Senin, 04 Februari 2013

KOMPONEN PENDIDIKAN

Pleh : Farichin KOMPONEN TERPENTING DALAM PENDIDIKAN Sistem pendidikan nasional memeliki beberapa komponen dasar. Komponen-komponen tersebut adalah (1) peserta didik, (2) Pendidik, (3) kurikulum, (4) Pendanaan, (5)Sarana dan prasarana pendidikan, (6) Menejemen, (7) Partisipasi masyarakat, dan (8)Pengendalian dan Pengawasan. Kedelapan komponen dalam sistem pendidikan nasional tersebut tidak dapat berdiri sendiri. Mereka saling terkait dan mendukung demi terwujudnya fungsi dan tujuan pendidikan nasional. Dalam UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dikatakan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Namundemikian, dari delapan komponen pendidikan tersebut, yang terpenting adalah yang terkait dengan sumber daya manusia baik dari komponen peserta didik maupun pendidik. Pendidikan tidak akan mungkin terjadi apabila tidak ada dua komponen tersebut. Syarat utama terjadinya proses pendidikan adalah adanya peserta didik yang menjadi subjek pembelajaran dan pendidik yang menjadi pelaksana kegiatan pembelajaran tersebut. Keterlibatan komponen lain di lauar peserta didik dan pendidik hanya berlaku pada pendidikan yang bersifat khusus. Pada pendidikan yang bersifat umum, ketiadaan komponen di luar peserta didik dan pendidik tidak akan mengganggu proses pendidikan. Sebagai contoh, orang tua menasihati anak-anaknya agar bersikap dan berperilaku sopan merupan suatu proses pendidikan. Saat terjadinya proses tersebut, tidak diperlukan kurikulum, dana, sarana dan prasarana, menejemen, partisipasi masyarakat, dan pengawasan pengendalian. Dalam lingkup pendidikan secara khusus, komponen SDM juga memegang peranan penting. Dalam pendidikan formal maupun nonformal, suatu lembaga pendidikan akan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran manakala di situ terdapat unsur peserta didik dan pendidik. Meskipun demikian, dalam kategori lingkup khusus, keberadaan komponen lain di luar komponen manusia masih sangat mempengaruhi keterlaksanaannya proses pembelajaran. Di samping hal-hal di atas, terdapat keunggulan lain dari komponen manusia dalam sistem pendidikan nasional terutama pada komponen pendidik. Keunggulan-keunggulan tersebut adalah: 1. Pendidik merupakan perancang suatu proses kegiatan pembelajaran. Pendidik yang baik akan dapat menciptakan proses pembelajaran yang baik yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. 2. Pendidik akan dapat dengan cepat mengubahsesuaikan keadaan yang disesuaikan dengan situasi tertentu. Konsep bersifat fleksibel sehingga apabila terjadi kejanggalan atau kelemahan proses pembelajaran, akan dapat dengan cepat diubah agar lebih sesuai dengan kondisi saat itu. Perubahan seluruh komponen pendidikan akan dapat dengan mudah disesuai oleh pendidik. 3. Pendidik bersifat progresif dalam artian mereka dapat dikembangkan menjadi lebih baik. Perubahan kebutuhan dan tuntutan keilmuan terkait dengan perubahan kebijakan pemerintah akan dengan cepat disesuaikan oleh komponen pendidik. Dari hal-hal di atas tampak jelas, bahwa komponen utama dari suatu sistem pendidikan adalah yang terkait dengan komponen sumber daya manusia. Dari sumber daya manusia yang ada dalam sistem pendidikan, peserta didik dan pendidik, pendidik memiliki peranan yang penting dan strategis untuk melaksanakan pendidikan ke arah yang lebih baik sesuai dengan harapan dan cita-cita nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar