Sabtu, 20 Agustus 2011

KARUNIA DI BALIK BULAN RAMADHAN

Tanpa terasa Ramadhan 1432 H telah kita lalui selama 20 hari. Selama itu pula kita menjalaninya dengan kondisi yang bermacam-macam sikap. Ada yang acuh tak acuh sehingga tidak berpuasa bukanlah hal yang memalukan. Ada yang berusaha menata diri dengan lebih baik dengan memperbanyak ibadah. Yang terakhir ada yang selalu meningkatkan kualitas diri dengan kontrol diri yang lebih ketat.

lalu kita bagian yang mana?
Astaghfirulloh, apabila kita bagian yang pertama. Sungguh kita harus mempertanyakan ke-Islaman kita. Kenapa? Karena Alloh SWT telah mewajibkan seluruh orang-orang yang beriman berpuasa. Sementara kita tahu Iman berarti percaya, percaya terhadap Alloh dengan segala kekuasaannya. Kalau kita tidak berpuasa bukankah berarti kita tidak termasuk orang-orang yang beriman. Kalau kita bukan orang yang beriman, masihkah kita pantas menyebut diri sebagai seorang Muslim?

Alhamdulillah kalau kita termasuk bagian yang kedua atau yang ketiga. Dengan demikian diharapkan akan memperoleh karunia bulan Ramadhan tahun ini. Kita mungkin sudah tahu, Ramadhan merupakan bulan yang luar biasa dalam kalender Islam. coba kita tengok satu-satu karunia tersebut.
1. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah.
2. Diturunkannya Rahmat yang tiada tara. Dikatakan bahwa sepuluh hari pertama Alloh SWT menurunkan Rahmat bagi sekalian alam.
3. Dibukanya Maghfiroh atau pintu maaf disepuluh hari kedua.
4. Diangkatnya manusia dari api neraka di sepuluh hari terakhir.
5. Kembalinya diri menjadi fitrah atau suci dari dosa
6. Diangkatnya derajat kita menjadi mutaqin atau orang yang bertagwa.

Namun, untuk dapat meraih karunia itu tentunya dengan perjuangan yang berat. Bukan sekadar menahan lapar dan haus. Akan tetapai juga meninggalkan hal-hal yang menggugurkan nilai puasa di mata Alloh SWT. Semoga kita dapat meraihnya. Amin ya Robbal 'alamin.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...