SKENARIO PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 2 Bojong
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : IX/1
Alokasi Wakt : 6 X 40 menit ( 3 pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan , dan pengalaman dalam cerita pendek.
B. KOMPETENSI DASAR
8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca.
D. MATERI BELAJAR
Pertemuan 1 :
a. Pokok-pokok cerita
b. Unsur fisik cerpen
c. Rencana alur cerita
d. Deskripsi atu ilustrasi
Pertemuan 2 :
a. Dialog tokoh
- Cara menulis dialog cerpen
- Bahasa dialog cerpen
Pertemuan 3 :
a. Editing
E. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Metode : ceramah, inkuiri, tanya jawab, penugasan
Model : kooperatif learning
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1 Pendahuluan
a. Mengecek kehadiran
b. Menanyakan cerpen yang pernah dibaca oleh siswa
c. Menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran
d. Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan berhubungan dengan kompetensi yang akan disampaikan.
e. Memberikan motivasi dengan gambaran kebermanfaatan kompetensi yang akan diajarkan bagi kehidupan siswa.
f. Membentuk kelompok kerja dengan cara leader memilih anggota secara bergiliran.
2 Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1) Penjelasan tentang unsur fisik dan intrinsik cerpen dengan memanfaatkan media interaktif berorientasi edutainmen.
2) Siswa mencermati penayangan penggalan lagu “Saat Terakhir” dari ST 12 pada media interaktif berorientasi edutainmen yang dijadikan sumber ide.
3) Siswa membaca cerpen yang bersumber dari penggalan sinetron yang telah ditayangkan diiringi pemutaran lagu yang dijadikan sumber ide..
b. Elaborasi
1) Siswa berdiskusi menentukan pokok-pokok cerita dari lagu yang diajdikan sumber ide.
2) Siswa berdiskusi membuat peta alur atau kerangka cerita dari pokok-pokok cerita yang ada.
3) Siswa mencermati penjelasan dan contoh-contoh deskripsi cerpen melalui penayangan media interaktif berorientasi edutainmen.
4) Siswa menceritakan kembali cerpen dengan membuat deskripsi cerita (2 tahap alur yang pertama) dengan menggunakan bahasa siswa sendiri berdasarkan kerangka cerita yang dibuat.
5) Siswa secara acak membacakan hasil menulis deskripsi cerita.
c. Konfirmasi
1) Siswa menanggapi kelebihan dan kekurangan deskripsi yang telah dibuat siswa lain.
2) Guru memberikan umpan balik dan penguatan berkenaan dengan deskripsi yang telah dibuat siswa.
3) Memberikan pandangan umum tentang kelebihan dan kekurangan deskripsi yang dibuat secara keseluruhan.
4) Tanya jawab tentang kesulitan yang dihadapi siswa dalam membuat deskripsi cerita
3 Penutup
a. Refleksi proses pembelajaran oleh siswa.
b. Memberikan tugas pada siswa untuk menyelesaikan deskripsi cerita.
c. Memberikan motivasi dan reward atas kemajuan belajar yang telah dicapai siswa.
d. Memberikan gambaran tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang.
Pertemuan 2
1 Pendahuluan
a. Mengecek kehadiran
b. Tanya jawab tentang deskripsi cerpen yang menjadi tugas pada pertemuan sebelumnya.
c. Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan hari itu berhubungan dengan kompetensi yang akan disampaikan.
2 Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1) Siswa mencermati lagu “Saat Terakhir” oleh ST 12 pada media interaktif berorientasi edutainemn untuk menyegarkan ingatan
2) Siswa mendengarkan petunjuk cara membuat dialog cerita melalui penayangan media interaktif berorientasi edutainmen.
3) Siswa mencermati penjelasan dan contoh-contoh dialog pada cerpen pada tayangan media interaktif berorientasi edutainmen.
b. Elaborasi
1) Siswa membaca ulang deskripsi cerita yang telah dibuat.
2) Siswa berlatih melengkapi deskripsi dengan dialog tokoh
4) Secara acak siswa membacakan hasil karyanya.
3) Konfirmasi
1) Siswa menanggapi kelebihan dan kekurangan cerpen yang telah dibuat siswa lainnya.
2) Guru memberikan umpan balik dan penguatan berkenaan dengan pengembangan bagian cerpen yang telah dibuat siswa.
3) Memberikan pandangan umum tentang kelebihan dan kekurangan pengembangan bagian cerpen yang dibuat.
4) Tanya jawab tentang kesulitan yang hadapi siswa dalam membuat deskripsi cerita
3 Penutup
a. Refleksi proses pembelajaran oleh siswa
b. Memberikan tugas pada siswa untuk menyelesaikan penulisan cerpen secara lengkap.
c. Memberikan gambaran tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang.
Pertemuan 3
Pendahuluan
a. Mengecek kehadiran
b. Tanya jawab tentang cerpen yang telah dibuat oleh siswa sebagai tugas pertemuan sebelumnya.
c. Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan berhubungan dengan kompetensi yang akan disampaikan.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1) Penjelasan tentang langkah dan cara editing cerpen melalui penayangan media interaktif berorientasi edutainmen.
2) Penjelasan tentang bagian yang harus diedit.
b. Elaborasi
1) Siswa membaca cerpen temannya dalam satu kelompok.
2) Siswa mengedit cerpen temannya dengan fokus editing pada kelengkapan isi dan keruntutan alur.
3) Siswa memberikan saran perbaikan bagi cerpen temannya yang telah diedit.
4) Siswa memperbaiki cerpen yang telah diedit.
c. Konfirmasi
1) Guru memberikan umpan balik berkenaan dengan pengeditan siswa.
2) Memberikan pandangan umum tentang kelebihan dan kekurangan dari hasil editing siswa.
3) Tanya jawab tentang kesulitan yang hadapi siswa dalam membuat deskripsi cerita 65’ Ceramah
Penutup
a. Siswa mengisi lembar refleksi
b. Refleksi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan baik oleh siswa maupun guru.
c. Menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk KD selanjutnya.
G. SUMBER BELAJAR
a. Tim Penyusun Intan Pariwara.2004. PR Bahasa Indonesia.Klaten: Intan Pariwara.
b. Teguh Wibowo.DKK.2005.Bahasa dan Sastra Indonesia.Bandung: Acarya Media Utama.
c. Sri Prihatin, Sutoyo.Medali: Sarana Belajar Berprestasi.Solo:Indonesia Raya.
d. Suharma.2006. Bahasa dan Sastra Indonesia.Jakarta: Yudhistira.
e. Anipudin.2005.Cermat Berbahasa 3:Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
f. Media Interaktif Berorientasi Edutainmen
H. PENILAIAN
Penilaian Tertulis
INDIKATOR TEKNIK BENTUK INSTRUMEN
Siswa mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalam cerpen.
-. Tulislah pokok-pokok cerita cerpen yang sudah kamu baca sesuai dengan alurnya !
Siswa mampu membuat rencana alur Tertulis
-Uraian Buatlah rencana alur cerita untuk dijadikan dasar penulisan kembali cerpen tersebut!
Mampu mengembangkan rencana alur menjadi cerita pendek.
-Uraian kembangkan ide-ide pokok itu menjadi cerpen lagi dengan kalimatmu sendiri !
Mampu menyunting cerita pendek.
-Uraian suntinglah cerpen temanmu itu !
Rubrik Penilaian
1. pokok-pokok cerita cerpen
Siswa menuliskan semua pokok-pokok cerita yang ada (skor 3)
Siswa menuliskan beberapa pokok-pokok cerita yang ada (skor 2)
Siswa hanya menuliskan 1-2 pokok-pokok cerita yang ada (skor 1)
Siswa tidak menuliskan pokok-pokok cerita 3 (skor 0)
2. Rencana alur cerita
Siswa membuat rencana alur secara lengkap (skor 3)
Siswa membuat rencana alur tapi kurang lengkap (skor 2)
Siswa membuat rencana alur tetapi tidak lengkap(skor 1)
Siswa tidak membuat rencana alur (skor 0)
Mengembangkan rencana alur menjadi cerpen
hal-hal yang akan dinilai dalam produk cerpen kamu adalah:
- kesesuaian isi cerita (skor 3)
- diksi dan keindahan bahasa (skor 3)
- ejaan (skor 3)
- kohesi dan keherensi (skor 3)
- kelancaran pengembangan cerita (skor 3)
- kelengkapan alur cerita (skor 3)
Jumlah skor perolehan maksimal 18
4. Menyunting
Siswa menyunting cerpen teman dan memberi masukan untuk perbaikan.(skor 3)
Siswa menyunting cerpen teman tanpa memberi masukan untuk perbaikan.(skor 2)
Siswa hanya memberi masukan untuk perbaikan.(skor 1)
Siswa tidak menyunting cerpen teman atau memberi masukan untuk perbaikan.(skor 0)
Nilai Hasil (Produk) = Jumlah skor perolehan x 100%
Jumlah skor maksimal (27)
Danasari, Juli 2010
Mengetahui: Guru Mapel B.Indonesia
Kepala SMPN 2 Bojong
Drs.HERNAN FARICHIN,S.Pd.
NIP.19650102 199203 1 006 NIP.19700129 199703 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar