Rabu, 02 November 2011

PERSIAPAN UN 2012 : TRIK DAN TIP SOAL BUKU HARIAN

UN 2012 masih beberapa bulan lagi. Tapi, waktu jangan dibiarkan berlalu dengan percuma. salah-salah UN sudah terlalu dekat sehingga lupa menyiapkannya. Nah, dalam UN 2012, diperkirakan kompetensi menulis buku harian akan muncul. pada UN-UN sebelumnya, kompetensi ini tidak muncul. lalu bagaimana menyiasatinya?

Kompetensi menulis buku harian dalam UN 2012 ini dapat kita sikapi dengan banyak latihan. Namun, sering kita melihat soal prediksi UN atau soal UN yang telah lalu kompetensi menulis buku harian ada lebih dari satu jawaban benar. Padahal, tidak mungkin sebuah soal sekaliber soal UN memiliki jawaban dobel. Untuk itu, berikut yang harus dilakukan dalam menghadapi soal UN sejenis itu untuk kompetensi menulis buku harian.
1. buku harian menggunakan sudat pandang orang pertama. Jadi, pilihlah yang menggunakan kata "Aku" atau kata lain yang menunjukkan sudut pandang orang pertama;
2. apabila semua pilihan jawaban menggunakan sudut pandang orang pertama, pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan ilustrasi. Prediksi soal UN 2012 untuk menulis buku harian semuanya menggunakan ilustrasi;
3. apabila masih ada beberapa jawaban, pilihlah yang menggunakan kata-kata ekspresif. Kata-kata ekspresif yaitu kata yang mencerminkan ekspresi tokoh. Contoh dari kata-kata ekspresif adalah sungguh senang hatiku, sedih, kesal, malu, kesal.

Berikut contoh soal prediksi UN 2012

Saat upacara hari Senin, 23 November 2011 Anto dipanggil Pembina OSIS untuk keluar dari barisan dan menempatkan diri di depan barisan bapak dan ibu guru. Sabtu kemarin, Anto membolos karena ingin memancing. Anto merasa malu ditonton oleh semua siswa. Ia menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan membolos saat jam pelajaran.

Kalimat yang tepat ditulis Anto dalam buku harian berdasarkan ilustrasi di atas adalah....
a. Senin, 23 November 2011, saya merasa marah kepada Pembina OSIS yang telah menghukum saya.

b. Senin, 23 November 2011, aku sangat malu pada Pembina OSIS karena membolos saat jam pelajaran.
c. Senin, 23 November 2011, aku sangat menyesal karena dihukum Pembina OSIS untuk berdiri di depan peserta upacara.
d. Senin, 23 November 2011, Aku sangat malu dan menyesal. Aku dihukum Pembina OSIS berdiri di barisan paling depan saat uapacara karena membolos saat jam pelajaran Sabtu kemarin.

Soal di atas ternyata sudah menggunakan sudut pandang orang pertama semua dan menggunakan kata-kata yang ekpresif. Namun, dari empat pilihan di atas yang paling sesuai dengan ilustrasi adalah pilihan D. Pilihan C kurang tepat karena tidak dijelaskan alasan pemberian hukuman.

yuk, latihan lagi.
Rabu, 31 November 2011 di alun-alun kota Tegal, pukul 22.00 bersama ayah, ibu, dan adikku menyaksikan anak-anak seusiaku berboncengan sepeda motor berkeliling kota merayakan kegembiraan di tahun baru. Aku sedikitpun tidak tertarik dengan hal-hal seperti itu. Bagiku kegiatan seperti itu sangat berbahaya.
Kalimat yang tepat ditulis dalam buku harian adalah ...
a. Rabu pukul 22.00 aku, ayah, ibu, dan adikku di alun-alun menyaksikan anak-anak berboncengan sepeda motor. Biarlah bersenang-senang mereka.
b. Rabu, 31 November 2011 di alun-alun kota Tegal, pukul 22.00 bersama ayah, ibu, dan adik-adikku, aku menyaksikan anak-anak seusiaku berboncengan sepeda motor berkeling kota. Ah, aku tak tertarik.
c. Rabu, 31 November 2011 di alun-alun kota Tegal aku berkeling naik sepeda motor bersama teman-teman seusiaku. Alangkah senangnya hatiku dapat merayakan pergantian malam tahun baru.
d. Pada hari Rabu, 31 November 2011, tepatnya pada malam pergantian tahun baru aku dan keluragaku melihat anak-anak sebayaku berboncengan sepeda motor mengelilingi alun-alun kota Tegal. Ah, sedikitpun aku tidak tertarik acara itu.

Setelah melihat hasil ulangan harian yang ketiga, Afrizal merasa sedih. Betapa tidak, ia yakin bahwa saat ulangan ia dapat mengerjakan semua soal yang diberikan gurunya. Nilai 8 minimal diperolehnya. Akan tetapi, begitu hasil ulangan diberikan angka 6 yang tertulis dalam lembar ulanganya.
Kalimat yang tepat ditulis dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut adalah ….
a. Meskipun nilai ulanganku 6 aku tetap gembira.
b. Angka enam dalam hasil ulanganku sungguh mengejutkan.
c. Aku sangat sedih nilai ulanganku tidak seperti yang kuharapkan.
d. Nilai ulangan bukan satu-satunya keberhasilan hidupku.

Hari ini Dewi menerima SMS dari Deni, kembarannya yang bersekolah di luar kota. Dewi merasa senang sekali, hari Minggu besok Deni akan pulang karena sekolahnya libur selama tiga hari.

Kalimat yang tepat ditulis dalam buku harian sesuai ilustrasi di atas adalah....
a. Bahagianya hatiku, Minggu besok Deni akan berlibur di rumah selama tiga hari
b. Senang sekali bisa menghabiskan waktu bersama Deni
c. Deni, ayah dan ibu sangat mengharapkan kedatanganmu
d. Sebenarnya aku berharap bisa berlibur lebih dari tiga hari

Deni pulang dari rumah Dina dan berjalan sendiri melewati jembatan. Terlihat banyak anak laki-laki yang sedang duduk. Deni ragu-ragu mau melangkah, dia mencoba memberanikan diri untuk berjalan lebih cepat. Tapi ia terpeleset kulit pisang.

Tulisan di buku harian yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah...
a. Sebuah pengalaman yang tak bisa dilupakan. Waktu itu temanku bercerita bahwa ia sangat malu katika pulanga dari rumah temannya melewati jembatan. Dia tiba-tiba terpeleset kulit pisang karena akan lari, takut dengan anak-anak yang ada di situ. Dia sangat malu karena ditertawakan oleh anak-anak yang ada di jembatan.
b. Pengalaman memang bermacam-macam, ada yang menyenangkan, ada yang menyedihkan, dan ada yang memalukan. Yang kutulis ini adalah salah satu pengalamanku yang sangat memalukan. Sampai sekarang aku sangat malu jika melihat anak-anak yang mengetahui aku jatuh saat melewati jembatan. Mereka juga senyum-senyum padaku.
c. Saat pulang dari rumah Dina, Deni berjalan sendiri melewati jembatan. Di sana terlihat banyak anak laki-laki. Ia mempercepat langkah. Tapi, celaka dia terpeleset kulit pisang dan uang logamnya berhamburan. Saat itu dia sangat malu dengan peristiwa itu.
d. Saat aku berjalan sendiri melewati jembatan, aku takut karena di sana banyak anak laki-laki. Aku mempercepat langkah. Tapi, celaka aku terpeleset kulit pisang dan aduh...uang logamku berhamburan. Aku betul-betul malu dan kesal.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...