Model
pembelajaran merupakan seperangkat proses pembelajaran yang berisi tentang inovasi metode pembelajaran. Dalam
hal ini, guru sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran karena kreativitas
guru dalam menciptakan proses pembalajaran yang menyenangkan sangat diperlukan. Penggunaan model pembelajaran berdasarkan pengertian ini untuk menghindari kebosanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Apabila guru memberikan sebuah pembelajaran yang monoton, tentu siswa akan
merasa jenuh. Siswa yang tergolong kanak – kanak terkadang
cepat merasa bosan, untuk itu model pembelajaran yang menyenangkan tentu bisa
mengurangi tingkat kebosanan siswa. Peran
guru dalam mengatasi persoalan pembelajaran di kelas itu tergantung dari
kreativitas guru dalam menyajikan materi berupa penggunaan pola, metode atau
model pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran. dengan pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak tentunya akan memberikan hasil yang lebih baik.
Peran
model pembelajaran sangat diperlukan karena model pembelajaran yang variatif
sangat baik dikembangkan dan diterapkan dalam setiap pembelajaran. Hal ini
dilakukan seiring dengan kompetensi, daya berfikir dan perkembangan siswa. namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan model pembelajaran di kelas. hal tersebut adalah:
1. Variasi. Variasi
dalam pembelajaran yang tepat akan merangsang siswa untuk lebih bersemangat dan
merasa mudah dalam menerima penjelasan terhadap materi – materi yang
disampaikan. Dengan adanya model pembelajaran secara otomatis guru ikut
terlibat dalam permasalahan yang dihadapi oleh siswa.
2. Kondisi Lingkungan Sekolah. Kondisi
lingkungan juga mempengaruhi siswa dalam menerima materi. Contohnya didaerah
pedalaman atau pedesaan, materi – materi yang disampaikan oleh guru belum
sesuai dengan kondisi pengalaman dan lingkungan tempat mereka tinggal.
3. SDM. Sumber daya Manusia atau guru dalam suatu proses pembelajaran sangat menentukan apakah model pembelajaran yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik atau tidak. Suatu model yang bagus sekalipun apabila guru yang menjadi sutradara di dalam kelas tidak memahaminya, akan dapat mengakibatkan ketidakefektifan proses pembelajaran.
4. Bakat dan MInat Siswa agar model pembelajaran yang digunakan sesuai. kesesuaian model dengan bakat dan minat siswa akan lebih menjamin keberhasila pembelajaran.
Kegiatan
belajar yang melahirkan interaksi unsur – unsur manusiawi adalah sebagai suatu
proses dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Guru dengan sadar mengatur
lingkungan belajar agar bergairah bagi anak didik. Dengan seperangkat teori dan
pengalaman yang dimiliki, guru harus mampu mempersiapkan program pengajaran
dengan baik dan sistematis.
Salah
satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah bagaimana memahami
kedudukan model pembelajaran sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian
dalam keberhasilan proses pengajaran khususnya bahasa inggris.
Model –
model pembelajaran dalam ranah pendidikan sangat diperlukan karena guru
memberikan pengetahuan melalui proses pembelajaran dan proses pembelajran
tersebut membutuhkan model atau metode pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran adalah seperangkat proses pembelajaran yang akan dihasilkan
dari proses pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar