Jumat, 10 Mei 2013

CATATAN TENTANG HAL PENTING DARI PENELITIAN


Ha...ha.......... Iseng ya Bro. Kali ini saya ingin upload tentang beberapa hal penting dari sebuah penelitian kuantitatif. Ini merupakan catatan mata kuliah metode penelitian pendidikan yang pernah saya ikuti. Aduh..... sok kepedean banget ya. Habis lagi gak punya ide yang ciamik sih. So, catatan ini semoga bisa dimengerti dan dipahami. Meski hanya catatan, tapi saya yakin tidak ada yang sia-sia, pun catatan sederhana ini. Mudah-mudahan bisa dimaklumi.
Metode Ilmiah
1.     Mencari kebenaran objektif
2.    Dukungan data empiric
3. Paradigm penelitian
    Positivistic: kebenaran objektif diperoleh melalui pengamatan dan pengukuran dari luar.
    Fenomenologis : kebenaran objektif tergantung dari kondisi atau situasi.

Metode Ilmiah
1.    Logic. Penelitian membahas tentang sesuatu yang logis bukan yang abstrak
2.   Nalar. alur penelitian dapatdinalar dengan benar
3.   Akal. penelitian dapat diterima secara akal
4.    Deduktif. penelitian pada umumnya dikembangkan secara deduktif dengan terlebih dahulu mengungkapkan gagasan pokok yang disertai dengan penjelasan yang lebih rinci.
5.   General. Penelitian bersifat umum
6.    Teori. Penelitian dianggap berkualitas bila didasarkan pada teori-teori. Semakin kuat teori pendukungnya, penelitian akan semakin baik.
7.    Kerangka pikir. Kerangka pikir yang dilandasi oleh teori terungkap secara jelas, sistematis, dan logis. Dari logika berpikir, ditarik suatu hipotesis (kebenaran sementara)
8.     Koherensi, konsistensi. Adanya kesatuan dan konsistensi apa yang disampaikan dari bagian awal (latar belakang) sampai dengan bagian akhir (simpulan dan saran)
Konsisten berarti adanya keajegan penelitian dari awal sampai akhir penelitian. Contoh:
1.      Saran harus diambil dari simpulan penelitian
2.      Hindari unsure subjektivitas seperti kata saya atau aku.
3.      Hindari kata peneliti atau kata ganti peneliti untuk menghindari bias.

Ciri kuantitatif
Hubungan …….. biasanya menggunakan produk moment pearson
Pengaruh…… diawali dengan produk momen dan dilanjutkan dengan regresi
Perbedaan ….. bila dua variable, menggunakan Uji t
                        Bila tiga variable menggunakan uji anava

Criteria metode ilmiah  secara kuantitatif
1.      Berdasarkan fakta
2.       Bebas dari prasangka
3.     Menggunakan prinsip-prinsip analisis
4. Data yang dipakai harus berdistribusi normal
5. Data disebut berdistribusi normal jika berbentuk kurva normal
6. Data linear apabila dapat didekati dengan sebuah garis pada scatter plot. Jika ada data yang tidak linear, harus dibuang.
7. Data harus homogeny

Inti dati analisis data adalah rasionalitas yang dipakai

4.      Hipotesis
5.      Ukuran objektif
6.      Teknik kuantitatif

Metode campuran dipakai untuk penelitian yang aplikasi praktis. Sebagai contoh adalah penelitian tindakan. Kelemahan pada validitas data (tingkat subjektivitas tinggi) dan generalisasi (karena bersifat kasuistis).

Data nominal berarti data kelompok tanpa tingkatan apapun
Data ordinal berarti data kelompok dengan bobot, dan tingakatn tertentu yang tidak teratur. Sebagai contoh data ranking siswa di kelas yang intervalnya tidak pasti.
Data interval berarti harus ada kelompok, bobot, dan tingkatan yang teratur, dan tidak ada nol mutlak .
Metode  penelitian kuantitatif
1.      Deskriptif : mendeskripsikan secara sistematik suatu keadaan atau situasi.
Contoh judul:
Survei di Perpustakaan SMP Negeri 2 Bojong

Studi deskripsi model pengembangan kreativitas siswa di SMP negeri 2 Bojong.


2.      Perbedaan: 2 kelmpok atau lebih
Studi komparasi antara nilai UN SMP RSBI dengan nilai UN SMP SSN
Perbedaan prestasi siswa berdasarkan asal sekolah
3.      Hubungan: dua ubahan atau lebih
Contoh:
Hubungan Antara Sikap Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Persepsi Terhadap Pengembangan Karir Dengan Motivasi Berprestasi

4.      Sebab-akibat : korelasi, regresi,analisis jalur
Contoh :
studi korelasional antara motivasi kerja dan sikap terhadap profesi
guru dengan kinerja guru SMP di Komwil Bojong-Bumijawa

pengaruh hujan terhadap tingkat kedisiplinan siswa (regresi)

analisis data kuantitatif

STATISTIK
1.      Menjawab pertanyaan berdasarkan data empiris berupa angka.
2.      Mengolah data menjadi informasi.
3.      Alat bantu mengolah data
Statistic data
a.       Metode menjelaskan data dengan cara merangkum data (bias menggunakan program
b.      Mengolah data menjadi informasi
1)      Tendensi sentral : mean, median, median, modus, simpangan baku.
2)      Distribusi frekwensi
3)      Grafik : polygon, histogram, stem-and-leaves
Statistic Inferensial:
Metode membuat generalisasi atau inferensi terhadap populasi berdasarkan data sampel atau statistic.
Teknik analisis data inferensial
1.      Uji Perbedaan
Dua kelompok : distribusi t
Lebih dari dua kelompok        : Analisis Varian

2.      Analisis varians
Tanpa pengendalian ubahan    : anava satu jalur
Ada pengendalian ubahan:
a.       Level ubahan ordinal atau nominal           : anava factorial
b.      Level ubahan interval        : analisis kovarians
Asumsi analisis varians
1.      Pemilihan sampel secara acak
2.      Distribusi normal
3.      Varians antarkelompok homogeny bias menggunakan Hartley Pearson, Barlett Test
4.      Ada uji lanjut menggunakan Schefee’ dan Bonferroni
Asumsi analisi kovarians
1.      Sampel dipilih acak
2.      Distribusi criteria normal
3.      Ubahan pendamping adalah interval
4.      Varians antarkelompok homogeny
5.      Garis regresi antara kelompok homogeny
Analisis kausal

DATA EMPIRIS
Data yang diperoleh melalui pengukuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar