Jumat, 12 Juni 2020

BELAJAR DI MANA SAJA

Oleh: Farichin

Jika kita mendengar kata belajar, secara umum akan terbayang sebuah ruang kelas dengan deretan kursi yang tertat rapi. Di depan ada guru yang memimpin dan memandu proses belajar siswa. Itu bukan sebuah kesalahan. Karena memamng belajar secara umum yang begitulah adanya.

Namun, jika Anda sebagai guru, cobalah sesekali lakukan belajar di luar ruang kelas. Belajar dapat dilakukan di mana saja. Belajar dapat dilakukan di lapangan olah raga, di taman, teras kelas, kantin, jalan, dan lain-lain. Belajar dapat dilakukan di mana saja.

Efektifkah belajar di mana saja?
Efektif atau tidaknya bergantung pada guru sebagai fasilitator. Ketepatan kompetensi yang akan disampaikan dan ketepatan model sangat berpengaruh terhadap hasil belajar di mana saja. Kompetensi yang tepat dilakukan belajar di luar ruang kelas biasanya berupa kompetensi berhubungan dengan keterampilan. Dalam pelajaran bahasa, belajar di mana saja sangat tepat dilakukan untuk mempraktikkan kemampuan berbahasa siswa. Sebagai contoh keterampilan siswa berbicara dengan orang lain di sekitar sekolah seperti penjaga sekolah, pedagang, atau orang tua murid yang mengantarkan siswa.

untuk mata pelajaran ilmu sosial, belajar di mana saja dapat dilakukan untuk mengamati fenomena sosial yang terjadi secara nyata. Dapat kita ketahui sistem perdagangan dalam sekala kecil di anatar pedagang di kantin sekolah, atau tawar menawar yang terjadi.

Ayo, mulai sekarang kita coba kelola kelas dengan lebih menarik. Salah satunya adalah dengan belajar di mana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar