Selasa, 02 Agustus 2011

PENGEMBANGAN PROFESI GURU

KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI MELIPUTI:
• Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan
• Menemukan Teknologi Tepat Guna
• Membuat Alat Pelajaran/Alat Peraga/Alat Bimbingan
• Menciptakan Karya Seni
• Mengikuti Kegiatan Pengembangan Kurikulum
Macam KTI
1. Hasil penelitian, pengkajian, survey, dan atau evaluasi di bidang pendidikan
2. Karya tulis atau makalah yang berisi tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan
3. Tulisan ilmiah populer di bidang pendidikan dan kebudayaan yang disebarluaskan melalui media massa
4. Prasarana berupa tinjauan, gagasan atau ulasan ilmiah yang disampaikan dalam kegiatan ilmiah
5. Buku pelajaran atau modul
6. Diktat pelajaran
7. Karya penerjemahan buku pelajaran/karya ilmiah yang bermanfaat bagi pendidikan
KTI berbeda-beda tapi…
• Mempermasalahkan pengetahuan keilmuan
• kebenarannya = kebenaran ilmiah
• mencerminkan penerapan metode ilmiah
• tampilan fisik sesuai dengan tata cara penulisan karya ilmiah

1. Karya Tulis Ilmiah Hasil Penelitian, Pengkajian, Survey, Dan Evaluasi
• Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah dan Cara Pemecahan Masalah, Tujuan dan Kemanfaatan Hasil Penelitian (terutama: potensi untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas isi, proses, masukan, atau hasil pembelajaran).
• Bab Tinjauan Pustaka yang menguraikan kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari usulan rancangan penelitian tindakan
• Bab Metode Penelitian yang menjelaskan tentang Rencana dan Prosedur Penelitian (terutama: prosedur diagnosis masalah, perencanaan tindakan, prosedur pelaksanaan tindakan, prosedur observasi dan evaluasi, prosedur refleksi hasil penelitian).
• Bab Hasil-hasil dan Diskusi Hasil Kajian, serta
• Bab Simpulan dan Saran-Saran.
2. Karya Tulis/Makalah Berupa Tinjauan Atau Ulasan Ilmiah Hasil Gagasan Sendiri
3. Bab Permasalahan atau pendahuluan menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah dan Cara Pemecahan Masalah, Tujuan dan Kemanfaatan tinjuan atau ulasan ilmiah yang ditulis
4. Bab Uraian teori dari hal yang dipermasalahkan
5. Bab Uraian fakta dari hal yang dipermasalahkan
6. Bab Diskusi yang menyangkut upaya pemecahan masalah menurut gagasan si penulis
7. Bab Simpulan dan Saran-Saran

Beda KTI hasil penelitian dan KTI tinjauan
• Perbedaan utamanya adalah apa yang dituliskan pada KTI ini masih merupakan gagasan atau ulasan.
• Sedangkan pada kegiatan penelitian, apa yang ditulis pada KTInya merupakan laporan dari apa yang telah dikerjakannya.

3. Tulisan Ilmiah Populer
• Kerangka isinya lebih bebas.
• Tidak menggunakan urutan kerangka isi yang baku
• Tujuan penulisan secara populer adalah agar menarik dan mudah dipahami oleh para pembacanya.
• Sebagaimana tulisan ilmiah pada umumnya, kerangka isi tulisan ilmiah populer terdiri dari 3 (tiga) bagian, yakni pendahuluan, isi dan penutup.
4. Prasaran yang disampaiakan pada Pertemuan Ilmiah
• Menjadi pembicara dalam satu pertemuan ilmiah tentunya harus menyiapkan makalah sebagai penunjang sajian lisannya.
• Makalah dalam pertemuan ilmiah yang berupa prasaran ilmiah itu, dapat digunakan sebagai KTI pada kegiatan pengembangan profesi guru.
• Isi prasaran dapat berupa intisari dari suatu laporan hasil penelitian, pengkajian, survey, dan evaluasi maupun tinjauan ilmiah.

5. Buku Pelajaran atau Modul
• Menjadi pembicara dalam satu pertemuan ilmiah tentunya harus menyiapkan makalah sebagai penunjang sajian lisannya.
• Makalah dalam pertemuan ilmiah yang berupa prasaran ilmiah itu, dapat digunakan sebagai KTI pada kegiatan pengembangan profesi guru.
• Isi prasaran dapat berupa intisari dari suatu laporan hasil penelitian, pengkajian, survey, dan evaluasi maupun tinjauan ilmiah.

Beda Buku, Modul, dan diktat
• Apabila buku sebagai bacaan wajib / pendukung guna membantu penyajian guru umum disebut sebagai buku pelajaran
• Apabila buku dirancang sebagai bahan pembelajaran mandiri siswa, sering disebut sebagai modul.
• Namun bila masih diedarkan dalam lingkup terbatas (umumnya hanya digunakan oleh guru yang membuat), dalam bentuk yang lebih sederhana, cakupan isinya lebih sedikit, maka umum disebut sebagai diktat
6. Diktat
Diktat, adaiah catatan tertulis yang dipersiapkan guru untuk
mempermudah/memperkaya materi mata
pelajaran
Judul bab atau topik isi bahasan
Penjelasan tujuan bab
Uraian isi pelajaran
Penjelasan teori
Sajian contoh
Soal latihan

7. Terjemahan
Karya tulis terjemahan adalah hasil karya penerjemahan buku pelajaran atau karya ilmiah dari bahasa asing ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya, atau dari Bahasa Daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.
Angka kredit 2,5 per karya terjemahan

Kerangka penulisan KTI
Bila karya tulis ilmiah tersebut berupa laporan penelitian maka paling tidak memuat :
• (Bab I) pendahuluan yang menjelaskan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, dan cara pemecahan masalah, melalui rencana tindakan yang akan dilakukan, tujuan dan kemanfaatan hasil penelitian; (Bab II) kajian/tinjauan pustaka yang berisi uraian tentang kajian teori dan pustaka; (Bab IlI) metode penelitian yang menjelaskan tentang prosedur penelitian; (Bab IV) hasil penelitian; dan (Bab V) kesimpulan dan saran-saran.
• Laporan penelitian harus pula melampirkan (a) semua instrumen yang digunakan dalam penelitian, terutama lembar pengamatan, b) contoh-contoh hasil kerja dalam pengisian/ pengerjaan instrumen baik oleh guru maupun siswa, (c) dokumen pelaksanaan penelitian yang lain seperti foto-foto kegiatan, daftar hadir, dan lain-lain.
• Bila karya tulis ilmiah dimaksudkan sebagai tinjauan ilmiah tetap harus memasalahkan hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas mengajarnya dengan menyertakan fakta-fakta masalah yang terjadi di kelasnya.
• Kemudian diuraikan bagaimana upaya yang bersangkutan mengurangi atau memecahkan masalah berkaitan dengan teori yang ada.
• Sistematika karya tulis ilmiah yang berupa tinjauan ilmiah paling tidak memuat :
• Pendahuluan yang terdiri dari (a) latar belakang masalah, (b) rumusan masalah, (c) tujuan dan manfaat penulisan
• Kajian teori yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji dan sajian fakta-fakta yang terkait dengan pelaksanaan tugas yang bersangkutan di kelas/sekolahnya
• Tinjauan atau ulasan tentang bagaimana memecahkan masalah atau mengurangi masalah yang berupa gagasan yang bersangkutan berdasar teori dan fakta yang ada
• Kesimpulan dan saran

Disarikan dari presentasi penulisan KTI oleh : Azis Hoesein, Ir., Dipl.HE., M.Eng.Sc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar