Minggu, 01 Mei 2011

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BAB PENDAHULUAN PADA PTK

Setelah kita menemukan permasalahan penelitian (Baca bagian menentukan permasalahan penelitian) kini kita mulai membuat bab I atau bab pendahuluan. Bab pendahuluan pada Penelitian Tindakan Kelas atau PTK terdiri dari beberapa subbab. Subbab tersebut adalah
a. Latar Belakang
b. Identifikasi Masalah
c. Pembatasan Masalah
d. Perumusan Masalah
e. Tujuan Penelitian
f. Manfaat Penelitian
Untuk selanjutnya, marilah kita ulas bagian-perbagian dari bab pendahuluan tersebut.

Latar Belakang
Latar belakang adalah hal-hal yang melatarbelakangi suatu peneliti menentukan permasalahan penelitian. Yang harus diungkapkan dalam bagian latar belakang adalah
1. Deskripsikan data faktual yang menunjukan terjadinya masalah( kondisi awal ), tempat setting, serta pentingnya masalah itu segera dipecahkan dengan cara yang dilakukan. Hasil kajian dari kegiatan prapenelitian dapat diungkapkan di sini meskipun tidak terlalu mendetail.
2. Jelaskan kondisi awal baik yang menyangkut siswa maupun guru. Ingat berhasilnya proses pembelajaran ditentukan oleh siswa sebagai subjek didik dan guru sebagai pendidik. Sepandai apapun siswa tanpa didampingi oleh guru yang baik, hasilnya tidak akan maksimal. Demikian pula sebaik apapun guru tersebut, kalau siswanya tidak memiliki motivasi belajar, hasilnya juga tidak akan baik.
3. Deskripsikan apa yang menjadi harapan peneliti. Misalnya dengan penelitian yang akan dilakukan ini peneliti berharap proses pembelajaran lebih bagus; siswa lebih termotivasi dan aktif mengikuti Proses Belajar-Mengajar; hasil atau daya serap siswa meningkat yang pada akhirnya meningkat pula prestastasi belajar siswa.
4. Uraikan kesenjangan yang terjadi yang segera harus dipecahkan. Pada bagian ini digambarkan kondisi nyata yang hasilnya baik dengan kondisi ideal yang diharapkan berkaitan dengan permasalahan penelitian. Jelaskan pula apa yang akan terjadi apabila permasalahan tersebut tidak segera dipecahkan.
5. Menawarkan solusi/pemecahan masalah melalui penelitian. Solusi yang ditawarkan harus disertai dengan alasan mengapa solusi tersebut yang dipilih.
6. Jelaskan singkat langkah kongrit yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah penelitihan. Langkah-langkah konkret yang ditulis dalam bagian ini cukup pada inti kegiatan saja tanpa uraian yang mendetail. Uraian mendetail akan dijelaskan pada bagian yang lain.
Identifikasi Masalah
Yang dimaksud identifikasi masalah adalah menandai permasalahan-permasalah yang muncul berkaitan dengan masalah penelitian. Untuk membuat identifikasi masalah lakukan kegiatan berikut:
1. Cari dan temukan masalah masalah yang menyebabkan terjadinya kondisi awal
2. Masalah yang dimaksud adalah masalah yang berkait dengan kodisi siswa maupun guru
Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah adalah membatasi permasalahan-permasalahan yang muncul dalam proses identifikasi masalah. Pembatasan masalah dimaksudkan untuk membatasi variabel penelitain baik variabel X maupun variabel Y.

Perumusan Masalah
Setelah permasalahan dibatasi, maka tiba saatnya masalah dirumuskan. Beberapa rambu-rambu dalam merumuskan masalah adalah:
1. Dikembangkan dari identifikasi dan pembatasan masalah
2. Umumnya berbentuk kalimat tanya
3. Kalimat tanya yang diajukan mengacu ke masalah pokok
4. Kalimat tanya pada rumusan masalah nantinya harus dijawab. Jawaban pada perumusan masalah akan dilakukan dalam bagian hasil penelitian.
5. Kualitas penelitian sangat dipengaruhi oleh kualitas jawaban bukan hanya banyaknya rumusan masalah.
Contoh
Judul : Peningkatan Kompetensi Membaca Pemahaman Siwa Melalui Model Jigsaw Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojong Tegal
Rumusan Masalah
1. Seberapakah peningkatan Kompetensi Membaca Pemahaman Siwa Melalui Model Jigsaw Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojong Tegal?

Judul : Peningkatan kemampuan membaca cepat serta memahami isi bacaan siswa kelas … dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui metode latihan terstruktur
Rumusan Masalah
1. Apakah kemampuan membaca cepat serta memahami isi bacaan siswa kelas …dalam pelajaran bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melaui metode latihan terstruktur?

Tujuan Penelitian
Ungkapkan semua tujuan penelitian yang diinginkan peneliti. Namun, pada hakikatnya, tujuan penelitian itu sama dengan rumusan permasalahan. Bedanya adalah kalau rumusan masalah ditulis dalam kalimat pertanyaan, tujuan penelitian dibuat dalam kalimat pernyataan. Cara mudahnya adalah dengan menghilangkan kata tanya yang ada dalam rumusan masalah
Contoh
Rumusan Masalah
Apakah kemampuan membaca cepat serta memahami isi bacaan siswa kelas …dalam pelajaran bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melaui metode latihan terstruktur?
Tujuan :
Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca cepat serta memahami isi bacaan siswa kelas …dalam pelajaran bahasa Indonesia melaui metode latihan terstruktur.
Atau
Untuk mengetahui apakah metode latihan terstruktur dapat meningkatkan kemampun membaca cepat siswa kelas…

Manfaat Penelitian
Dalam penentuan manfaat penelitian, ungkapkan manfaat yang diperoleh dengan pelaksanaan penelitian tersebut sekurang-kurangnya bagi siswa dan guru. Kalau memungkinkan, unkapkan manfaat yang lainnya seperti bagi dunia keilmuan. Tulislah manfaat-manfaat tersebut secara terpisah setiap bagian kebermanfaatannya.
Contoh :
Bagi siswa
1. Mendorong siswa untuk menerapkan kemampan membaca cepat dalam upaya memahami isi bacaan.
2. Meningkatkan kompetensi membaca cepat siswa.
3. Meningkatkan prestasi belajar siswa.
Bagi guru
1. Memberi masukan kepada guru bahwa metode latihan terstruktur dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca cepat
2. dst



Selamat Mencoba, Kalau sudah selesai, baca juga bagaimana membuat landasan Teori dan Kerangka berpikir.
(FR)



Disarikan dari materi pelatihan Penulisan PTK LPMP Jateng dan beberapa pelatihan lainnya.

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...