Teman, teman guru, saat ini mulai diberlakukannya pengembangan profesi sebagai prasyarat untuk teman-teman yang akan mengajukan pangkat pada gol III dan IV. Pengembangan profesi terdiri dari pengembangan diri dan publikasi ilmiah. Salah satu syarat untuk publikasi ilmiah adalah seminasi hasil PTK bagi yang ingin mengajukan penilaian PTK (penelitian Tindakan Kelas). Kadang kita bingung, administrasi yang seperti apa yang dipersyaratkan. Setiap daerah pasti ada sedikit perbedaan dalam administrasi semianr PTK. Namun, berikut ini adalah contoh administasi seminar PTK yang mungkin dapat diajukan oleh guru yang mau mengajukan kenaikan pangkat. Format ini direkomendasikan oleh Bapak Uripto, S.Pd., M.Pd, salah satu tim penilai angka kredit di wilayah Kabupaten Tegal. Semoga administrasi seminar PTK ini dapat bermanfaat.
selamat berkarya!
BERITA ACARA PELAKSANAAN SEMINAR LAPORAN HASIL PENELITIAN
Pada hari ini :
Rabu
Tanggal :
25 Juni 2014
Pukul : 08.00 – 12.00 WIB
Bertempat di ruang : Ruang Multimedia
Bertempat di ruang : Ruang Multimedia
Pada Sekolah : UPTD SMP Negeri 2 Bojong, Kabupaten Tegal
Dengan alamat :
Desa
Danasari, Kecamatan Bojong, Kabupaten
Tegal
Nomor Telphon/Fax : -
e - mail : smp2bojong.tegal@gmail.com
Telah diselenggarakan acara Seminar Hasil Penelitian :
Dengan Judul : “Peningkatan Kompetensi Membaca
Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojong, Kab.Tegal Melalui Penggunaan
Model Jigsaw ”
Hasil Karya : Farichin, S.Pd.
NIP : 19700129 199702 1 001
Jabatan :
Guru
Pangkat/Golongan : Pembina / IVA
Tempat Tugas : UPTD SMP Negeri 2 Bojong
Alamat Rumah : Desa Danasari, Kec. Bojong, Kab. Tegal
Nomor Telphon/ HP : 0878 3021 7029
e - mail : farichin.farich@gmail.com
Pada Acara Seminar tersebut :
Sebagai Penyaji : Farichin, S.Pd.
Sebagai Moderator : Aji Susilo, S.Pd
Sebagai Pembahas : Sugiarto,S.Pd.
Susunan Acara Seminar : (a) Pembukaan, (b) Sambutan Kepala Sekolah,
(c) Sambutan Pengawas Sekolah, (d) Pemaparan Singkat Laporan Hasil
Penelitian Oleh Penyaji/ Penulis Laporan, (e) Tanggapan, pertanyaan, kritik/
saran, masukan dari Peserta Seminar dan Tanggapan dari Penyaji, (f) Penutup.
Jumlah Peserta yang Hadir : 21 orang (Daftar Hadir Terlampir)
Adapun Notulen Jalannya Acara Seminar, Print Out Bahan
Tayang Paparan Penyaji serta Foto Kegiatan Seminar sebagaimana terlampir dalam
Berita Acara ini.
Demikian Berita Acara ini dibuat dengan sebenarnya,
untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Tegal,
25 Juni 2014 Mengetahui
Kepala UPTD SMPN 2 Tarub Ketua Panitia Seminar
Sugiarto,S.Pd. Aji Susilo, S.Pd
NIP. 19570814
198601 1 002 NIP.
19800518
200501 1 012
DAFTAR HADIR ACARA PELAKSANAAN
SEMINAR
LAPORAN HASIL PENELITIAN
Dengan Judul : Peningkatan Kompetensi Membaca
Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojong, Kab.Tegal Melalui Penggunaan
Model Jigsaw ”
Hasil Karya : Farichin,S.Pd.
NIP : 19700129 199702 1 002
Jabatan :
Guru
Pangkat/Golongan : Pembina / IVA
Pada hari/ Tanggal :
Rabu, 25 Juni 2014
Pukul : 08.00 – 12.00 WIB
Bertempat di ruang :
Ruang
Multimedia
Pada Sekolah : UPTD SMP Negeri 2 Bojong
Dengan alamat :
Desa
Danasari, Kecamatan Bojong, Kabupaten
Tegal
Peserta yang hadir sbb. :
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Asal Sekolah/Instansi
|
Tanda Tangan
|
1.
|
Sugiarto,S.Pd.
|
Kepsek
|
SMP 2
Bojong
|
1.
2.
|
2.
|
Aji
Susilo,S.Pd.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
|
3.
|
Alen
Wibowo,S.Pd.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
3.
4.
|
4.
|
Nurhikmah,S.Pd.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
|
5.
|
Wahuri,S.Pd.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
5.
6.
|
6.
|
Kamilah,S.Pd.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
|
7.
|
Eli Puji
Rahayu,S.Pd.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
7.
8.
|
8.
|
Yuliastanti,S.Ag.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
|
9.
|
Nana
Shofiana,S.Pd.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
9.
10.
|
10.
|
Mastuti,A.Md.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
|
11.
|
Masduki,
S.Pd.Ing
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
11.
12.
|
12.
|
Herlina,S.Pd.I
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
|
13.
|
Siti
Anisah Susana,S.Pd.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
13.
14.
|
14.
|
Joko
Prabowo,S.Pd.
|
Guru
|
SMP 2
Bojong
|
|
15.
|
Abdul
Basit,S.Pd.I.
|
Guru
|
SMP 1
Bojong
|
15.
16.
|
16.
|
Mukhson,S.Pd
|
Guru
|
SMP 1
Bojong
|
|
17
|
Primus
Kurniawan,S.Pd.
|
SMP 3
Bumijawa
|
17
18
|
|
18
|
Tiah,S.Pd
|
SMP 1
Bumijawa
|
||
19
|
Tumaryati,S.Pd.
|
SMP Nurul Ulum Balapulang
|
19
|
|
20
|
Agus
Purwanto,S.Ag
|
SMP Nurul Ulum Balapulang
|
20
|
|
21
|
Ahamd
Fauzi,S.Pd.
|
MTs.Negeri
Bojong
|
21
|
Tegal, 25 Juni 2014 Mengetahui
Kepala UPTD SMPN 2 Tarub Ketua Panitia Seminar
Sugiarto,S.Pd. Aji Susilo, S.Pd
NIP. 19570814
198601 1 002 NIP.
19800518
200501 1 012
NOTULEN JALANNYA ACARA SEMINAR
LAPORAN HASIL PENELITIAN
Dengan Judul : “Peningkatan Kompetensi
Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojong, Kab.Tegal Melalui
Penggunaan Model Jigsaw ”
Hasil Karya : Farichin,S.Pd.
NIP : 19700129 199702 1 002
Jabatan :
Guru
Pangkat/Golongan : Pembina / IVA
Pada hari/ Tanggal :
Rabu, 25 Juni 2014
Pukul : 08.00 – 12.00 WIB
Bertempat di ruang :
Ruang
Multimedia
Pada Sekolah : UPTD SMP Negeri 2 Bojong
Dengan alamat :
Desa
Danasari, Kecamatan Bojong, Kabupaten
Tegal
Jalannya Acara Seminar:
1.
Pembukaan : moderator
membuka acara seminar dengan membaca Basmallah bersama-sama dengan peserta
seminar penelitian.
2.
Sambutan
Kepala Sekolah
Pertama
kali menyampaikan rasa syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan petunjuk
dan kenikmatan kepada kita, sehingga guru-guru UPTD SMP Negeri 2 Tarub dan saya
sendiri pada hari ini dapat mendesiminasikan hasil penelitian tindakan melalui
kegiatan seminar. Penghargaan disampaikan kepada para peserta seminar karena di
waktu liburan ini dapat melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan. Kepada pengawas SMP Kabupaten Tegal, perlu disampaikan terima
kasih atas kehadiran, bantuan dan dorongan kepada kita sekalian. Menurut
informasi dari Dinas Dikpora Kabupaten Tegal bahwa kenaikan pangkat pada
periode Oktober 2014 yang akan datang menggunakan peraturan baru yaitu
Permenpan dan RB No.16/2009 tentang Jabatan fungsional dan angka kreditnya,
untuk itu kepada semua guru terutama peserta seminar untuk dapat
disosialisasikan kepada teman-temannya di sekolah. Selamat mengikuti kegiatan
seminar ini. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan.
3. Sambutan Pengawas:
Bapak pengawas SMP Kabupaten Tegal
menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada peserta seminar terutama kepada kepala
sekolah yang telah dapat mendorong guru untuk selalu mengembangkan profesinya
melalui penyusunan penelitian tindakan. Bapak pengawas juga mengharapkan kepada
peserta seminar benar-benar dapat mengambil manfaat positif dari
penyelenggaraan seminar tersebut. Sejalan dengan pemberlakukan kurikulum 2013
yang secara serentak di Kabupaten Tegal akan diterapkan bagi semua sekolah
terutama guru-guru perlu memmpersiapkan diri. Selamat kepada para peserta
seminar semoga dapat berjalan sesuai yang direncanakan.
4. Paparan Singkat Hasil Penelitian oleh Penyaji/ Penulis
Laporan (Bahan Paparan Terlampir)
5. Tanggapan, pertanyaan, kritik/ saran, masukan dari
Peserta Seminar dan Tanggapan dari Penyaji,
Adapun pertanyaan, kritik/ saran,
masukan dari Peserta Seminar terhadap Laporan Hasil Penelitian dari Peserta
Seminar dan Tanggapan dari Penyaji adalah sebagai berikut:
No
|
Nama
|
Asal Instansi
|
Isi pertanyaan, kritik/ saran dan/ atau masukan
|
Tanggapan
Penyaji
|
1.
|
Siti Anisah Susana,S.Pd.
|
SMP 2 Bojong
|
Apa yang mendasari penelitian tersebut dilakukan
sebanyak tiga siklus?
|
Siklus penelitian dilakukan
berdasarkan kriteria keberhasilan penelitian. Pada kriteria keberhasilan
penelitian yang ditentukan sebelumnya. Kriteria
keberhasilan tersebut adalah penelitian dianggap berhasil jika minimal 95%
siswa dalam satu kelas telah mencapai ketuntasan secara individual pada tiga
aspek penilaian yaitu proses, hasil, dan tes. Pada siklus pertama dan kedua
penelitian belum mencapai hasil yang ditetapkan pada kriteria keberhasilan
sehingga dilanjutkan pelaksanaan siklus. Pada siklus ketiga keberhasilan
sudah mencapai syarat keberhasilan penelitian yang ditentukan sehingga
penelitian dianggap berhasil.
|
2.
|
Primus Kurniawan
|
SMP 3 Bumijawa
|
Saya masih
bingung terhadap sistematika penulisan PTK yang benar karena dari beberapa
orang mengatakan hal yang berbeda. Terus cara sebuah hasil PTK dimasukkan ke
dalam jurnal?
|
Pada hakikatnya secara konten,
sistematika PTK sama hanya berbeda pada gaya selingkungnya. Sistematika yang
benar dalam pembuatan PTK berarti yang
sesuai dengan sistematiak yang diinginkan oleh peruntukkan atau sasaran PTK
tersebut dibuat. Untuk lebih amannya, kita ikuti saja sistematika PTK yang
sesuai dengan peruntukkan PTK tersebut. Misalnya kita ingin PTK kita
digunakan untuk publikasi ilmiah dalam angka kredit, maka kita sesuaikan
dengan sistematika yang diminta. Salah satu contohnya adalah sistematika PTK
saya ini. Lain halnya kalau kita mau PTK-nya akan diikutkan lomba, maka
sistematikanya harus disesuaikan dengan yang diminta panitia lomba.
Untuk pemasukkan ke jurnal,
silahkan komunikasikan dengan jurnal yang menjadai sasarannya. Pelajari gaya
selingkung jurnal tersebut agar laporan kita punya kesempatan untuk
diterbitkan. Jangan lupa informasikan pada redaksi bahwa kita telah
mengirimkan laporan PTK. Saran saya mulailah dari jurnal berskala lokal
terlebih dahulu sebelum masuk ke jurnal skala provinsi, nasional, apalagi
internasional.
|
3.
|
Tiah,S.Pd.
|
SMP 1 Bumijawa
|
Apakah pada pelaksanaan setiap
siklus menggunakan materi yang sama? Apakah sama dengan kegiatan remidial?
|
Pelaksanaan siklus dilakukan
dilakukan dengan materi yang terkait dengan kompetensi membaca pemahaman.
Dalam pelajaran bahasa Indonesia ada beberapa kompetensi yang terkait dengan
hal itu.
Siklus penelitian bukanlah
kegiatan remidial. Yang diulang pada pelaksanaan siklus adalah perlakuannya
bukan materinya.
|
6.
Penutup: moderator
menutup kegiatan seminar penelitian dengan membaca Hamdallah.
Tegal, 25 Juni 2014 Mengetahui
Kepala UPTD SMPN 2 Tarub Ketua Panitia Seminar
Sugiarto,S.Pd. Aji Susilo, S.Pd
NIP. 19570814
198601 1 002 NIP.
19800518
200501 1 012
BAHAN TAYANG PAPARAN PENYAJI PADA ACARA
SEMINAR LAPORAN HASIL PENELITIAN
Dengan Judul : Peningkatan Kompetensi Membaca
Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojong, Kab.Tegal Melalui Penggunaan
Model Jigsaw ”
Hasil Karya : Farichin,S.Pd.
NIP : 19700129 199702 1 002
Jabatan :
Guru
Pangkat/Golongan : Pembina / IVA
Pada hari/ Tanggal :
Rabu, 25 Juni 2014
Pukul : 08.00 – 12.00 WIB
Bertempat di ruang :
Ruang
Multimedia
Pada Sekolah : UPTD SMP Negeri 2 Bojong
Dengan alamat :
Desa
Danasari, Kecamatan Bojong, Kabupaten
Tegal
jangan lupa tampilkan slide yang dipakai dalam seminar yang kita lakukan! Ukuran slide terseranh Anda mau besar atau kecil. Yang terpenting , dalam slide tersebut terlihat jelas bagian yang dipresentasikan.
FOTO
KEGIATAN PADA ACARA SEMINAR
LAPORAN
HASIL PENELITIAN
Dengan Judul : “Peningkatan Kompetensi
Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojong, Kab.Tegal Melalui
Penggunaan Model Jigsaw ”
Hasil Karya : Farichin,S.Pd.
NIP : 19700129 199702 1 002
Jabatan :
Guru
Pangkat/Golongan : Pembina / IVA
Pada hari/ Tanggal :
Rabu, 25 Juni 2014
Pukul : 08.00 – 12.00 WIB
Bertempat di ruang :
Ruang
Multimedia
Pada Sekolah : UPTD SMP Negeri 2 Bojong
Dengan alamat :
Desa
Danasari, Kecamatan Bojong, Kabupaten
Tegal
Jangan lupa tampilkan foto pelaksanaan seminar. Sebagai contoh adalah foto banner seminarnya, foto penyaji, moderator, dan notulis dengan latar banner seminar, foto aksi penyaji, peserta seminar, penanya seminar dan lainnya yang dianggap penting.
PTK/PTS UPTD SMP NEGERI 2 BOJONG TAHUN 2014
NO
|
NAMA
|
JABATAN KEPANITIAAN
|
JABATAN DINAS
|
1
|
Sugiarto,S.Pd.
|
Penanggung Jawab
|
Kepala Sekolah
|
2
|
Aji Susilo,S.Pd.
|
Ketua
|
Wakil Kepala Sekolah
|
3
|
Alen Wibowo,S.Pd.
|
Sekretaris
|
Sekretaris Kurikulum
|
4
|
Nurhikmah,S.Pd.
|
Bendahara
|
Ur.Kesiswaan
|
5
|
Wahuri,S.Pd.
|
Anggota
|
Ur.Sarpras
|
6
|
Yuli Kusri Aeni,S.Pd.
|
Anggota
|
Guru
|
7
|
Indah Maruti
|
Anggota
|
Ka.TU
|
SURAT PERNYATAAN BAHWA LAPORAN HASIL PENELITIAN
ADALAH ASLI HASIL KARYA SENDIRI
Yang
bertanda tangan di bawah ini saya:
Nama : Farichin,S.Pd.
Jenis Kelamin : Laki-laki
NIP : 19700129 199702 1 001
Jabatan :
Guru
Pangkat/Golongan : Pembina / IVA
Tempat Tugas : UPTD SMP Negeri 2 Bojong
Alamat Rumah : Desa Danasari, Kec.Bojong, Kab Tegal
e - mail : farichin.farich@gmail.com
Menyatakan bahwa Laporan Hasil Penelitian dengan
judul: “Peningkatan Kompetensi Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 2
Bojong, Kab.Tegal Melalui Penggunaan Model Jigsaw ”
Adalah benar – benar asli hasil karya saya sendiri.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan
sebenarnya dan apa bila ternyata pernyataan saya ini tidak benar, maka saya
bersedia untuk diproses dan menerima sanksi sesuai dengan hukum atau peraturan
dan perundang – undangan yang berlaku.
Tegal,
25 Juni 2014
Mengetahui
Kepala UPTD SMP Negeri 2 Bojong Yang
Membuat Pernyataan
Sugiarto,S.Pd. Farichin,S.Pd.
NIP. 19570814 198601 1 002 NIP. 19570814 199702 1 001
SURAT PERNYATAAN KEPALA PERPUSTAKAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini saya:
Nama : Cecep Saefudin,A.Ma.Pus
Jenis Kelamin : Laki-laki
NIP : -
Jabatan :
Pengelola Perpustakaan UPTD SMP Negeri 2 Bojong Pangkat/Golongan : -
Tempat Tugas : UPTD SMP Negeri 2 Bojong
Menyatakan bahwa Laporan Hasil Penelitian:
Dengan Judul : “Peningkatan Kompetensi Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 2
Bojong, Kab.Tegal Melalui Penggunaan Model Jigsaw ”
Hasil Karya : Farichin,S.Pd.
NIP : 19700129 199702 1 001
Jabatan :
Guru
Pangkat/Golongan : Pembina / IVA
Tempat Tugas : UPTD SMP Negeri 2 Bojong
Alamat Rumah : Desa Danasari, Kec.Bojong, Kab Tegal
e - mail : farichin.farich@gmail.com
No. HP : 0878 3021 7029
Telah disimpan dan dijadikan referensi di Perpustakaan
UPTD SMP Negeri 2 Bojong dengan
nomor regitrasi/ klasifikasi/ katalog : 507-FAR-P-005 Demikian
surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Tegal,
25 Juni 2014
Mengetahui
Kepala UPTD SMP Negeri 2 Bojong Yang
Membuat Pernyataan
Sugiarto,S.Pd. Cecep Saefudin
NIP. 19570814 198601 1 002 NIP.
-
makasih mas bro...
BalasHapussuwun pak kyai...jika diizinkan saya mau nyalin
BalasHapus