Senin, 28 Mei 2012

MODEL PEMBELAJARAN


Model pembelajaran merupakan seperangkat proses pembelajaran yang berisi tentang inovasi metode pembelajaran. Dalam hal ini, guru sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran karena kreativitas guru dalam menciptakan proses pembalajaran yang menyenangkan sangat diperlukan. Penggunaan model pembelajaran berdasarkan pengertian ini untuk menghindari kebosanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Apabila guru memberikan sebuah pembelajaran yang monoton, tentu siswa akan merasa jenuh. Siswa yang tergolong kanak – kanak terkadang cepat merasa bosan, untuk itu model pembelajaran yang menyenangkan tentu bisa mengurangi tingkat kebosanan siswaPeran guru dalam mengatasi persoalan pembelajaran di kelas itu tergantung dari kreativitas guru dalam menyajikan materi berupa penggunaan pola, metode atau model pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran. dengan pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak tentunya akan memberikan hasil yang lebih baik.
Peran model pembelajaran sangat diperlukan karena model pembelajaran yang variatif sangat baik dikembangkan dan diterapkan dalam setiap pembelajaran. Hal ini dilakukan seiring dengan kompetensi, daya berfikir dan perkembangan siswa. namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan model pembelajaran di kelas. hal tersebut adalah:
1. Variasi. Variasi dalam pembelajaran yang tepat akan merangsang siswa untuk lebih bersemangat dan merasa mudah dalam menerima penjelasan terhadap materi – materi yang disampaikan. Dengan adanya model pembelajaran secara otomatis guru ikut terlibat dalam permasalahan yang dihadapi oleh siswa.
2. Kondisi Lingkungan Sekolah. Kondisi lingkungan juga mempengaruhi siswa dalam menerima materi. Contohnya didaerah pedalaman atau pedesaan, materi – materi yang disampaikan oleh guru belum sesuai dengan kondisi pengalaman dan lingkungan tempat mereka tinggal.
3. SDM. Sumber daya Manusia atau guru dalam suatu proses pembelajaran sangat menentukan apakah model pembelajaran yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik atau tidak. Suatu model yang bagus sekalipun apabila guru yang menjadi sutradara di dalam kelas tidak memahaminya, akan dapat mengakibatkan ketidakefektifan proses pembelajaran.
4. Bakat dan MInat Siswa agar model pembelajaran yang digunakan sesuai. kesesuaian model dengan bakat dan minat siswa akan lebih menjamin keberhasila pembelajaran.
Kegiatan belajar yang melahirkan interaksi unsur – unsur manusiawi adalah sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Guru dengan sadar mengatur lingkungan belajar agar bergairah bagi anak didik. Dengan seperangkat teori dan pengalaman yang dimiliki, guru harus mampu mempersiapkan program pengajaran dengan baik dan sistematis.
Salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah bagaimana memahami kedudukan model pembelajaran sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian dalam keberhasilan proses pengajaran khususnya bahasa inggris.
Model – model pembelajaran dalam ranah pendidikan sangat diperlukan karena guru memberikan pengetahuan melalui proses pembelajaran dan proses pembelajran tersebut membutuhkan model atau metode pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran adalah seperangkat proses pembelajaran yang akan dihasilkan dari proses pembelajaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar