Minggu, 20 Maret 2011

Rangkuman dan Soal: Paragraf

Sebuah paragraf minimal memiliki satu pikiran utama dan beberapa pikiran penjelas. Pikiran utama adalah inti yang menjadi pokok pembicaraan dalam sebuah paragraf. Berdasarkan letak pikiran utamanya, paragraf terbagi menjadi beberapa yaitu:
1. Paragraf deduktif yaitu paragraf yang letak pikiran utamanya berada di awal.
2. Paragraf induktif yaitu paragraf yang letak pikiran utamnaya berada di akhir paragraf.
3. Paragraf campuran yang merupakan gabungan antar bentuk deduktif dan induktif. Jenis paragraf ini memumungkinkan pikiran utama yang ada di awal diulang kembali di akhir paragraf. Di samping itu, bentuk campuran ini juga memungkinkan letak pikiran utama berada di tengah paragraf.
4. Paragraf menyebar. Jenis paragraf ini tampak tidak ada pikiran utama. Hal itu disebabkan setiap kalimat memiliki kedudukan yang sama.
Secara umum, paragraf dalam bahasa Indonesia dikembangkan dengan pola deduktif. Oleh karena itu, untuk mempermudah mencari gagasan utama paragraph, lihatlah kalimat pertama setiap paragraph. Kondisi seperti ini lebih banyak terjadi pada jenis karangan nonfiksi.
Dilihat dari bentuk pengembangan paragraf, paragraf terbagi menjadi beberapa bentuk yaitu:
1. Paragraf umum khusus. Paragraf ini memiliki pikiran utama yang sifatnya lebih umum. Pikiran penjelasnya berupa bagian yang lebih khusus yang merupakan bagian penjelasan dari hal yang bersifat umum tersebut
2. Paragraf sebab akibat. Paragraf ini dikembangkan dari pikiran utama yang berupa sebab dengan pengembangan pikiran-pikiran penjelas yang berupa akibat dari sebab yang terjadi.
3. Paragraf pengandaian. Paragraf ini memiliki pikiran utama berupa kalimat pengandaian dan pikiran penjelas berupa hal-hal yang akan terjadi berkenaan dengan pengandaian yang telah dikemukakan.
4. Paragraf perbandingan. Paragraf ini berupa pembandingan antara dua hal.
Bentuk-bentuk pengembangan paragraf di atas dapat ditulis secara induktif maupun deduktif.

LATIHAN
1. Berbeda dengan manusia yang cenderung memilih, alam tidak memiliki keserakahan. Pohon sebagai contoh, ia tidak hanya menaungi para kiai, pastor, dan pendeta. Penjahat yang paling jahat pun akan dinaungi pohon. Demikian juga dengan laut. Setiap barang dan air yang datang hanya diterima dan diterima. Tidak peduli, apakah ia bersih atau kotor, ia berbau harum atau berbau busuk. Semuanya diterima tanpa kemewahan dan keserakahan memilih sebagaimana manusia. Matahari apalagi. Dari tahi kambing sampai wanita cantik pun disinarinya dengan kadar yang sama.
Gagasan pokok paragraf di atas adalah....
a. manusia cenderung serakah memilih
b. alam tidak memiliki keserakahan
c. pohon menaungi semua orang
d. matahari menyinari dengan kadar sama

2. (1)Di Pantai Buyutan, Pacitan terdapat puluhan katu karang artistik. (2) Ada batu yang menjulang, menyerupai candi. (3)Masyarakat menyebutnya sebagai batu narada. (4) Tak jauh dari batu narada, ada batu karang besar yang dinamakan batu pasar. (5) Konon, selepas magrib, dari batu itu terdengar keramaian orang seperti di pasar. (6) Ada lagi batu karang yang menyerupai alat gamelan Jawa dan dinamakan batu kenong.

Gagasan utama paragraf di atas terdapat pada kalimat....
a. (1) c. (3)
b. (2) d. (4)

Sebanyak 13 orang dari empat belas narapidana kasus narkoba di LP Kedung Pani Semarang, diketahui positif masih mengkonsumsi Narkoba. Hal itu diketahui setelah dilakukan tes urin terhadap 14 napi di LP tersebut, kemarin. Tes dilakukan badan Narkotika provinsi (BNP) Jateng bersama satuan Narkoba Polwiltabes Semarang.
Dengan peralatan laboratorium di dalam mobil BNN, yang dapat mendeteksi ganja, Kokain, Shabu-shabu, ekstasi. Tes tersebut dapat diketahui hasilnya dalam beberapa menit.
3. Gagasan utama paragraph di atas adalah …
a. Sebanyak 13 orang Napi di LP Semarang masih mengkonsumsi Narkoba.
b. Tes dialakukan Badan Narkotika Proopinsi.
c. Sebanyak 14 orang dapat mendeteksi ganja.
d. Di LP Kedung Pane semarang 14 orang memakai heroin.

Tewas Tertabrak KA
Slamet (50), warga Malang Rejo, Banyu Urip, tertabrak KA 151 Pasundan Ekspres jurusan Surabaya-Bandung, Kamis (23/3) siang , kemarin. Akibatnya dia tewas seketika dengan kepala hancur. Menurut Eko, Warga setempat, siang itu korban hendak pergi ke sawah. Dia berjalan kaki menyusuri rel kereta api. Korban diduga tidak mendengar suara keretya api yang melaju dari arah belakang, hingga akhirnya tertabrak. Beberapa saat setelah kejadian, jenazah korban dibawa ke RSUD Purworejo. Istri dan anak-anak korban berdomisili di Bener, Purworejo.
4. Gagasan utama paragraph di atas adalah …
a. Korban tertabrak KA.
b. Tewas dengan tubuh hancur tertabrak KA.
c. Slamet (50) wrga Banyu Urip tewas tertabarak KA jurusan Surabaya-Bandung.
d. Kamis (23/3) siang korban tertabrak KA.

Virus flu burung sebenarnya berkembang biak dengan pesatnya di bagian bawah alat pernapasan manusia, paru-paru, dan bukan di bagian atas, hidung dan tenggorakan. Hal itu menyebabkan penyebaran flu burung dari satu orang ke orang lainnya menjadi agak sulit. Kata satu tim peneliti Jepang tentang hasil penemuan mereka di sebuah Jurnal kesehatan terbit kamis kemarin di Inggris.
Virus penyebab influenza pada manusia menginfeksi sel-sel pada hidung dan tenggorakan dan dapat dengan mudah disebarkan melalui bersin atau batuk.
5. Gagasan utama paragraph di atas adalah …
a. Virus flu burung berkembang biak dengan pesatnya di bagian paru-paru dan bukan di hidung.
b. Virus penyebab influenza pada manusia
c. Penyebab flu burung dari satu orang ke orang lainnya.
d. Virus penyebab influenza pada manusia menginfeksi sel-sel.

Orang masih saja menganggap bahwa dunia khayal yang diakrabi oleh orang yang terjerembab dalam mimpi. Mengarang sebenarnya pekerjaan setiap orang yang punya intelektual tinggi dan integritas social yang besar. Mengarang memang bukan hal yang sederhana. Untuk itu, kita harus memahami kaidah-kaidah penulisan.
6. Gagasan utama paragraph di atas adalah …
a. Orang mengarang dalam mimpi.
b. Mengarang sebenarnya pekerjaan setiap orang.
c. Masalah mengarang terkesan masih akrab dengan imajinasi.
d. Orang mengarang mempunyai intelektual tinggi

Potensi air bersih Jawa Tengah makin memprihatinkan. Di sejumlah daerah, menurut Sukarman dari Devisi Lingkungan Hidup Semarang, kasus sengketa sumber air antara warga dan perusahaan marak. Sementara itu, kesulitan air bersih melanda penduduk yang bermukim di perkampungan nelayan di pesisir utara dan selatan.
7. Gagasan utama paragrap di atas adalah …
a. Sengketa sumber air makin marak.
b. Warga pesisir terpaksa beli air bersih.
c. Potensi air bersih di Jateng makin memprihatinkan.
d. Kesulitan air bersih melanda penduduk perkampungan nelayan.

Pada musim kemarau, aliran sungai dari selokan berikut limbah rumah tangga masuk sungai membawa Lumpur dan sampah. Datangnya memang sedikit-sedikit, akan tetapi, karena berlangsungnya dalam waktu lama dan dalam jumlah besar, dengan cepat mengakibatkan sedimentasi (pengendapan) di sepanjang aliran sungai. Akibatnya terjadilah delta-delta kecil yang akan menghambat aliran air sungai. Jadi jangan heran saat mesim hujan tiba sungai tidak sanggup menampung aliran air.
Sebagai warga yang baik, kita tentunya tidak ingin kejadian banjir bandang yang melanda Jakarta kembali terulang. Banyak hal dapat kita lakukan untuk itu. Salah satu yang perlu disadari adalah menumbhkan kesadaran pada diri kita bahwa sungai bukanlah tempat pembuangan sampah dan limbah yang secara gratis dapat kita manfaatkan sesuka hati. Namun, sudah sadarkah kita?
8. Keberpihakan penulis pada paragraph di atas terdapat pada….
a. paragraph 1 kalimat 1,3 c. paragraph 2 kalimat 1 dan 2
b. paragraph 1 kalimat 2,4 d. paragraph 2 kalimat 1 dan 3

9. Kualitas air yang buruk dan cemaran limbah industri tentu tak sehat untuk kulit. Jika kulit sensitif, dengan mudah penyakit kulit akan terjangkit. Biasanya dimulai dengan gatal-gatal, timbul infeksi kulit, kemudian menjadi bisul.

Rangkuman paragraf tersebut yang tepat adalah...
a. Limbah industri mengakibatkan gatal-gatal dan kemudian menjadi bisul.
b. Limbah industri membuat kulit menjadi sensitif terhadap penyakit kulit.
c. Air yang tercemari limbah industri dapat menimbulkan penyakit kulit.
d. Aior yang tercemari limbah industri dapat mengakibatkan kulit sensitif.

Di perahu kakek ada bakul besar, karung, tangguk kecil, dan tangguk beras. Segulung tali ditaruhnya di buritan perahu. Pisau dan korek api juga ada. Rokok kretek dan sebotol air minum tergeletak di haluan.
Gagasan pokok paragraf tersebut terletak di....
a. awal paragraf
b. di tengah
c. di akhir
d. keseluruhan paragraph

10. (1) Mereka membungkuk-bungkuk menangkap ikan-ikan yang menggelepar tertinggal di pantai.
(2)Dengan terampil mereka menangkap ikan-ikan kecil tadi.
(3)Bocah-bocah kecil berlarian dengan dada telanjang.
(4)Tubuh mereka kurus dan kulitnya hitam.
(5)Lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik yang selalu dibawa serta ke sana ke mari.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf padu jika disusun dengan urutan....
a. (3) (4) (1) (2) (5)
b. (3) (1) (4) (2) (5)
c. (4) (1) (2) (5) (3)
d. (2) (4) (1) (5) (3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar