Selasa, 03 Januari 2012

KUMPULAN SOAL UN KOMPETENSI MENULIS

4. LAPORAN/PENGUMUMAM/RESENSI
Kegiatan Pengamatan
1. Tujuan : memaparkan
2. Objek : ruang perpustakaan
3. Data teramati : buku , pengunjung, pustakawan

1. Laporan yang tepat berdasarkan dat tersebut adalah...
a. Perpustakaanku berukuran 30mmeter persegi.Di dalamnya terdapat beberapa kelompok buku. Kelompok buku tersebut adalah fiksi, nonfiksi, pengetahuan umum, dan referensi. Setiap hari pengunjung perpustakaanku rata-rata 50 orang. Jumlah pengunjung yang begitu banyak bisa dilayani oleh satu orang pustakawan.
b. Perpustakaanku memang luas. Di dalamnya terdapat banyak buku yang bisa dibaca oleh hampir seluruh siswa sekolahku. Pada hari-hari libur pun perpuastakaanku dikunjungi banyak orang, Umumnya mereka betah di sana. Akupun mersa bangga akan hal itu.
c. Di dalam perpustakaanku selalu banyak pengunjung. Buku-buku juga banyak diminati pengunjung. Ada beberapa buku yang menjadi favoritku. Buku itu selalu kupinjambila aku ke perpustakaan. Sungguh gembira aku di perpustakaan.
d. Buku-buku di perpustakaanku sangatlah banyak. Petugas perpustakaannya ramah-ramah meskipun pengunjungnya sedikit. Suatu ketika aku ke perpustakaan. Aku merasa nyaman di sana. Beberapa alat musik juga ada di sana.

Kelas 9A SMP Kaliwungu mengadakan kunjungan ke tempat pembuatan batu bata milik Pak Ihsan. Maksud kunjungan melihat proses pembuatan batu bata.

2. Laporan yang tepat berisi pembuatan batu bata adalah...
a. Membuat batu bata merupakan mata pencaharian tetap bagi Pak Ihsan.
b. Kunjungan SMP Kaliwungu ke tempat pembuatan batu bata dengan tujuan melihat proses pembuatan batu bata.
c. Tanah merah diadoni dengan air, dicetak dengan bentuk segi empat, dan dijemur hingga kering. Setelah itu baru dibakar selama tiga hari.
d. Membuat batu bata merupakan pekerjaan yang membutuhkan energi lebih.

3. Yang termasuk paragraf laporan adalah ....
a. Setelah lumpur panas menggenangi sekitar 25 pabrik dan 1.810 rumah warga di Kecamatan Porong dan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, kini sekitar 70 persen warga kehilangan lapangan pekerjaan. Mereka rata-rata bekerja di sektor informal, termasuk industri rumah tangga yang kini terendam lumpur panas.
b. Tukul Arwana, yang menyebut dirinya sebagai "cover boy majalah rusak", menemukan kejayaan yang merupakan "kristalisasi keringat" dari kariernya selama ini, termasuk menjadi sopir, melawak dan figuran. Melalui "Empat Mata", ia memindahkan pandangan pemirsa ke arahnya. Ia juga mampu membuktikan bahwa "wong ndeso", atau orang desa yang diasosiasikan bodoh, kurang berbudaya, adalah bagian yang sah dari sajian televisi.
c. Kenyataan menunjukkan, sebagian besar jalan raya di Indonesia hanya pas untuk dua mobil saling berpapasan, dengan syarat jalan dalam keadaan sepi dan lurus. Dari tahun ke tahun jumlah mobil bertambah. Sebaliknya, jalan nyaris tetap sama dalam 30 tahun terakhir kecuali sedikit diperlebar dan lebih mulus. Jalan kecil antarkota yang dulu hanya dilewati mobil kecil, sekarang juga dilalui truk besar. Truk bermuatan segunung, jalan-jalan antarkota itu cepat rusak.
d. Kondisi Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta kritis karena kehilangan banyak darah akibat tembakan yang mengenai perut dan dadanya, Senin (11/2). Ia menjalani perawatan di Rumah sakit Royal Darwin akibat luka tembak yang dideritanya menyusul serangan kelompok pemberontak pimpinan Alfredo Reinado di Dili.

4. SMP Permata mengadakan kunjungan ke pabrik tempe yang berada di desa Sukajadi melihat proses pembuatan tempe.
Kedelai yang sudah direndam, dilepas kulitnya dengan cara tradisional. Setelah dicuci bersih, kedelai diberi ragi untuk kemudian dibungkus daun.
Tempe merupakan makanan tradisional masyarakat Indonesia. Pengolahan bahan makanan ini sangat sederhana.
Perhatikan kalimat laporan kegiatan berikut!
1. Dengan melibatkan banyak orang tersebut kegiatan dapat terlaksana dengan meriah.
2. Berdasar hal tersebut, OSIS SMP Merdeka Surabaya mengadakan lomba lari jarak jauh atau maraton.
3. Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI, pemerintah daerah mengharapkan adanya kegiatan yang positif,
4. Kegiatn itu dapat diikuti oleh banyak orang.

Susunan kalimat laporan yang sisitematis menjadi bagian pendahuluan ( latar belakang) adalah...
a. 1-2-3-4 c. 4-3-2-1
b. 2-3-4-1 d. 3-4-1-2

5. Peringatan hari Sumpah Pemuda di SMP Tunas Muda tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain perlombaan biadng seni dan perbandingan olah raga. Dalam bidang seni di lombakan seni lukis, seni suara dan seni tari. Dalam bidang olahraga diisi dengan pertandingan sepak bola, bola basket, bola voli dan bulu tangkis. Masing-masing mata lomba disiapkan hadiah untuk juara I,II dan III.

Judul yang tepat untuk laporan tersebut adalah...
a. Lomba Memperingati HUT Sumpah Pemuda Tahun Ini.
b. Pertandingan Memperebutkan Juara dalam HUT Sumpah Pemuda.
c. Laporan Kegiatan SMP Tunas Muda Tahun 2005
d. Laporan Kegiatan Memperingati Hari Sumpah Pemuda.

1. Kami berangkat menuju Dieng tanggal 3 Februari 2009
2. Sesampainya di sana banyak semua yang di catat sebagai bahan tambahan pengetahuan
3. Para pembimbing adalah guru sekolah kami yang berjumlah sepuluh orang
4. Jumlah siswa yang ikut dalam rombongan karya wisata berjumlah 60 orang
5. Kawasan Dieng yang menakljubkan menjadi tujuan wisata kami
6. Perjalanan wisata ke Dieng tidak kami lupakan

6. Kalimat – kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis bila disusun dengan urutan........
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 c. 4 – 1 – 5 – 3 – 6 – 2
b. 1 – 5 – 3 – 4 – 6 – 2 d. 5 – 1 – 4 – 3 – 2 – 6

7. OSIS SMP Bina Bangsa telah mengadakan bakti sosial dengan memberikan air bersih terhadap korban bencana kekeringan di Purwodadi. Setelah bakti sosial, OSIS membuat laporan........
Laporan yang tepat dibuat oleh OSIS adalah ….
a. Selasa, 10 Juni 2008 OSIS SMP Bina Bangsa menyerahkan dana bantuan kepada korban bencana kekeringan yang menimpa penduduk Purwodadi berupa tangki ( ± 100.000 liter) air bersih
b. Selasa, 10 Juni 2008 OSIS mengadakan bakti sosial korban bencana kekeriangan yang menimpa penduduk Purwodadi. Adapun bantuan yang diberikan adalah 10 tangki ( ± 100.000 liter) air bersih
c. Selasa, 10 Juni 2008 OSIS SMP Bina Bangsa akan mengadakan bakti sosial dengan memberikan bantuan terhadap korban bencana alam kekeringan yang menimpa Purwodadi. Bentuk batuan berupa 10 tangki ( ± 100.000 liter) air bersih.
d. Selasa, 10 Juni 2008 OSIS SMP Bina Bangsa telah mengadakan bakti sosial dengan menyerahkan bantuan kepada korban bencana kekeringan yang menimpa penduduk Purwodadi. Bentuk bantuan berupa 10 tangki ( ± 100.000 liter) air bersih.

8. Paragraf berikut yang berisi laporan adalah …
a. Setiap kali melihat aliran sungai, Pak Hartono merasakan keharuan mendenyutkan jantungnya. Makin besar sungai itu, makin besar pula keharuan yang menggetarkan sanubarinya. Karena selalu terbayang cucunya yang hilang karena arus banjir sungai Culiwung tersebut.
b. Indonesia adalah negara kepulauan dengan penduduk yang beradat istiadat beraneka. Negeri ini cukup terkenal dengan budaya yang menarik dan menawan bila dicermati. Dan tanah yang luas, subur, berlembah, berbukit, dan bergunung semakin menambah keindahan Indonesia. Maka tak ayal menjadikan Indonesia Negara yang kaya dan subur.
c. Kegiatan jambore LT II diselenggarakan selama tiga hari, yaitu Jumat, Sabtu dan Minggu. Kegiatan ini berlangsung di lapangan Desa Karangmalang Kecamatan Ketanggungan. Pesertanya berjumlah 50 regu dari penggalang SD dan penggalan SMP. Kegiatan ini disebut juga Perkemahan Lomba Tingkat Ranting.
d. Manusia dalam kehidupannya sehari-hari selalu berkomunikasi satu dengan lainnya. Alat komunikasi semakin berkembang. Bukan hanya telepon rumah tetapi telepon genggam pun semakin memperlancar komunikasi. Namun, kenyataan lain muncul kejahatan melalui telepon tak ketinggalan merajainya.

BUKU HARIAN
1. Tepat di hari ulang tahun, kamu menerima hadiah spesial dari kedua orang tuamu karena kamu berhasil meraih peringkat satu di kelasmu.
Catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
a. Aku menerima hadiah dari kedua orang tuaku karena berhasil meraih peringkat satu.
b. Oh, senangnya, aku menerima hadiah spesial dari kedua orang tuaku karena peringkat satu.
c. Di hari ulang tahunku aku menerima hadiah dari kedua orang tuaku.
d. Alangkah bahagianya, di hari ulang tahunku, aku menerima hadiah spesial dari kedua orang tuaku karena peringkat satu.

2. Tanggal 18 Juli 2008 adalah hari pertama masuk sekolah. Kamu merasa senang karena banyak teman yang berasal dari berbagai daerah.
Catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
a. Aku merasa senang karena mendapat banyak teman.
b. Oh, asyiknya, aku mendapat banyak teman di hari pertama masuk sekolah.
c. Tanggal 18 Juli 2008, hari pertama masuk sekolah, aku merasa senang karena banyak teman berasal dari berbagai daerah.
d. Tanggal 18 Juli 2008, hari pertama masuk sekolah, alangkah senangnya aku karena banyak teman berasal dari berbagai daerah.

3. Pada hari Sabtu 16 April 2007, aku tidak mengerjakan PR Matematika karena lupa. Selain itu, karena aku mengantuk malam itu. Guru yang mengajar Matematika sangat disiplin. Siswa yang tidak mengerjakan PR disuruh mengerjakannya di lapangan upacara. Aku malu sekali saat itu.

Tulisan di buku harian yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah….
a. Aku sangat malu pada saat pelajaran Matematika karena lupa tidak mengerjakan PR
b. Pada hari Sabtu, 16 April 2007, aku lupa tidak mengerjakan PR Matematika
c. Sabtu, 16 April 2007 aku malu sekali disuruh mengerjakan PR Matematika di lapangan upacara
d. Aku disuruh mengerjakan PR Matematika di lapangan upacara karena lupa tidak mengerjakan PR

4. Rabu, 8 Oktober 2008
Kali ini, Tata sangat bahagia. Kebahagiaan ini tidak pernah terbayang sebelumnya. Tata kini dinobatkan sebagai juara 1 dalam lomba Pildacil di tingkat Kota Makassar. Padahal, pesertanya saat itu lebih dari 400 orang. Mulai saat ini, dia akan lebih giat berlatih agar cita-citanya menjadi juru dakwah tercapai.

Berdasarkan ilustrasi di atas, kalimat yang sesuai untuk ditulis dalam buku harian adalah ....
a. Rabu, 8 Oktober 2008, aku benar-benar bahagia karena terpilih menjadi juara 1 lomba Pildacil se-Kota Makassar.
b. Rabu, 8 Oktober 2008, aku berhasil menyisihkan lebih dari 400 peserta lomba Pildacil se-Kota Makassar.
c. Rabu, 8 Oktober 2008, aku bercita-cita menjadi juru dakwah setelah terpilih menjadi juara 1 lomba Pildacil se-Kota Makassar.
d. Rabu, 8 Oktober 2008, aku bahagia karena dapat mewujudkan keinginanku menjadi juru dakwah.

5. Pada hari Senin, 21 Januari 2008 kamu ditunjuk menjadi petugas pengibar bendera. Kamu dapat melaksanakannya dengan baik dan mendapat pujian dari teman-temanmu.
Catatan buku harian yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
a. Senin, 21 Januari 2008. Hari ini aku senang sekali. Aku ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara sebagai pengibar bendera. Aku akan melaksanakannya dengan baik. Guru-guru pasti memujiku.
b. Senin, 21 Januari 2008. Aku merasa senang. Aku ditunjuk menjadi petugas pengibar bendera. Tugas kulaksanakan dengan baik. Teman-teman memberikan pujian.
c. Aku senang sekali. Aku ditunjuk menjadi salah satu petugas. Aku dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-temanku juga memuji kemampuanku.
d. Wow, alangkah senangnya hari ini. Kita ditunjuk menjadi petugas upacara, yaitu sebagai pengibar bendera. Kita dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-teman memuji kehebatanku.

6. Pada hari Sabtu, 14 Februari 2011 yang lalu, Nova diajak ayahnya melihat konser musik yang menampilkan bintang tamu penyanyi idolanya, Kris Dayanti. Nova kagum dengan penampilan dan aksi panggung sang idola. Sampai-sampai ia tak sabar untuk segera menulisnya dalam buku harian.
Penulisan buku harian yang paling ekspresif sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ...
a. Sabtu, 14 Februari 2011. Nova terkagum-kagum dengan penampilan dan aksi panggung penyanyi idolanya, Kris Dayanti, dalam sebuah konser musik yang ditontonnya. Maka ia segera menulis pengalaman itu dalam buku hariannya.
b. Sabtu, 14 Februari 2011. Aku diajak melihat konser musik. Bintang tamunya Kris Dayanti, penyanyi idolaku. Aku kagum dengan penampilannya. Maka tak sabar segera kutulis buku harian ini ia tahu bahwa aku mengidolakannya.
c. Sabtu, 14 Februari 2011. dalam sebuah konser musik, Kris Dayanti tampil memikat di panggung sebagai bintang tamu. Semua orang terkesima melihat penampilan dan aksi panggungnya. Termasuk juga aku yang sangat mengidolakannya.
d. Sabtu, 14 Februari 2011. Wow, betul-betul hebat! Beruntung aku berkesempatan melihat penampilan dan aksi panggung penyanyi idolaku, juga idola semua orang. Siapa lagi kalau bukan Kris Dayanti, Sang Diva Indonesia.

7. Ketika ulangan matematika Bejo merasa sangat malu. Betapa tidak, ia dimarahi Bu Ida gara-gara ketahuan meminta jawaban teman. Bahkan saat ulangan dibagikan ia mendapatkan nilai yang sangat jauh dari harapan.
Kalimat yang tepat ditulis dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
a. Sedih, sungguh aku merasa sedih, aku berjanji tak akan mengulangi lagi
b. Sial, nasib memang tidak berpihak padaku, aku sangat kecewa
c. Nilai tak bagus tak apa-apa, yoh aku akan dapat memperbaikinya
d. Aku sangat jengkel, karena Bu Ida marah-marah padaku

8. Pada hari Senin 19 Januari 2011, kamu ditunjuk menjadi petugas pengibar bendera. Kamu dapat melaksanakannya dengan baik dan mendapat pujian teman-temanmu.
Catatan buku harian yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
a. Senin, 19 Januari. Hari ini aku senang sekali. Pagi tadi aku ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara sebagai pengibar bendera. Aku dapat melaksanakan dengan baik. Guru-guru juga memuji kemampuanku.
b. Senin, 19 Januari 2011. hari ini aku senang sekali. Pagi tadi aku ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara, sebagai pengibar bendera. Aku dapat melaksanakan dengan baik. Teman-temanku juga memuji kemampuanku.
c. Hari ini aku senang sekali. Aku ditunjuk menjadi salah satu petugas pengibar bendera. Aku dapat melaksanakannya dengan baik, teman-temanku juga memujiku.
d. Alangkah senangnya hari ini. Pada hari senin ini aku ditunjuk menjadi salah satu petugas pengibar bendera. Kami dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-teman kami juga memujiku.

9. Setelah melihat hasil nilai rapornya, Joko merasa sedih. Betapa tidak, ia berharap mendapat nilai tertulis di rapor karena ia merasa terpandai di kelasnya. Akan tetapi, yang tertera justru angka 67, lebih satu angka di atas KKM.
Dari ilustrasi di atas kalimat buku harian Joko yang paling tepat adalah … .
a. Ah, biasa saja angka 67 kan sudah lebih dari KKM.
b. Aku sedih, menangis sejadi-jadinya nilai yang kudambakan tidak kudapat.
c. Aku merasa pandai kenapa hanya mendapat nilai jelek.
d. Aku harus lebih giat lagi belajar.

10. Pada hari Selasa, 10 Maret 2011, aku tidak mengerjakan PR Matematika karena lupa. Selain itu, karena aku mengantuk malam itu. Guru yang mengajar Matematika sangat disiplin. Siswa yang tidak mengerjakan PR disuruh mengerjakannya di lapangan upacara. Aku malu sekali saat itu.

Tulisan di buku harian yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
a. Aku disuruh mengerjakan PR Matematika di lapangan upacara karena lupa tidak mengerjakan PR.
b. Selasa, 10 Maret 2011 aku malu sekali disuruh mengerjakan PR Matematika di lapangan upacara.
c. Aku sangat malu pada saat pelajaran Matematika karena lupa tidak mengerjakan PR.
d. Pada hari Selasa, 10 Maret 2011 aku lupa tidak mengerjakan PR Matematika.

MENULIS RANGKUMAN
Rangkuman atau ikhtisar merupakan ringkasan dari suatu uraian. Rangkuman bentuknya singkat. Dalam suatu paragraf, rangkuman atau ikhtisar dapat diperoleh dari gagasan utamanya tanpa mengubah isinya.
Cara membuat rangkuman dari suatu bacaan
1. Tentukan gagasan utama dari setiap paragraf yang ada.
2. Abaikan gagasan-gagasan yang bersifat penjelasan.
3. Gabungkan gagasan-gagasan utama tersebut dalam kalimat-kalimat yang sesuai. Rangkuman yang pendek dari beberapa paragraf dapat dibuat dalam satu atau lebih kalimat.
Contoh:
Makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah jenis makanan yang berkualitas. Ini berarti kita harus mengkonsumsi cukup sayuran dan buah-buahan. Membatasi mengkonsumsi protein hewani, serta mengurangi konsumsi gula dan cemilan yang manis-manis.
Anda juga perlu memastikan tubuh Anda cukup mengkonsumsi vitamin yang larut dalam lemak seperti A, D, E, dan K. Vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Gagasan utama paragraf1: makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah makanan berkualitas.
Gagasan utama paragraf 2 : vitamin dan mineral penting untuk kekebalan tubuh.
Rangkuman : makanan yang berkualitas, vitamin, dan mineral dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Wisatawan mancanegara dan domestik mengeluhkan sikap pedagang asongan yang agresif di sekitar kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Padahal, Candi Borobudur sedang dipersiapkan untuk menjadi kawasan strategis nasional
Sejak wisatawan turun dari kendaraan di lokasi parkir, mereka langsung diserbu pedagang asongan. Seperti yang terlihat pada siang itu, ada beberapa pedagang cenderamata yang menawarkan dagangannya di pintu masuk. Di pintu keluar lebih parah lagi. Pedagang cenderamata langsung menawarkan barang dagangannya kepada para wisatawan yang keluar dan terus mengikutinya hingga puluhan meter.

1. Rangkuman yang tepat untuk teks tersebut adalah ....
a. Wisatawan kurang nyaman berada di kawasan Candi Borobudur yang dipersiapkan menjadi kawasan strategis nasional. Kekurangnyamanan tersebut disebabkan sikap pedagang asongan yang agresif, baik di pintu masuk maupun pintu keluar.
b. Wisatawan kurang nyaman berada di kawasan Candi Borobudur yang dipersiapkan menjadi kawasan strategis nasional. Kekurangnyamanan tersebut disebabkan sikap pedagang asongan yang terus mengikuti hingga puluhan meter.
c. Wisatawan kurang nyaman berada di kawasan Candi Borobudur yang dipersiapkan menjadi kawasan strategis nasional. Kekurangnyamanan tersebut disebabkan sikap pedagang asongan yang menawarkan barang dagangan di pintu masuk.
d. Wisatawan kurang nyaman berada di kawasan Candi Borobudur yang dipersiapkan menjadi kawasan strategis nasional. Kekurangnyamanan tersebut disebabkan sikap pedagang yang menawarkan dagangan di pintu keluar, baik perorangan maupun kelompok.

Kita mungkin sudah mengenal produk tisu. Bahkan, untuk sebagian orang tisu adalah produk yang sangat penting karena fungsinya yang sangat praktis dan mampu membersihkan kotoran ringan secara cepat. Kebutuhan terhadap tisu semakin bertambah bagi orang tua yang memiliki buah hati yang masih kecil.
Tisu yang berkualitas tinggi terbuat dari bubur kertas murni, sehingga lebih lembut dan kuat jika dibandingkan dengan produk tisu daur ulang. Tisu yang berkualitas tinggi diproses dalam suhu tinggi (lebih dari 500 derajat Celsius). Oleh karena itu, tisu ini terbebas dari kuman penyakit.
Oleh karena fungsinya yang sangat beragam, kita dapat menempatkan tisu di ruang makan, ruang kerja, ruang tamu, dan tempat-tempat lain. Tidak mengherankan jika kebutuhan tisu di kalangan masyarakat, khususnya di perkotaan, terus meningkat secara signifikan.

2. Paragraf berikut merupakan rangkuman teks tersebut, kecuali ....
a. Tisu bagi sebagian orang merupakan produk yang sangat penting karena fungsinya yang sangat praktis, apalagi bagi mereka yang mempunyai buah hati yang masih kecil. Tisu yang bagus terbuat dari bubur kertas murni dan bebas dari kuman penyakit. Tisu dapat ditempatkan di mana saja, misalnya di ruang tamu.
b. Tisu bagi sebagian orang merupakan produk yang sangat penting, apalagi bagi mereka yang mempunyai buah hati yang masih kecil. Tisu yang bagus terbuat dari bubur kertas murni dan bebas dari kuman penyakit. Tisu dapat ditempatkan di mana saja, misalnya di ruang kerja.
c. Tisu bagi semua orang merupakan produk yang sangat penting karena fungsinya yang sangat praktis, apalagi bagi mereka yang mempunyai buah hati yang masih kecil. Tisu yang bagus terbuat dari bubur kertas murni dan bebas dari kuman penyakit. Tisu dapat ditempatkan di mana saja, misalnya di ruang kerja.
d. Tisu bagi sebagian orang merupakan produk yang sangat penting karena fungsinya yang sangat praktis, apalagi bagi mereka yang mempunyai buah hati yang masih kecil. Tisu yang bagus terbuat dari bubur kertas murni dan bebas dari kuman penyakit. Tisu dapat ditempatkan di mana saja, misalnya di ruang makan.

Junk food diartikan sebagai makanan sampah atau rongsokan, artinya tidak mengandung zat gizi atau yang dianggap tidak mempunyai nilai gizi yang baik, dan tidak bermanfaat bagi tubuh. Lebih dari itu jenis makanan tersebut merugikan kesehatan. Golongan makanan junk food antara lain makanan siap saji, antara lain ayam goreng dengan kulit, hamburger, pizza, kentang goreng bermentega, keripik kentang berkeju, biskuit-biskuit manis dan gurih, dan minuman ringan bersoda.
Makanan-makanan tersebut di atas mengandung tinggi lemak, kalori, garam dan gula sederhana yang sangat berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan. Juga dikhawatirkan penyebab penyakit degeneratif di antaranya obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, jantung koroner, strok, kanker dan lain - lain. Jadi di balik makanan yang lezat dan gurih, mengintai bahaya berbagai penyakit.

3. Rangkuman bacaan di atas yang tepat adalah … .
a. Junk food merupakan jenis makanan yang merugikan kesehatan, apabila dikonsumsi berlebihan dan ditakutkan penyebab timbulnya berbagai penyakit.
b. Junk food adalah makanan siap saji, praktis dimasak dan makanan tersebut sangat lezat, gurih dan baik untuk kesehatan.
c. Pizza dan hamburger merupakan makanan yang tidak memiliki nilai gizi yang baik, tetapi banyak disukai orang karena gurihnya.
d. Makanan siap saji tidak bermanfaat bagi tubuh. Makanan tersebut bila diolah kembali dapat dikonsumsi dan menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

Pascabencana banjir, warga yang tinggal di kawasan banjir diharap tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah. Karena seusai banjir, seringkali penyakit gatal dan muntaber mulai menyerang.
Selepas bencana banjir penyakit yang sering muncul adalah gatal-gatal, muntaber, demam, tenggorokan gatal maupun demam berdarah. Penyakit itu menyerang karena warga yang tempat tinggalnya tergenang , kurang menjaga kebersihan rumah dan lingkungan di mana mereka menetap.

4. Rangkuman bacaan tersebut adalah … .
a. Pascabanjir warga harus waspada, karena banjir sewaktu-waktu akan datang lagi.
b. Selepas banjir warga harus memperhatikan kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai macam penyakit
c. Pascabanjir diharapkan warga rajin membersihkan gorong-gorong agar tidak terjadi banjir susulan.
d. Selepas bencana banjir warga mengadakan kerja bakti terutama bagi rumah yang masih tergenang air.

Ingat Marie-Louise Meilleur? Dia dikenal sebagai orang tertua di dunia, enam tahun silam ia meninggal dalam usia 122 tahun. Ketika usianya sudah seabad lebih, dia masih tetap energik. Malah di usia 100 tahun ia masih bisa mengayuh sepeda mambuat CD rap 21 tahun kemudian.
Orang-orang berumur panjang seperti Meilleur biasnya ditemukan di areal geografis agraris yang terisolasi. Seperti mereka yang tinggal di Hunzakat, utara Pakistan dan para pengelana gunung Turki. Sebagian mereka adalah vegetarian.
Keuntungan mengkonsumsi sayuran didukung fakta ilmiah. Riset yang dilakukan di Skandinavia membuktikan selama perang dunia ke II berlangsung, warga Skandinavia dilarang mengkonsumsi daging. Seiring dengan berlakunya aturan itu, tingkat kematian pun turun.

5. Rangkuman yang tepat untuk kutipan teks tersebut adalah...
a. Kalau kita ingin hidup lebih lama sebaiknya mengkonsumsi sayur-sayuran seperti yang dilakukan oleh Marie Louise Meilleur.
b. Marie Louise Meilluer adalah manusia tertua di dunia yang meninggal dalam usia 122 tahun. Ia hidup di daerah geografis, ia panjang usia karena ia seorang vegetarian.
c. Mengkonsumsi sayur-sayuran atau menjadi vegetarian lebih baik daripada mengkonsumsi daging karena dapat memperpanjang usia hidup.
d. Hasil riset yang pernah dilakukan bahwa mengkonsumsi sayuran dapat memperpanjang masa hidup manusia seperti Marie Louise Meilluer 122 tahun. Ia adalah seorang vegetarian.


Perkembangan masalah narkoba di tanah air dalam tahun-tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang sangat tajam. Data yang kami dapatkan dari Badan Koordinasi Penanggulangan Narkotika atau Bakorlantik menyebutkan di samping jumlah pemakai yang meningkat tajam, jenis dan jumlah kejahatan yang terkait dengan narkoba terus berkembang, pemakainya pun sudah sangat bervariasi.
Kalau dulu narkoba hanya dipakai oleh orang-orang frustasi dan pemuda-pemuda berandalan, sekarang telah merambah kepada orang-orang yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Tokoh-tokoh, ibu rumah tangga, sampai remaja. Bukan hanya keluarga berantakan, tetapi juga keluarga yang harmonis. Bukan hanya kota-kota besar, tetapi juga merata ke pedesaan. Pendeknya ke seluruh Indonesia.
Penggunanya, pengguna narkoba yang sampai pada titik pemadat, bukan hanya mati akhirnya, tetapi sebelum mati mengalami kesakitan yang luar biasa. Berupa cara berpikir, sikap mental, dan perilaku. Sifatnya berubah asosial, psikopat, egois, suka berbohong, gemar menipu, jahat, membunuh bukan halangan. Itu semua karena tuntutan kebutuhan Narkoba.

6. Rangkuman untuk artikel di atas adalah ….
a. Perkembangan masalah narkoba di tanah air mengalami peningkatan yang begitu drastis dari tahun sebelumnya
b. Tuntutan kebutuhan narkoba membuat seseorang berubah sifatnya menjadi asosial, psikopat, egois, suka berbohong, gemar menipu, jahat, membunuh bukan halangan
c. Pemakaian narkoba semakin menjadi-jadi di Indonesia Banyak kejahatan terjadi karena narkoba.Mencuri, mencopet, dan menodong bukan halangan bagi pemakai narkoba
d. Jumlah pemakai narkoba dan jenis serta junlah kejahatan di tanah air meningkat tajam. Penggunanyapun sangat bervariasi tidak hanya orang-orang frustasi, tetapi masuk ke tokoh-tokoh dan ibu rumah tangga. Penggunaan narkoba disamping berdampak pada kematian juga menyebabkan perubahan pada cara berpikir,sikap mental dan perilaku ke arah negatif

Menjelang liburan Tahun Baru umumnya keluarga sudah membuat persiapan. Apalagi sudah memiliki rencana untuk berlibur bersama keluarga, baik ke luar kota maupun ke luar negeri. Perlu diingat bahwa sebuah perjalanan jauh memerlukan stamina tubuh yang prima. Karena itu sebelum berangkat sebaiknya lebih memperhatikan kondisi tubuh dengan pola makan dan pola hidup yang sehat.
Mendekati saat berangkat, buatlah persiapan yang matang, terutama jika memiliki penyakit kronis sehingga harus minum obat tertentu. Bawalah obat dalam jumlah yang cukup, apalagi jika tak yakin bisa membelinya diperjalanan atau tempat berlibur.

7. Rangkuman yang tepat bacaan tersebut adalah …
A. Perlu diingat jika melakukan perjalanan jauh diperlukan makanan dan obat-obatan bagi
anggota keluarga, apalagi jika ada diantara keluarga yang mempunyai penyakit kronis.
B. Persiapan menjelang liburan dengan rencana perjalanan jauh memerlukan stamina tubuh
yang prima dan persiapan obat-obatan yang cukup bagi yang berpenyakit kronis.
C. Pemanfatan waktu liburan untuk melakukan kegiatan memerlukan kondisi tubuh yang
sehat dengan makan makanan yang bergizi dan minum obat-obatan yang diperlukan.
D. Persiapan membawa obat-obatan bagi yang menderita penyakit tertentu menjadi
perhatian ketika libur menjelang Lebaran, Natal, dan Tahun Baru ke luar kota maupun ke
luar negeri.

Waktu adalah anugerah yang sangat berharga, jauh lebih bernilai dibandingkan materi sebesar apapun. Demikian pentingnya waktu yang tak lain adalah nasib dan kehidupan kita sendiri. Bila kita menyai-nyiakan waktu, sama seperti kita mematikan masa depan dan membunuh dirii sendiri secara perlahan. Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu hanya untuk tujuan-tujuan yang positif.

8. Rangkuman bacaan di atas adalah …
a. Menyia-nyiakan waktu sama dengan mematikan masa depan.
b. Waktu tak akan pernah kembali sehingga tidak boleh disia-siakan.
c. Waktu adalah anugerah berharga sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.
d. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin adalah bagian dari mensyukuri hidup.

Langkah rasional untuk menanggulangi kegemukan adalah dengan mengatur antara asupan dengan keluaran kalori setiap hari. Begitu juga mengurangi asupan energi dan atau memperbesar jumlah kalori yang dikeluarkan lewat olahraga.
Diet rendah kalori dengan gizi seimbang merupakan salah satu diet yang cukup efektif dan banyak dilakukan lembaga program perampingan. Dengan diet ini pembakaran lemak tubuh meningkat tanpa mengganggu simpanan protein. Kelebihan lain tidak mengakibatkan pelaku diet mengalami defisiens vitamin-mineral. Khususnya yang bisa menimbulkan anemia. Batasan asupan kalorinya antara 900 kalori dan 1.100 kalori per hari.

9. Rangkuman yang tepat dari teks di atas adalah …
a. Untuk mengatasi kegemukan harus diatur antara masukan dan keluaran kalori. Diet rendah kalori dan gizi seimbang dapat membakar lemak. Diet ini tidak menimbulkan anemia.
b. Untuk mengatasi kegemukan harus dilakukan diet teratur. Diet rendah kalori dan gizi seimbang dapat membakar lemak dan menimbulkan anemia.
c. Untuk mengatasi kegemukan hendaknya diatur antara masukan dan keluaran kalori. Diet dapat mengatasi rendah kalori dan gizi seimbang yang membakar lemak. Diet ini biasanya menimbulkan anemia.
d. Untuk mengatasi kegemukan biasanya orang melakukan diet. Diet rendah kalori dan gizi seimbang dapat membakar lemak tubuh. Diet ini dapat menimbulkan defisiens vitamin.


Musik berirama dangdut banyak penggemarnya dewasa ini jenis music tersebut tidak hanya disenangi masyarakat pedesaan tetapi juga oleh masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu tidaklah berlebihan bila semua stasiun televise yang ada di negeri ini memprogramkan paket khusus penayangan musik berirama dangdut meskipun dengan jam tangan yang berbeda-beda. Banyak pengusaha rekaman memanfaatkannya.

10. Rangkuman yang tepat paragraph di atas adalah ….
a. Musik dangdut digemari berbagai kalangan, sehingga diprogramkan semua stasiun televise
b. Kini pengemar musik dangdut tidak hanya masyarakat pedesaan tetapi juga masyarakat pedesaan
c. Musik dangdut berkembang pesat berkat pengusaha rekaman
d. Masyarakat pada umumnya senang akan tayangan music dangdut

MENYUSUN PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU
1. Urutan petunjuk mengerjakan soal Ujian Nasional yang tepat adalah….
a. 7,1,2,3,4,5,6 b.7,2,1,4,3,5,6 c.7,1,2,3,5,6 d. 7,4,1,2,3,5,6

1. Mengambil formulir ( slip ) penyetoran uang
. 2. Menyetorkan uang kepada teller serta menyerahkan buku tabungan
3. Mengisi formulir ( slip ) penyetoran uang
4. Menyerahkan formulir ( slip ) penyetoran uang.
5. Menunggu giliran di panggil oleh teller ( petugas )
6. Mengambil buku tabungan yang telah diisi oleh teller ( petugas )

2. Urutan petunjuk menabung uang di bank yang benar adalah….
a. 5,1,3, 2,4,6 b.1,3,4,2,5,6 c.1,2,3,4,5,6 d. 5,4,2,3,6,1

(1) Tambahi sedikit air, aduk rata.
(2) Ambil segelas beras ketan, rendam 20 menit.
(3) Beri perasan dua buah jeruk nipis.
(4) Tumbuk dan ayak sampai halus.
(5) Gunakan untuk masker menjelang tidur, biarkan semalam, paginya bersihkan dengan air dingin. Lakukan hal ini setiap hari.

3. Urutan kalimat petunjuk membuat ramuan antijerawat yang tepat adalah....
a. (2),(4),(3),(1),(5)
b. (2),(1),(3),(4),(5)
c. (4),(3),(1),(2),(5)
d. (4),(3),(2),(1),(5)

(1) Dengarkan bunyi nada panggil. Jika nomor yang dihubungi menerima panggilan akan langsung terdengar tanggapannya.
(2) Setelah muncul nama dan nomor yang dituju, tekan pilih atau tekan gambar telepon.
(3) Tekan tanda gambar telepon berwarna merah segera setelah selesai berbicara.
(4) Cari tanda gambar buku telepon, tekan pilih.
(5) Carilah nama yang dituju dengan menekan huruf awal nama yang dituju.
4. Urutan kalimat petunjuk menggunakan telepon genggam yang tepat adalah...
a. 1,2,3,4,5 c. 4,5,2,1,3
b. 4,5,1,2,3 d. 1,2,4,5,3

(1) Ungkapkan salam dengan hormat kepada tuan rumah!
(2). Apabila sudah dipersilakan duduk, duduklah dengan sopan di tempat yang sudah tersedia!
(3). Jabatlah tangan tuan rumah sebagai tanda persahabatan!
(4). Pencetlah bel rumah atau ketuklah pintu dengan sopan!
(5). Ucapkan terima kasih atas kesediaan tuan rumah untuk menerima kehadiran Anda!
(6). Jika hendak pulang, pamitlah dengan sopan!

5. Urutan petunjuk bertamu ke rumah teman yang benar adalah . . . .
a. 5 – 2 – 4 - 1 – 6 – 3
b. 4 – 1 – 3 – 2 – 6 – 5
c. 3 – 6 – 5 – 4 – 2 – 1
d. 1 – 4 – 3 – 2 – 5 – 6

6 . Berikut ini petunjuk untuk melakukan wawancara, kecuali ….
a. Hubungi nara sumber !
b. Catatlah pokok jawaban hasil wawancara!
c. Tentukan topik sebelum wawancara!
d. Cermati waktu bertamu!

Cara membuat tempe:
1.Cuci kedelai dengan cara diremas-remas, rebus hingga setengah matang!
2.Pilih jenis kedelai yang kuning mengkilat!
3.Masukkan kedelai yang telah diberi ragi kedalam kantong plastik!
4.Bersihkan kedelai yang setengah matang sampai kulit biji lepas dan masak lagi sampai kering!
5.Campur kedelai itu dengan benih jamur ( ragi)!
6.Setelah kurang lebih satu malam kedelai di tusuk-tusuk, biarkan sampai 36 jam dan tempe siap dikonsumsi!
7. Langkah-langkah cara membuat tempe yang tepat adalah...
a. 1-2-4-3-5-6 c. 2-1-4-5-3-6
b. 1-4-2-5-3-6 d. 2-1-4-3-6-5

Cara Memakai Bedak Dingin
(2) Bersihkan wajah dengan air hangat!
(3) Kemudian ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan!
(4) Keringkan dengan handuk lembut!
(5) Ratakan bedak agar tidak terkesan coreng-moreng!
(6) Lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin!
(7) Setelah itu, oleskan pada wajah dan leher sampai mengering!

1. Urutan petunjuk berdasarkan urutan yang tepat adalah….
a. (1) – (2) – (3) – (4) – (5) – (6)
b. (1) – (2) – (6) – (5) – (3) – (6)
c. (1) – (3) – (2) – (5) – (6) – (4)
d. (1) – (3) – (4) – (5) – (6) – (2)

Perhatikan kalimat petunjuk berikut!
(1) Menyerahkan formulir pendaftaran kepada petugas loket untuk diseleksi.
(2) Meminta formulir pendaftaran siswa baru.
(3) Melakukan daftar ulang
(4) Mengikuti seleksi siswa baru.
(5) Mengisi formulir pendaftaran tersebut.
(6) Melihat pengumuman hasil tes.

2. Urutan kalimat petunjuk seleksi siswa baru yang tepat adalah….
A. (2) (5) (1) (4) (6) (3) C. (2) (5) (3) (4) (6) (1)
B. (2) (5) (1) (4) (3) (6) D. (2) (5) (4) (6) (1) (3)

(1) Masukkan ke lemari pendingin, setelah dingin siap disajikan.
(2) Setelah 1 jam direndam, pepaya dicuci dan tiriskan.
(3) Sementara itu, buatlah larutan gula dalam air mendidih, tambahkan cabai halus, garam, cuka, dan natrium benzoat.
(4) Kupas pepaya, buang bijinya dan potong-potong tipis sesuai selera.
(5) Lalu pepaya yang sudah ditiriskan, direndam dalam larutan gula selama 2 malam supaya meresap.
(6) Rendam dalam campuran air dengan kapur sirih selama 1 jam.

3. Petunjuk membuat asinan pepaya yang tepat adalah ....
a. 4, 6, 2, 3, 5, 1
b. 4, 6, 1, 3, 2, 5
c. 4, 3, 5, 6, 1, 2
d. 4, 3, 6, 5, 2, 1

MENULIS TEKS PIDATO
1. Acara ini sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas siswa. Di samping itu, kalian diharapkan memiliki keterampilan yang bermanfaat agar supaya dapat berkompetisi di masyarakat.
Perbaikan bagian kalimat teks pidato bercetak miring tersebut adalah...
a. kalian diharapkan memiliki keterampilan yang bermanfaat.
b. kalian diharapkan memiliki keterampilan yang bermanfaat agar dapat berkompetisi di masyarakat.
c. kalian diharapkan memiliki keterampilan supaya dapat berkompetisi.
d. kalian memiliki keterampilan bermasyarakat.

2. Febian terpilih menjadi ketua OSIS periode 2008/2009 melalui pemilihan yang dilaksanakan tanggal 1 November 2008 yang lalu. Febian diberi kesempatan untuk memberikan sambutan atas terpilihnya dia sebagai ketua OSIS.
Isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah...
a. Puji syukur ke hadirat Tuhan atas rahmat-Nya kepada kita semua. Juga terima kasih saya sampaikan kepada panitia atas kesempatan yang diberika kepada saya untuk menyampaikan pidato secara singkat.
b. Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman, atas kepercayaan yang diberikan kepada saya, sehingga saya terpilih sebagai Ketua OSIS periode tahun 2008/2009. Suatu kehormatan yang besar karena kepercayaan ini. Saya mengharapkan dukungan teman-teman agar program program yang akan kita laksanakan dapat berjalan dengan sukses.
c. Demikianlah sambutan saya. Saya mohon maaf sekiranya dalam bertutur kata ada salah kata yang tanpa saya sengaja. Sekali lagi besar harapan saya, semoga teman-teman pengurus OSIS selalu bersemangat dalam melaksanakan program-program yang akan datang.
d. Demikianlah, Wassalamualaikum Wr. Wb. Hidup OSIS SMP Nusa Bangsa.

3. Mengapa membuang sampah sembarangan menjadi masalah?Sangat jelas sekali bahwa membuang sampah sembarangan akan berdampak buruk terhadap lingkungan bahkan juga terhadap kesehatan pula.

Perbaikan kalimat teks pidato bercetak miring tersebuat adalah...
a. Membuang sampah sembarangan akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan.
b. Jelas sekali membuang sampah sembarangan tidak mengganggu kesehatan.
c. Sampah tidak akan menjadi masalah bagi lingkungan.
d. Kualitas hidup kita ditentukan oleh sampah.

4. Hadirin yang saya hormati, dunia pendidikan di negeri ini harus berubah.
Perubahan itu harus kita mulai dari diri sendiri. Sebagai seorang guru, kita
bukanlah sumber yang serba tahu. Oleh karena itu, tempatkanlah siswa sebagai
subjek dalam pengajaran dan bukan sebagai objek. Ciptakanlah suasana kelas
yang nyaman. Tidak boleh ada lagi kekerasan dalam pendidikan.
Sekarang ini, dengan adanya tunjangan sertifikasi guru, kita adalah tenaga
profesional yang tentunya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang
berkualitas. Marilah kita tunjukkan bahwa kita adalah tenaga profesional yang
andal.

Isi petikan pidato tersebut adalah ....
a. Ajakan kepada guru sebagai tenaga profesional yang serba tahu
b. Ajakan kepada guru untuk menjadi tenaga profesional yang andal
c. Ajakan kepada guru untuk tidak melakukan kekerasan
d. Ajakan kepada guru untuk menjadi yang serba tahu


5. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia-
Nya kepada kita. Kita patut berbahagia karena pada hari ini, acara pentas seni
dapat terlaksana.
....
Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar. Sebagai ketua penyelenggara,
saya mohon maaf jika dalam acara ini masih terdapat banyak kekurangan. Terima
kasih.
Kalimat yang tepat untuk mengisi titik-titik pada pidato di atas adalah ....
a. Acara pentas seni ini akan berakhir pukul 14.00 WIB. Oleh karena itu, semua
peserta diharapkan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.
b. Tidak ada persiapan khusus untuk acara hari ini. Jika memang banyak
kekurangan dan kelemahan memang itulah adanya.
c. Atas nama panitia, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu suksesnya acara ini.
d. Mudah-mudahan acara ini menjadi acara wajib yang harus dilaksanakan setiap
tahun, begitulah aspirasi siswa.
. “Atas nama teman-teman kelas sembilan yang akan meninggalkan sekolah ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru atas bimbingan dan didikannya. Semoga Tuhan selalu memberikan karunia yang melimpah dan kami mohon maaf atas segala kesalahan. …. “

Kalimat yang digunakan untuk melengkapi penggalan pidato sambutan di atas adalah . . . .
a. Kami, siswa kelas sembilan yang lulus sangat berterima kasih.
b. Kami, siswa kelas sembilan yang lulus sekolah
c. Kami, siswa kelas sembilan tak akan melupakan SMP yang ditinggalkan.
d. Kami, siswa kelas sembilan yang lulus sekarang ini tidak akan melupakan jasa dan pengorbanan Bapak/Ibu guru.
6. Pada saat memperingatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-63 RI. Kepala Sekolah menyampaikan pidato. Dalam acara tersebut hadir guru beserta karyawan, seluruh siswa kelas VII, kelas VIII, dan IX.
Sapaan dalam mengawali pidato sesuai dengan illustrasi tersebut adalah . . . .
a. Bapak/Ibu guru dan karyawan yang saya banggakan
b. Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berbahagia
c. Bapak/Ibu guru dan karyawan yang kami mulyakan
d. Bapak dan Ibu yang saya hormati, anak-anak yang saya sayangi.


7 Ketua OSIS memberikan sambutan pada pembukaan rapat OSIS dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.
Pembukaan pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah........
a. Saudara-daudara pengurus OSIS yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME karena pada saat ini kita dapat berkumpul guna membahas rencana kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI.
b. Rekan-rekan pengurus OSIS yang saya hormati, kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME, karena pada saat kita dapat memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang sangat kita cintai ini.
c. Saudara-saudara sekalian, izinkan saya untuk mengulas sedikit pengorbanan para pejuang kita yang telah berhasil merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.
d. saudara-saudara, hari ini 17 Agistus negara kita terbebas dari tangan penjajah. Oleh karna itu, marilah kita berterima kasih kepada para apahkawan kita yang begitu gagah berani pantang menyerah dalam berjuang

8. Ilustrasi
Pada acara perpisahan di sekolah, Rosa mewakili teman-teman kelas IX menyampaikan pidato, perpisahan. Hadir pada acara itu orang tua siswa, kepala sekolah, guru-guru, dan semua siswa. Acara diselenggarakan secara resmi di aula sekolah.

Bagian teks pidato yang sesuai dengan ilustrasi adalah…
a. Tidak terasa tiga tahun telah berlalu. Suka dan duka telah kami alami di sekolah ini. Hari ini kita berkumpul dalam acara perpisahan, sebentar lagi kami akan meninggalkan sekolah yang kami cintai. Pada kesempatan yang baik ini kami atas nama teman-teman kelas IX mengucapkan rasa terima kasih yang tulus kepada Bapak dan Ibu guru yang tidak lelah membimbing kami menyelesaikan satu tahap jenjang pendidikan di sekolah ini. Mudah-mudahan ilmu yang telah Bapak Ibu guru berikan bermanfaat bagi kami. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua kami yang telah ikhlas membimbing dan membesarkan kami, sehingga kami bisa mendapat pendidikan yang utuh. Kepada adik-adik kelas VII dan VIII, Kakak pamit, keberhasilan dan kesuksesan semoga selalu ada pada kalian.
b. Kami tahu perjalanan kami masih panjang. Onak dan duri akan banyak kami lewati dalam perjalanan kami selanjutnya. Untuk itu kami mengharap doa dari Bapak Ibu Guru dan adik-adik, agar kami dapat menapaki kewajiban dan bagian-bagian hidup kami di sekolah yang lebih tinggi dengan selamat. Kami ingin mewujudkan cita-cita kami dengan iringan doa dari para Ibu Bapak Guru dan orang tua kami.
c. Bapak Ibu Guru yang saya hormati dan Adik kelas VII dan VIII yang saya sayangi.
Keberhasilan kami ini tidak mungkin terjadi tanpa bantuan, jerih payah, dan kerja keras Bapak Ibu Guru semua, juga dorongan dan pengorbanan orang tua. Oleh sebab itu, kami sampaikan rasa terima kasih. Tidak lupa saya ucapkan pula terima kasih yang tulus kepada panitia, yang telah berkerja keras dalam menyelenggarakan acar perpisahan ini. Pada kesempatan yang baik ini saya atas nama seluruh siswa kelas IX mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan yang kami perbuat selama ini.
d. Bapak Ibu Guru yang kami hormati dan adik-adik yang kami banggakan! Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih yang tulus kepada Bapak Ibu Guru yang dengan kerja keras mengantar keberhasilan kami. Demikian pula ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Adik-adik, dalam penyelenggaraan acara ini tentunya Adik-adik telah bekerja keras, mengorbankan tenaga, meluangkan waktu. Akhirnya, semoga Adik-adik selalu sukses dalam belajar dan menuntut ilmu di sekolah kita tercinta ini.

8. . Salam sejahtera untuk kita semua,
Bapak Kepala Sekolah serta Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, Bapak-bapak dan Ibu-ibu tamu undangan yang saya hormati serta rekan-rekan yang saya sayangi!
............................
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah ...
a. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan.
b. Pertama-tama saya memohon maaf bila ada kesalahan dalam pidato saya.
c. Dalam kesempatan ini perkenankan saya mewakili kawan-kawan saya di mimbar ini.
d. Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang keindahan belajar dalam ketertiban.

9. SMP Nusantara mengadakan kampanye antimerokok .Peserta kampanye itu adalah siswa ,ketua komite sekolah,kepala sekolah ,guru dan karyawan.Juru kampanye adalah ketua Ikatan Dokter Indonesia kebupaten setempat.
Isi teks pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
A.Hadirin,merokok sangat berbahaya .Merokok berarti mengisap lebih dari 40.000 partikel zat kimia berbahaya atau racun tersebut.Racun dalam rokok dapat mengakibatkan berbagai penyakit.Kanker saluran napas,bronchitis,bengek,gangguan jantung,dan stroke adalahsebagian penyakit akibat merokok.Orang yang merokok berarti dekat dengan berbagai penyakit yang menyeramkan tersebut,bahkan dekat dengan kematian.Apakah kita rela mati demi rokok?
B.Hadirin,dibandingkan Singapura,Indonesia ketinggalan 30 tahun dalam hal regulasi rokok..Di Singapura,iklan rokok dilarang sama sekali.Kawasan tanpa rokok diterapkam sangat ketat.Myanmar,negara yang konsumsi tembakaunya paling rendah di antara negara WHO Asia Timur Selatan,memungut pajak sebanyak 150 persen untuk tembakau dan 300 persen untuk rokok.Indonesia hanya 70 persen.
C.Hadirin,dari laporan Maret 2001 ,kaum wanita di Amerika berisiko meninggal karena rokok semakin meningkat.Rokok menjadi penyebab utama kanker paru-paru yang mengakibatkan kematian.Dari laporan,dapat disimpulkan,di Amerika yang peraturan tentang rokok sangat ketat,sampai dua tahun lalu ada 165.000 wanita meninggal akibat rokok.Penyebab utama kematian karena kanker paru-paru di Amerika adalah rokok.
D.Di Indonesia , setiap tahunnya sekitar 75.000 orang mati hanya karena merokok Berasarkan data konsultan Bank Dunia ,kadar tar dan nikotin yang diizinkan Indonesia paling tinggi di antara 62 negara yang disurvei.Saat negara-negara maju memperketat peraturan terhadap rokok dan masyarakatnya makin sadar akan bahaya merokok ,industrirokok multinasional mengganti sasaran pasarnya ke negara yang peraturannya masih lemah .Indonesia termasuk surga bagi industri rokok.

10. . Para hadirin ,banjir sudah menjadi langganan di daerah kita .Oleh karena itu,mari kita giat mengadakan penghijauan.Dengan demikian,air hujan dapat tersimpan kembali ke dalam tanah.
Perbaikan ,kalimat tidak efektif pada awal paragraf tersebut adalah…
A.Hadirin,banjir sudah menjadi langganan di daerah kita .
B.Hadirin sekalian,banjir sudah menjadi langganan di daerah kita.
C.Para hadirin sekalian,banjir sudah menjadi langganan di daerah kita
D.Hadirin dan hadirat , banjir sudah menjadi langganan di daerah kita.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...