Jumat, 06 Mei 2011

CARA MENULIS BAB IV (HASIL PENELITIAN)

Oleh : Farichin

bab IV penelitian tindakan kelas, berisi tentang hasil yang telah diperoleh saat pelaksanaan penelitian di kelas. Permasalahan yang telah diungkapkan di bagian pendahuluan sudah harus terjawab. Jawaban sebisa mungkin sesuai dengan kenyataan yang ada. Yang harus diubah dalam pikiran kita adalah persepsi tentang penelitian harus selalu berhasil. Apabila penelitian yang kita lakukan tidak sesuai dengan harapan, maka katakanlah tidak berhasil kemudian analisislah hal-hal yang menyebabkan ketidakberhasilan tersebut. Di samping itu, perlu juga disampaikan alasan mengapa penelitian tersebut dihentikan.
Pada bab IV PTK, berisi beberapa subbab. Subbab-subbab tersebut adalah:
A. Deskripsi Kondisi Awal
B. Deskripsi Siklus I
C. Deskripsi Siklus II, dst
D. Pembahasan Tiap Siklus dan antar Siklus
E. Hasil Penelitian

Untuk lebih jelasnya, marilah kita pahami bagian demi bagian subbab tersebut
DESKRIPSI KONDISI AWAL
Pada bagian ini diungkapkan hal-hal yang terjadi sebelum pelaksanaan penelitian dari awal sampai penentuan permasalahan atau judul.(silahkan baca posting tentang cara menentukan permasalahan pada blog ini juga). Isinya hampir sama dengan bagian kondisi nyata yang ada di latar belakang dan gambaran setting dan subjek penelitian yang ada pada bab metodologi. Yang perlu diingat, meskipun sama, kalimat yang diungkapkan harus berbeda karena ketiga bagian tersebut berada dalam bab yang terpisah. Pada bagian ini, bisa ditampilkan hasil dari kegiatan prapenelitian dalam bentuk grafik dan atau tabel. Sebagai gambaran kasar, perhatikan penggalan contoh berikut ini
Setting lokasi penelitian tindakan kelas ini adalah : Penelitian dilaksanakan di SMP negeri 2 Bojong dengan subyek siswa kelas VII yang terdiri dari 21 siswa putra dan 9 siswa putri, pada semester genap pelajaran bahasa ndonesia tahun ajaran 2009-2010.
Nilai rata rata kemampuan membaca cepat siswa sebelum dilaksanankan penelitian sebesar 5,10 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 15 %.
…..

Deskripsi siklus
Bagian ini berisi gambaran pelaksanaan siklus secara rinci. Diawali dari siklus pertama sampai siklus terakhir.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas di mana peneliti mengadakan kolaborasi dengan teman sejawat khususnya kolaborasi pada saat siklus berlangsung yaitu melaksanakan pengamatan secara bersama-sama.
Secara konkrit penelitian ini melaksanakan dua siklus di mana tiap siklus terdiri dari 4 tahap sebagai berikut :
a.Perencanaan
b.Pelaksanaan
c.Pengamatan
d.Refleksi

Siklus 1.
a.Perencanaan Tindakan
Langkah yang dilaksanakan meliputi
1. Membuat skenario pembelajaran dengan menerapkan metode latihan terstruktur
2. Menyiapkan teks-teks bacaan untuk praktek tiap tiap kelompok
3. Membentuk kelompok kelompok kecil untuk praktek membaca cepat dan saling mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman mereka tentang isi bacaan
4. Membuat lembar pengamatan untuk menamati kegiatan siswa
5. Menyiapkan soal tes utuk dikerjakan pada akhir sikus
………….


PEMBAHASAN TIAP SIKLUS DAN ANTAR SIKLUS.
Pada bagian ini deskripsikan hasil yang telah diperoleh pada pelaksanaan siklus secara urut dari siklus pertama samapai yang terakhir. Dalam pendeskripsian hasil, harus mengacu pada permasalahan penelitian yang telah dituliskan pada bab pendahuluan. (Baca cara menulis bab I Pendahuluan pada blog ini juga). Jangan lupa sertakan tabel dan garfik untuk mempermudah kita melihat perubahan hasil belajar siswa.
Pada bagian ini juga deskripsikan perubahan proses dan hasil belajar yang terjadi dari satu siklus dengan siklus sebelumnya. Misalnya gambarkan perubahan yang terjadi dari proses dan hasil antara prasiklus dengan siklus I, siklus I dengan siklus II, siklus II dengan siklus III dan seterusnya. Perubahan tersebut juga ditampilkan dalam bentuk grafik dan atau tabel.

HASIL PENELITIAN
Pada bagian ini deskripsikan keseluruhan perubahan proses dan hasil belajar selama pelaksanaan kegiatan dari prapenelitian sampai siklus terakhir. Jangan lupa lagi, sertakan deskripsi tersebut dalam bentuk grafik dan atau tabel untuk mempermudah pembaca memahami hasil penelitian secara cepat.

3 komentar:

  1. Trims bp telah menyumbangkan pikiran kepada sesama guru tentang tata cara penulisan Laporan PTK. Ada satu pertanyaan pada Bab IV Hasil Penelitian, mengapa masih menguraikan perencanaan dll, bukankah hal tsb sudah dituliskan di bab III? Apakah tidak sebaiknya di bab IV hanya memuat semua hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan 'tindakan' yang dipilih serta Pembahasannya?

    BalasHapus
  2. Itu saya adaptasi dari sistematika PTK LPMP Jateng. Logika begini, pada bab III langkah kegiatan masih bersifat umum untuk semua siklus. Namun pada bab IV langkah penelitian bersifat nyata sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. menurut sebagian besar teori, PTK minimal terdiri dari dua siklus. Siklus kedua ini merupakan bentuk penyempurnaan dari siklus sebelumnya. kelemahan yang terjadi pada siklus sebelumnya tersebut diperbaiki lagi sehingga dari perencanaan siklus pasti terdapat perbedaan.

    BalasHapus