi jalan ternganga jurang yang cukup dalam dengan pohon-pohon pinus yang rimbun. Semoga pemerintah daerah dapat mengoptimalkan fasilitas yang ada dengan menyediakan prasarana yang aman dan juga gampang. Selamat berlibur.
READ MORE - INDAHNYA KEBUN TEH DI KALIGUA

Jumat, 24 Agustus 2012

TRADISI IDUL FITRI

Hai, teman-teman, tanpa terasa Idul Fitri telah tiba. Saya ucapkan Selamat Idul Fitri Taqobalallohu minna wa minkum,Syiamana wa syiamakum, sujudana wa sududakum, Taqobal ya karim. Semoga kita menjadi fitri di hari bahagia ini. Bincang-bincang tentang idul fitri, kita sering melakukan kegiatan yang sifatnya massal. Saking ramainya tuh kegiatan, kita jadi tidak tahu lagi apakah kegiatan tersebut diperbolehkan secara sariat agama atau tidak. Nah, coba yuks kita tengok kegiatan-kegiatan tersebut. 1. Pesta Petasan dan Kembang api kegiatan ini bukan identik dengan perayaan idul fitri. Dari anak kecil sampai bapak-bapak sangat asyik bermain petasan dan kembang api. Idul Fitri tanpa petasan dan kembang api akan terasa hambar. Namun, bolehkah secara sariat. Memang tidak ada dasar hukum yang secara langsung menyatakan diharamkannya petasan, tapi bukankah membakar petasan dan kembang api merupakan tindakan "tadzbir" alias sia-sia. Pemborosanlah yang terjadi dan Islam melarang jelas orang berlaku boros. kalau ditilik dari sejarahnya, tradisi ini muncul sebagai hasil pengadaptasian dengan tradisi cina. dalam tradisi cina, perayaan tahun baru harus dilengkapi dengan pembakaran petasan dan kembang api karena mereka meyakini dengan kegiatan tersebut, tahun yang akan datang akan lebih membawa keberuntungan. Nah, Islam tidak mengajarkan itu. Jadi mulai saat ini stop petasan dan salurkan dananya untuk sedekah. banyak orang-orang yang lebih membutuhkan di sekitar kita. 2. Halal bil halal halal bil halal adalah tradisi orang-orang berkumpul di satu tempat, bertemu untuk saling meminta maaf. tradisi ini hanya terjadi di Indonesia. Dalam sariat Islam tidak ada ajaran tentang halal bil halal, yang ada adalah silaturahmi. Kalau halal bil halal dianggap sebagai satu bentuk silaturahmi maka boleh saja dilakukan asalkan dengan mematuhi syarat tertentu. Syarat-syarat tersebut adalah: a. tidak melakukan kegiatan yang sifatnya Tadzbir b. tetap terpeliharanya hijab antara laki-laki dan kepermpuan. c. tidak bersifat foya-foya tanpa mempedulikan lingkungan sekitar. d. tidak menjadikan halal bil halal sebagai pengganti acara silaturahmi 3. baju baru dan makanan yang banyak yah, karena Idul fitri merupakan hari kemenangan, Islam mensunahkan agar memamakai pakaian terbaik. Ingat pakaian terbaik tidak harus baru. kalau pun kita memakai baju baru, silahkan asalkan jangan dipaksakan membeli baju baru dengan menjadikan beban suami bertambah dan semakin berat. Sifat konsumtif jangan dibiarkan merajalela. Sekadarnya saja. masalah makanan, barngkali antisipasi banyaknya tamu yang datang. bukankah menghormati tamu itu juga diperintahkan oleh agama. Namun sekali lagi jangan berlebihan dan bermegah-megahan karena Alloh azza wa Jalla membenci orang yang berlebihan-lebihan lagi bermegah-megahan. segitu saja lah semoga bisa bermanfaat. maaf kalau ada kesalahan
READ MORE - TRADISI IDUL FITRI

Minggu, 19 Agustus 2012

PANTUN RIA

Yuks, kita berpantun ria. pantun ini hanya sebagai hiburan semata. Syukur-syukur dapat bermanfaat untuk Anda.  kalau pantun ini tidak bermanfaat, yah,maaf lah. Namanya saja pantun ria. hanya untuk hiburan semataBagi yang mau nambah pantun, bisa posting di komentar. Atau kirim pantun Anda ke e mail saya di farichin.farich@gmail.com

bagi yang mau berpantun ria, gampang kok caranya membuat pantun. gini yah, pantun itu terdiri dari empat baris setiap baitnya. rima atau persamaan bunyi akhirnya harus berkode ab ab artinya baris pertama dan kedua harus berakhir dengan bunyi yang sama. Sementara itu baris kedua dan keempat juga sama. Yang tidak boleh kita lupa untuk berpantun ria adalah pantun memiliki sampiran di baris satu dan dua. Isi atau maksud yang kita ingin sampaikan berada di baris ketiga dan keempat. cara termudah membuat pantun adalah kita membuat dua baris untuk isi kemudian baru menentukan isinya.
ok. kita mulai pantun kita ini

musim hujan angin berputar
badan basah kedinginan
kalau mau menjadi pintar
jangan hanya cuma omongan

bunga mawar indah merekah
bersanding dengan bunga anyelir
banyak amal banyak sedekah
untuk bekal di hari akhir

malam jumat membeli bunga
jangan lupa memakai sandal
sungguh rugi hai manusia
merasa diri hidup kan kekal

nah gampang kan, yuks kita mulai lagi dengan pantun yang lucu-lucu. seperti apa pantun yang lucu itu. Yah, bisa yang berisi teka-teki yang menggelitik atau cerita yang lucu. contohnya seperti ini

buah nangka buah belimbing
dicampur dengan si buah mangga
sungguh senang beristri sumbing
meski marah ttertawa juga

di samping pantun yang umum sesuai dengan syarat pantun, ada juga pantun kilat yang disebut sebgai karmina. Pantun karmina ini hanya memiliki dua baris setiap bait. pantun jenis ini sekarang banyak kita jumpai di kalangan pergaulan anak muda. beberapa contoh karmina adalah

buah kelengkeng buah kedondong
hai eneng, kenalan dong

ikan emas di air payau
aduh mas, enggak layau


READ MORE - PANTUN RIA

Selasa, 14 Agustus 2012

ILUSTRASI DALAM CERITA FIKSI


(FARICHIN,S.Pd)
Dalam cerita fiksi seperti cerpen dan novel, angan dan pikran pembaca dapat terbawa dalam alur cerita. Semua itu terjadi karena dalam sebuah cerita fiksi ada unsur yang disebut ilustrasi. Ilustrasi adalah deskripsi atau gambaran tentang setting, fisik tokoh, perasaan dan tindakan tokoh cerita, jalannya peristiwa. Ilustrasi memegang peranan yang penting dalam karya fiksi. Dengan ilustrasi pengarang akan mentransfer seluruh kondisi yang ada dalam kepalanya kepada alam imajinasi pembaca. dengan ilustrasi itulah akhirnya pembaca dapat merasakan kehadiran benda, tempat, suasana, pikiran dan perasaan tokoh saat suatu peristiwa terjadi.
Untuk dapat membuat ilustrasi dengan baik, diperlukan pencurahan panca indera kita. Saat itu, kita ditantang untuk menhadirkan apa yang tokoh cerita lihat, dengar, cecap, raba,cium, dan rasakan dalam perasaannya pada pembaca cerpen kita sehingga pembaca dapat merasakan apa yang tokoh cerita lihat, dengar, cecap, raba,cium, dan rasakan dalam imajinasinya.
Ada beberapa bentuk ilustrasi cerita yang dapat kita munculkan pada cerpen yang akan kita buat. Bentuk Ilustrasi tersebut adalah
1.      Ilustrasi tempat yang berisi gambaran tempat peristiwa dalam cerita.
Ruang kelas sudah sepi. Anak-anak yang dari pagi riuh rendah dengan celotehnya yang tiada henti kini sudah tak satu pun batang hidung yang tampak. Meja dan kursi siswa masih belum tertata rapi. Beberapa kertas ulangan bahasa Inggris yang siang tadi sebelum pulang sekolah dibagi beberapa berserakan di lantai dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.ada yang biarkan jatuh di lantai, diremas,bahkan beberapa mengalami nasib yang sangat tragis yaitu disobek-sobek.  Seolah anak-anak tak menyadari bahwa dalam  kertas ulangan tersebut tergambar kemampuan dan kerjanya selama mengikuti pelajaran.
 (Anak-anak zaman, Farich Abi Wildan)
2.      Ilustrasi waktu yang menggambarkan waktu sebuah peristiwa dalam cerita terjadi. Waktu sebuah peristiwa dapat diungkapkan dengan penggunaan kata-kata yang menunjukkan waktu secara langsung maupun tidak langsung. Berikut ini adalah kutipan sebuah cerpen yang menunjukkan sebuah waktu.
Suara adzan subuh terdengar lamat-lamat dari masjid kampung seberang.beberapa saat kemudian beberapa suara serupa susul menyusul dari beberapa mushola di sekitar kampung itu.  Udara masih diselimuti embun yang menebarkan hawa dingin dan lembab. (Merobek Mentari, Farich Abi Wildan)
3.      Ilustrasi suasana menggambarkan suasana saat sebuah peristiwa berlangsung
Anisa menangis pilu di hadapan tubuh kaku ibunya yang telah mulai tersa dingin. Beberapa pelayat terhanyut oleh tangisan Anisa anak semata wayang ibu Hindun yang kini telah meninggalkan dunia yang fana direnggut penyakit paru-parunya yang tak sempat diobati. Dipeluknya tubuh yang semakin dingin itu seolah tak rela untuk dikuburkan. Tangisnya tak juga mau berhenti meski beberapa orang telah mmbujuknya.
 (Merobek Mentari, Farich Abi Wildan)
4.      Ilustasi perasaan menggambarkan perasaan yang dialami tokoh cerita. Apakah sang tokoh dalam kondisi sedih, marah, rindu, dan sebagainya. Saat kita akan membuat ilustrasi ini, kita harus bisa mendalami perasaan orang lain. Empati dan simpati terhadap kejadian yang dialami tokoh harus kita miliki agar tercipta sebuah ilustrasi yang bagus. Berikut ini adalah contoh ilustrasi ini dalam sebuah cerpen
Tubuh Larasati gemetar keras. Kepalanya mulai berat. Jantung berdegup keras. Larasati shok mendengar pengakuan Doni yang telah menghamili Dina, sahabatnya sendiri.matanya nanar menahan gejolak perasaan yang tak menmentu. Hancur dan remuk redam semuanya ia rasakan.
(Di antara dua hati, Farich Abi Wildan)
Tubuh Larasati gemetar keras. Kepalanya mulai berat. Jantung berdegup keras. Larasati shok mendengar pengakuan Doni yang telah menghamili Dina, sahabatnya sendiri.matanya nanar menahan gejolak perasaan yang tak menmentu. Hancur dan remuk redam semuanya ia rasakan.
(Di antara dua hati, Farich Abi Wildan)
5.      Ilustrasi tindakan menggambarkan tindakan dan reaksi tokoh dalam kaitannya dengan peristiwa yang terjadi.
Setelah melemparkan tasnya begitu saja ke atas meja, yang menyebabkan dua buah buku ensiklopedi terbang bebas dan jatuh berdebam, dengan kasar ditariknya sebuah buku tebal dari rak. Akibatnya buku-buku yang disusun saling bertumpu itu jatuh bergeletakan. Dan itu ternyata baru awal.
Cowok itu membuka kemejanya dan membentangkannya di atas pot bunga! Kiara terbelalak . orang yang paling idiot pun tahu, tidak akan memasang  paku di belakang pintu kalau ternya pot bunga bisa menggantikannya.
Tapi ditahannya kesedihannya. Sudah dijalaninya ini selama berbulan-bulan, dan usahanya akan jadi sia-sia kalau akhirnya dia jadi ikutan sinting.
(Satu Bintang dari Langit Kelam, Oleh Esti Kinasih)
Dalam sebuah cerpen, ilustrasi sangat berperan penting. Dengan ilustrasi, pembaca akan dapar merasakan, melihat, mendengar, atau terbangkitkan emosinya sesuai peristiwa yang terjadi. Semua ini terjadi karena saat kita membaca sebuah cerpen atau karya fiksi yang lain, pembaca cenderung mengidentifikasikan dirinya sebagai tokoh yang bermain dalam cerita tersebut. Karena begitu pentingnya ilustrasi dalam sebuah cerpen, terkadang ada sebuah cerpen yang hanya menggambarkan peristiwa-peristiwa ceritanya dengan menggunakan ilustrasi semua tanpa diikuti dialog. Model ini menenimbulkan efek bahwa pengarang sedang menceritakan sebuah peristiwa kepada pembaca secara sepihak berdasarkan apa yang pengarang ketahui. Tokoh yang ada dalam cerita tersebut hanya dijadikan wayang yang tidak diperlukan dialognya. Di sini pengarang sebagai pencerita murni layaknya seorang teman bercerita dengan teman lainnya tentang peristiwa yang dialami oleh keluarganya.
Untuk menghadirkan ilustrasi-ilustrasi tersebut pada alam imajinasi pembaca, diperlukan beberapa cara atau trik. Cara tersebut adalah
  1. Pencurahan panca indera dengan turut sertanya kita merasakan apa yang dialami tokoh cerita. Untuk bagian ini, buatlah setting yang akrab dengan kita sebagai penulis. Jangan sekali-kali kita membuat cerita dengan setting yang tidak kita kenal atau tidak pernah kita lihat secara langsung. Bagaimana mungkin kita membuat gambaran tentang hutan kalau kita tidak pernah pergi ke hutan.
  2. Pergunakan diksi dan majas atau gaya bahasa untuk memperindah kalimat yang kita buat. Dengan majas atau gaya bahasa, ilustrasi yang kita buat akan terasa lebih indah, dan bagus. Namun yang perlu diingat, janganlah membuat ilustrasi dengan panjang leber sehingga cerita lebih dominan pada ilustrasinya. Pembaca akan merasa jenuh apabila hanya disuguhkan ilustrasi-ilustrasi semata. Pembaca menginginkan konflik yang menjadikan cerita lebih menarik. Pembahasan tentang majas akan dibahas lebih dalam pada pembahasan tersendiri pada buku ini.
READ MORE - ILUSTRASI DALAM CERITA FIKSI

Minggu, 12 Agustus 2012

MALAM QODAR ATAU LAILATUL QODR

Di bulan Ramadhan ini tentunya kita pernah mendengar para ustad menginformasikan tentang malam Qodar atau Lailatul Qodr. Apalagi di sepuluh hari terakhir seperti sekarang ini, malam Qodar selalu mendapatkan porsi lebih dari biasanya. Lalu apa sebenarnya malam Qodar itu?

Malam Qodar merupakan bentuk rahman dan rakhimnya Alloh Azza wa Jalla kepada kita umat nabi Muhammad SAW. di salah satu malam di bulan Ramadhan tersebut, Alloh memberikan ekstra kasih sayangnya dengan menjadikan malam tersebut lebih bagus, lebih mulia, lebih istimewa daripada malam-malam yang lain. Dalam surat al Qodr dikatakan bahwa malam itu lebih mulia seribu kali lipat daripada malam yang bukan Qodr. Kemuliaan malam tersebut dimulai dari tenggelam matahari sampai terbit fajar?

Lalu apa hubungannya dengan malam Qodar tersebut? Alloh memberikan umat nabi Muhammad SAW tidak lama. Rata-rata berkisar 60 sampai dengan 80 tahun. Bayangkan, dengan usia sesingkat itu, umat nabi Muhammad harus bersaing dengan umat nabi-nabi sebelumnya yang usuianya lebih panjang, bahkan ada yang mencapai ratusan atau ribuan tahun. Sementara, kehidupan akhirat yang kekal itu akan ditentukan dari beratnya timbangan amal manusia tersebut. Jika amal kebaikan lebih berat maka Alloh menjanjikan Jannah. Namun jika amalan keburukan yang lebih banyak maka Annarlah tempat yang layak untuk kita.

Nah, dengan malam Qodar tersebut, Alloh memberikan kelipatgandaan amal bagi yang malam itu dia beribadah dengan dinilai ibadahnya lebih baik daripada ibadah seribu bulan atau setara 83,3 tahun. Bayangkan jika setiap tahun di bulan Ramadhan kita mendapati malam Qodar dengan memperbanyak dzikir, sholat, sedekah, tadarus, atau lainnya maka nilai amal kita akan diangkat derajatnya lebih baik daripada ibadah yang sama selama seribu bulan. Subhanallah.

Lalu bagaimana cara kita menyikapi dan menyiasati agar kita menjumpai malam Qodar di bulan puasa ini. Ada beberapa pendapat terkait dengan malam Qodar. Ada yang mengatakan malam Qodar akan tiba di satu hari di bulan Ramadhan secara rahasia. tidak ada tanda ataupun yang lainnya. Sementara yang lain mengatakan bahwa malam Qodar akan jatuh pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Di samping itu, ada juga yang mengatakan bahwa malam Qodar akan jatuh di tanggal ganjil pada sepuluh hari yang terakhir.

Karena ada beberapa pendapat yang berbeda, maka kita jangan sampai gagal memanfaatkan malam tersebut hanya dengan tidur-tidur saja.  Untuk itu perlu sikap yang arif. Sikap yang mungkin dapat kita ambil adalah
1. tetap, hidupkan malam selama bulan Ramadhan dengan memperbanyak ibadah. Jangan lupakan sempatkan tahajut dan witir (paling tidak) sebelum sahur.
2. Tingkatkan intensitas ibadah kita di sepuluh hari terakhir tanpa melihat tanggal ganjil atau tidak. Kalau memungkinkan lakukan itikah di masjid. Kalau kita berpikir hanya yang ganjil, kita bisa terlewat karena puasa tahun ini ada dua versi. Versi hisab yang jatuh pada hari Jumat dan versi Rukyah yang jatuh pada hari Sabtu sebagai awal puasanya. Tentunya perbedaan versi tersebut juga akan berpengaruh terhadap hitungan ganjil dan genapnya.

Ok. Srmoga kita mendapatkan malam Qodar dengan memperbanyak ibadah. Selamat berpuasa.
READ MORE - MALAM QODAR ATAU LAILATUL QODR

Sabtu, 04 Agustus 2012

PUASA DAN MUSLIM

Tanpa terasa kita telah memasuki bulan Ramadhan bahkan sudah pada pertengahan bulan. Selama itu pula di antara kita sangat variatif dalam menyikapi dan mengisi bulan suci bagi seorang muslim tersebut. Ada yang begitu siap menyambutnya dengan memperbanyak amalan di pagi, siang, dan malam hari; Ada pula sebagian yang lain yang santai dengan menjalankan puasa seadanya. Bahkan, di antaranya ada yang tidak melaksanakan ibadah puasa. Lalu pertanyaan kita adalah bolehkan seorang muslim tidak berpuasa? Lalu sebenarnya apa dasar pelaksanaan puasa.

Berbicara tentang dasar hukum dalam Islam, maka kita mengenal ada Alquran sebagai kitab suci umat Islam dan Hadits sebagai pendamping Alquran. Muhammad SAW pernah bersabda "Sepeninggalku umatku yang berpegang teguh pada Alquran dan sunahku, maka selamatlah ia"(Terjemahan bebas). Nah, sementara itu perintah puasa secara jelas diturunkan Alloh SWT dalam salah satu ayat di surat Albaqorah yang terjemahan bebasnya kurang lebih "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa seperti telah diwajibkan pada umat sebelum kamu agar kamu digolongkan menjadi oarng-orang yang bertaqwa." Ayat tersebut diawali dengan kata sapaan orang-orang yang beriman. Iman secara maknawi berarti percaya. Percaya yang dimaksud di sini adalah percaya pada keIllahian Alloh Azza wa Jalla. Iman merupakan dasar seseorang untuk memeluk Islam dengan mengakui tida Tuhan yang pantas dan layak disembah selain Alloh dan mengakui bahwa Muhammad Rosululloh merupakan Utusan Alloh.

dari sinilah kita sebagai umat yang dikarunia akal harusnya mencerna bahwa kalau kita merasa seorang muslim, maka wajiblah bagi dia untuk berpuasa karena seorang muslim pasti beriman kepada Alloh. Kalau seorang muslim tidak berpuasa, maka perlu dipertanyakan keimanannya. Kalau keimanannya saja masih meragukan, kita mungkin dapat dikategorikan sebagai golongan kafirin. Lalu bagaimana dengan muslim yang tidak berpuasa?

Ada beberapa kemungkinan seorang muslim tidak berpuasa tanpa digolongkan dalam kelompok pendurhaka. Alloh maha tahu dan maha Rahman dan Rakhim. Beberapa hal yang memungkinkan orang Islam tidak berpuasa adalah:
1. Anak-anak.
anak yang belum baligh tidak diwajibkan untuk berpuasa dan baginya tidak pula diwajibkan mengganti puasa yang ditinggalkan setelah baligh nanti.

2. Wanita yang hamil atau menyusui.
bagi wanita yang kebetulan hamil dan menyusui, apabila memang ragu untuk berpuasa karena takut dirinya atau bayinya mengalami gangguan kalau diajak puasa, maka baginya boleh untuk tidak berpuasa. Namun, baginya diwajibkan untuk mengganti puasanya di hari lain sejumlah puasa yang ditinggalkan.

3. Wanita yang menstruasi atau nifas
Kondisi wanita ini bahkan dilarang untuk berpuasa. Apabila masa menstruasi atau nifasnya telah selesai, maka kewajiban untuk berpuasa melekat kembali padanya. Baginya diharuskna mengganti di hari lain setelah hari raya sejumlah hari puasa yang ditinggalkannya.

4. Sakit yang tidak memungkinkan untuk berpuasa. Orang sakit ini pun harus mengganti di hari lain apabila dia telah sembuh.

5. Tua
yang dimaksud tua di sini tidak semata-mata didasarkan pada usia. Akan tetapi lebih ditekankan pada kemampuannya untuk melaksanakan ibadah puasa. bagi yang tidak kuat untuk berpuasa, maka baginya diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Sebagai gantinya, baginya dikenakan kewajiban membayar fidyah yaitu memberi makan seorang fakir miskin sejumlah hari puasa yang ditinggalkannya. di Indonesia, fidyah pada umumnya diwujudkan dalam bentuk makanan pokok seperti beras sejumlah 6-7 ons per hari puasa yang ditinggalkannya.
6. Musyafir yaitu orang yang melakukan perjalanan jauh.
7. Gila

Apabila ada tetangga, teman, atau kerabat kita yang tidak berpuasa sementara dia tidak dalam halangan atau kondisi yang diperbolehkan tidak berpuasa, maka berarti kondisi terakhirlah yang ada pada dirinya.
READ MORE - PUASA DAN MUSLIM

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...