Kamis, 31 Januari 2013
KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMA/MA
Oleh Farichin
menanggapi permintaan dari teman-teman tentang Kisi-kisi Bahasa Indonesia untuk Ujian Nasional th 2013, sekarang saya posting. semoga kisi-kisi Ujian nasional ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua. Oh, ya. Kisi-kisi ini saya buat format berbeda agar lebih mudah dalam postingnya. Ok, selamat belajar dan berkarya.
13. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
Membaca
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis/teks nonsastra dan nonteks (berbentuk grafik/tabel) artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks esai, biografi, pidato, dan berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif, eksposisi, dan persuasif).
INDIKATOR
1. Menentukan isi/fakta/opini/arti kata/kalimat, rangkuman suatu bacaan/teks.
2. Menentukan kalimat utama/ide pokok/ kalimat penjelas.
3. Menentukan isi dan simpulan grafik/tabel.
4. Menentukan persamaan topik/perbedaan aspek pembahasan dari dua artikel.
5. Menentukan isi/keteladanan/keistimewaan dalam teks biografi tokoh.
6. Menentukan masalah/tujuan penulis/opini penulis/keberpihakan dalam teks editorial.
7. Menentukan kalimat simpulan paragraf deduktif/induktif
Menulis
Mengungkapkan gagasan, pendapat, perasaan, informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, persuasif, teks pidato, artikel, proposal, surat dinas, surat dagang, surat lamaran pekerjaan, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepaduan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan menyunting berbagai jenis wacana tulis.
INDIKATOR
1. Melengkapi berbagai jenis paragraf (deskripsi/eksposisi/argumentasi/ persuasi/silogisme/analogi/generalisasi) dengan kalimat yang tepat.
2. Melengkapi teks dialog.
3. Menyusun paragraf padu
4. Menulis dan memperbaiki kalimat dalam surat lamaran pekerjaan.
5. Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif.
6. Menulis karya ilmiah (latar belakang/rumusan tujuan penulis/rumusan masalah)
Kebahasaan
Menerapkan berbagai komponenkebahasaan dalam berbagai bentuk tulisan.
INDIKATOR
1. Mengidentifikasi jenis-jenis frasa.
2. Mengidentifikasi jenis-jenis klausa.
3. Mengidentifikasi jenis-jenis kalimat.
4. Menentukan pola kalimat.
5. Menggunakan kata berimbuhan.
6. Mengidentifikasi berbagai jenis makna kata (konotasi/denotasi, luas, umum, khusus, gramatikal).
7. Mengidentifikasi berbagai kata yang mengalami perubahan/pergeseran makna (homonim/homofon/ homograf/polisemi/sinestesia/peyorasi/ameliorasi/katahias).
8. Menggunakan kata baku.
9. Menggunakan ragam bahasa resmi.
10. Menyusun paragraf padu (kohesi dan koherensi)
BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS)
Membaca
Memahami isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel teks nonsastra, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, biografi tokoh, serta berbagai bentuk dan jenis paragraf nonteks; memahami teks sastra berbentuk puisi lama, puisi baru, hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen, novel, dan drama.
INDIKATOR
1. Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas.
2. Menentukan isi paragraf: fakta, opini, pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan penulis, arti kata/istilah, isi biografi.
3. Menentukan opini penulis dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial.
4. Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram atau tabel.
5. Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu klasik/hikayat.
6. Menentukan unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik novel/cerpen/drama.
7. Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi.
8. Menentukan isi puisi lama, pantun, gurindam.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam berbagai jenis dan bentuk paragraf, teks pidato, surat resmi, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, kepaduan, ketepatan kalimat, penggunaan bahasa, diksi, struktur kalimat, dan ejaan; mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen, novel, drama, kritik, esai, dan resensi.
INDIKATOR
1. Menulis paragraf padu.
2. Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu.
3. Melengkapi teks pidato.
4. Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa.
5. Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf.
6. Menulis surat resmi.
7. Menyunting kalimat dalam surat resmi.
8. Menulis judul sesuai EYD.
9. Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan masalah).
10. Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan kata kias/berlambang/berima/bermajas).
11. Melengkapi dialog drama.
12. Menentukan kalimat resensi.
13. Menentukan kalimat kritik.
14. Menentukan kalimat esai.
SASTRA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
Membaca
Memahami pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan membaca cerpen, novel, drama, hikayat, dan puisi.
INDIKATOR
1. Mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen/novel/hikayat (watak tokoh/ pendeskripsian watak tokoh / kalimat pembuktian/ isi).
2. Menginterpretasi unsur ekstrinsik cerpen/hikayat (nilai moral/budaya/ agama/sosial).
3. Menganalisis unsur intrinsik cerpen/drama (penokohan/sudut pandang/isi bacaan/konflik).
4. Mengidentifikasi karakteristik hikayat.
5. Mengidentifikasi unsur intrinsik/ekstrinsik puisi/nyanyian (maksud/isi/amanat/makna lambang/ rima/majas/konotasi/nilai).
Menulis
Mengungkapkan pengalaman, pikiran, perasaan, dan informasi dalam puisi, cerpen, drama, hikayat; menulis esai dan kritik sastra, menulis aksara Arab Melayu, resensi.
INDIKATOR
1. Menulis kata/kalimat dalam aksara Arab Melayu ke dalam aksara latin atau sebaliknya.
2. Melengkapi larik/bait puisi/pantun dengan memperhatikan majas/diksi/rima.
3. Menuliskan maksud/isi puisi.
4. Melengkapi kutipan cerpen dengan kalimat yang sesuai (pelaku/peristiwa/ latar).
5. Memperbaiki kalimat yang tidak padu dalam cerpen.
6. Menyusun paragraf karya sastra sesuai urutan peristiwa.
7. Melengkapi dialog drama yang menggambarkan sifat/latar.
8. Menentukan kalimat kritik dan esai sastra.
9. Mengubah teks cerpen/novel/drama/hikayat menjadi teks lain.
Kesastraan
Mengapresiasi komponen-komponen kesastraan dalam penelaahan berbagai karya sastra.
INDIKATOR
1. Menentukan komponen kesastraan teks puisi (tema/amanat/makna/nilai-nilai/isi/majas/jenis).
2. Menentukan peribahasa dan ungkapan dalam kutipan novel/drama.
3. Menentukan komponen kesastraan teks naratif (tahapan alur/konflik/amanat, permasalahan).
4. Menentukan komponen kesastraan teks drama (tema/petunjuk/gaya bahasa)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar