Ha...ha.......... Iseng ya Bro. Kali ini saya ingin upload tentang beberapa hal penting dari sebuah penelitian kuantitatif. Ini merupakan catatan mata kuliah metode penelitian pendidikan yang pernah saya ikuti. Aduh..... sok kepedean banget ya. Habis lagi gak punya ide yang ciamik sih. So, catatan ini semoga bisa dimengerti dan dipahami. Meski hanya catatan, tapi saya yakin tidak ada yang sia-sia, pun catatan sederhana ini. Mudah-mudahan bisa dimaklumi.
Metode Ilmiah
1. Mencari
kebenaran objektif
2. Dukungan
data empiric
3. Paradigm penelitian
Positivistic: kebenaran objektif diperoleh melalui
pengamatan dan pengukuran dari luar.
Fenomenologis : kebenaran objektif tergantung dari
kondisi atau situasi.
Metode Ilmiah
1.
Logic. Penelitian membahas tentang sesuatu yang logis bukan yang abstrak
2. Nalar. alur penelitian dapatdinalar dengan benar
3. Akal. penelitian dapat diterima secara akal
4.
Deduktif. penelitian pada umumnya dikembangkan secara deduktif dengan terlebih dahulu mengungkapkan gagasan pokok yang disertai dengan penjelasan yang lebih rinci.
5. General. Penelitian bersifat umum
6.
Teori. Penelitian dianggap berkualitas bila didasarkan pada teori-teori. Semakin kuat teori pendukungnya, penelitian akan semakin baik.
7.
Kerangka
pikir. Kerangka pikir yang dilandasi oleh teori terungkap secara jelas, sistematis, dan logis. Dari logika berpikir, ditarik suatu hipotesis
(kebenaran sementara)
8.
Koherensi,
konsistensi. Adanya kesatuan dan konsistensi apa yang disampaikan dari bagian awal (latar belakang) sampai dengan bagian akhir (simpulan dan saran)
Konsisten berarti adanya keajegan penelitian dari awal
sampai akhir penelitian. Contoh:
1.
Saran
harus diambil dari simpulan penelitian
2.
Hindari
unsure subjektivitas seperti kata saya atau aku.
3.
Hindari
kata peneliti atau kata ganti peneliti untuk menghindari bias.
Ciri kuantitatif
Hubungan …….. biasanya menggunakan produk moment
pearson
Pengaruh…… diawali dengan produk momen dan dilanjutkan
dengan regresi
Perbedaan ….. bila dua variable, menggunakan Uji t
Bila
tiga variable menggunakan uji anava
Criteria metode ilmiah
secara kuantitatif
1. Berdasarkan
fakta
2. Bebas
dari prasangka
3.
Menggunakan
prinsip-prinsip analisis
4. Data
yang dipakai harus berdistribusi normal
5. Data
disebut berdistribusi normal jika berbentuk kurva normal
6. Data
linear apabila dapat didekati dengan sebuah garis pada scatter plot. Jika ada
data yang tidak linear, harus dibuang.
7. Data
harus homogeny
Inti
dati analisis data adalah rasionalitas yang dipakai
4.
Hipotesis
5.
Ukuran
objektif
6.
Teknik
kuantitatif
Metode campuran dipakai untuk penelitian yang aplikasi
praktis. Sebagai contoh adalah penelitian tindakan. Kelemahan pada validitas
data (tingkat subjektivitas tinggi) dan generalisasi (karena bersifat
kasuistis).
Data nominal
berarti data kelompok tanpa tingkatan apapun
Data ordinal
berarti data kelompok dengan bobot, dan tingakatn tertentu yang tidak teratur.
Sebagai contoh data ranking siswa di kelas yang intervalnya tidak pasti.
Data interval
berarti harus ada kelompok, bobot, dan tingkatan yang teratur, dan tidak ada
nol mutlak .
Metode penelitian kuantitatif
1.
Deskriptif
: mendeskripsikan secara sistematik suatu keadaan atau situasi.
Contoh
judul:
Survei di Perpustakaan
SMP Negeri 2
Bojong
Studi deskripsi model pengembangan kreativitas siswa di SMP negeri 2
Bojong.
2.
Perbedaan:
2 kelmpok atau lebih
Studi
komparasi antara nilai UN SMP RSBI dengan nilai UN SMP SSN
Perbedaan
prestasi siswa berdasarkan asal sekolah
3.
Hubungan:
dua ubahan atau lebih
Contoh:
Hubungan Antara Sikap Terhadap Kepemimpinan
Kepala Sekolah Dan Persepsi Terhadap
Pengembangan Karir Dengan Motivasi Berprestasi
4.
Sebab-akibat
: korelasi, regresi,analisis jalur
Contoh
:
studi
korelasional antara motivasi kerja dan sikap terhadap profesi
guru dengan kinerja
guru SMP di Komwil
Bojong-Bumijawa
pengaruh hujan terhadap tingkat kedisiplinan siswa (regresi)
analisis data
kuantitatif
STATISTIK
1.
Menjawab
pertanyaan berdasarkan data empiris berupa angka.
2.
Mengolah
data menjadi informasi.
3.
Alat
bantu mengolah data
Statistic data
a.
Metode
menjelaskan data dengan cara merangkum data (bias menggunakan program
b.
Mengolah
data menjadi informasi
1)
Tendensi
sentral : mean, median, median, modus, simpangan baku.
2)
Distribusi
frekwensi
3)
Grafik
: polygon, histogram, stem-and-leaves
Statistic
Inferensial:
Metode membuat
generalisasi atau inferensi terhadap populasi berdasarkan data sampel atau
statistic.
Teknik analisis
data inferensial
1.
Uji
Perbedaan
Dua
kelompok : distribusi t
Lebih
dari dua kelompok : Analisis Varian
2.
Analisis
varians
Tanpa
pengendalian ubahan : anava satu jalur
Ada
pengendalian ubahan:
a.
Level
ubahan ordinal atau nominal :
anava factorial
b.
Level
ubahan interval : analisis
kovarians
Asumsi analisis
varians
1.
Pemilihan
sampel secara acak
2.
Distribusi
normal
3.
Varians
antarkelompok homogeny bias menggunakan Hartley Pearson, Barlett Test
4.
Ada
uji lanjut menggunakan Schefee’ dan Bonferroni
Asumsi analisi
kovarians
1.
Sampel
dipilih acak
2.
Distribusi
criteria normal
3.
Ubahan
pendamping adalah interval
4.
Varians
antarkelompok homogeny
5.
Garis
regresi antara kelompok homogeny
Analisis kausal
DATA EMPIRIS
Data yang
diperoleh melalui pengukuran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar