Sabtu, 19 Maret 2011

SKENARIO PEMBELAJARAN: MENULIS CERPEN 2


SKENARIO  PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMP Negeri 2 Bojong
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: IX/1
Alokasi Wakt 
:   6 X  40 menit ( 3 pertemuan)

A.    STANDAR KOMPETENSI
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan , dan pengalaman dalam cerita pendek.

B.     KOMPETENSI DASAR
8.2   Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami.

C.    TUJUAN
Siswa dapat menulis cerita pendek dari peristiwa yang pernah dialami.

D.    MATERI BELAJAR
Pertemuan 1       : Pokok-pokok cerita
                             Rencana alur atau kerangka cerita
                             Memperindah Deskripsi cerita
Pertemuan 2       : Dialog tokoh
Pertemuan 3       : Ejaan
  Editing

E.     METODE
Metode   : ceramah, inkuiri, tanya jawab, penugasan
Model     : kooperatif learning

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pendahuluan
a.       Mengecek kehadiran
b.      Menanyakan tentang pengalaman membuat cerpen  yang pernah dialami siswa pada kegiatan sebelumnya.
c.       Menyampaikan hasil kesimpulan dari cerpen yang telah dibuat siswa pada kegiatan sebelumnya,
d.      Tanya jawab tentang pengalaman yang paling menarik yang pernah dialami siswa
e.       Menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran
f.       Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan berhubungan dengan kompetensi yang akan disampaikan. 
g.   Membentuk kelompok kerja dengan siswa memilih leader yang telah ditentukan sebelumnya dengan permainan kereta pemimpin
Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
1)      Siswa mendengarkan penjelasan tentang cara memperindah bahasa cerpen dengan melalui penggunaan media interaktif berorientasi edutainmen.
2)      Siswa mendengarkan penjelasan tentang ejaan dan kohesi dalam paragraf melalui media interaktif berorientasi edutainmen dengan fokus pada kesalahan yang dilakukan siswa pada kegiatan menulis cerpen sebelumnya.
3)      Siswa bermusyawarah memilih entertainmen dalam media interaktif berorientasi edutainmen yang paling sesuai dengan  pengalaman pribadi atau kelompok.
4)      Siswa mencermati penayangan entertainmen yang dipilihnya untuk membangkitkan memori atau kenangan tentang pengalamn yang menarik.

b.      Elaborasi
1)      Siswa berdiskusi menentukan pokok-pokok cerita yang ada dalam entertainment pilihan yang telah disaksikan
2)      Siswa membuat rencana alur atau kerangka cerita berdasarkan pokok-pokok cerita dari entertainmen yang dipadu dengan pengalaman pribadi yang menarik.
3)      Siswa membacakan rencana alur cerita dan deskripsi yang dibuatnya dalam tim untuk mendapatkan komentar dari anggota tim lainnya.
4)      Siswa berlatih membuat deskripsi cerita (minimal 2 bagian alur yang ada dalam kerangka cerita).
5)      Siswa membacakan bagian deskripsi cerita yang telah dibuat dalam kelompok untuk mendapatkan komentar atau tanggapan dari anggota kelompok lainnya
c.       Konfirmasi
1)      Guru memberikan umpan balik berkenaan dengan rancangan deskripsi  yang telah dibuat siswa setelah melihat hasil kerja siswa saat bimbingan kelompok.
2)      Guru dan siswa memberikan masukan berkenaan dengan rancangan deskripsi yang dibuat siswa.
3)      Memberikan pandangan umum tentang kelebihan dan kekurangan rancangan deskripsi yang dibuat secara keseluruhan.
              4)  Tanya jawab tentang kesulitan yang hadapi siswa dalam membuat deskripsi cerita
Penutup
a.       Memberikan penguatan tentang kelebihan yang telah dialami siswa dalam membuat deskripsi cerita.
b.      Memotivasi siswa tentang kemampuan mereka menulis cerpen.
c.       Evaluasi diri siswa
d.      Memberikan tugas pada siswa untuk menyelesaikan deskripsi cerita. 
e.   Memberikan gambaran tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang. 

Pertemuan 2



Pendahuluan
a.       Mengecek kehadiran
b.      Menanyakan deskripsi cerita yang menjadi tugas pertemuan sebelumnya.
    c.       Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan hari itu.

Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
1)      Mengingatkan kembali tentang dialog dan penokohan cerita dengan meberikan penayangan tentang contoh-contoh dialog pada cerpen.
2)      Siswa mencermati contoh dialog yang dilengkapi dengan deskripsi cerita.
3)      Menganalisis dan membandingkan kelebihan serta kekurangan dari contoh dialog tersebut.

b.      Elaborasi
1)      Siswa melengkapi deskripsi cerita dengan dialog agar tokoh terasa lebih hidup.
2)      Siswa membacakan hasil melengkapi dialog pada deskripsi dalam diskusi tim.
3)      Siswa secara acak membacakan sebagian cerpen yang dibuat di depan kelas.

c.       Konfirmasi
1)        Guru memberikan umpan balik berkenaan dengan cerpen yang telah dibuat siswa.
2)        Siswa lain menanggapi pembuatan dialog temannya dalam satu tim
3)        Memberikan pandangan umum tentang kelebihan dan kekurangan deskripsi yang dibuat secara keseluruhan. 
4)        Tanya jawab tentang kesulitan yang hadapi siswa dalam membuat deskripsi cerita

Penutup
a.       Memberikan motivasi dengan memberikan gambaran kemajuan yang telah dialami siswa pada pertemuan hari itu.
b.      Evaluasi diri siswa.
c.       Memberikan tugas pada siswa untuk menyelesaikan deskripsi cerita. 
d.      Memberikan gambaran tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang.


 Peretemuan 3


Pendahuluan
a.       Mengecek kehadiran
b.      Menanyakan cerpen yang telah dibuat siswa pada tugas pertemuan sebelumnya.
c.       Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.

Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
1)      Penjelasan tentang ejaan dan tata tulis melalui penayangan media interaktif berorientasi edutainmen.
2)      Penjelasan tentang langkah dan cara editing cerpen melalui media interaktif berorientasi edutainmen.
3)      Penjelasan tentang bagian yang harus diedit pada cerpen yang telah dibuat siswa.
4)      Melihat penyangan pada media interaktif tentang contoh mengedit.

b.      Elaborasi
1)      Siswa membaca cerpen temannya dalam satu kelompok.
2)      Siswa mengedit cerpen temannya dengan fokus editing pada kemenarikan bahasa, ejaan, keruntutan alur.
3)      Siswa memberikan saran perbaikan bagi cerpen temannya yang telah diedit.
4)      Siswa memperbaiki cerpen yang telah diedit.

c.       Konfirmasi
1)      Guru memberikan umpan balik berkenaan dengan pengeditan siswa.
2)      Memberikan pandangan umum tentang kelebihan dan kekurangan dari hasil editing siswa.
  Tanya jawab tentang kesulitan yang hadapi siswa dalam membuat deskripsi cerita
Penutup
a.       Memberikan gambaran tentang kemajuan yang telah dilakukan siswa dalam menulis cerpen.
b.      Memberikan gambaran tentang rencana pembuatan antologi cerpen siswa dari cerpen yang telah dibuat mereka.
c.       Memberikan tugas pada siswa untuk menyelesaikan cerpen.
d.      Memberikan gambaran tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang
D. Sumber belajar
a.       Tim Penyusun Intan Pariwara.2004. PR Bahasa Indonesia.Klaten: Intan Pariwara.
b.      Teguh Wibowo.DKK.2005.Bahasa dan Sastra Indonesia.Bandung: Acarya Media Utama.
c.       Sri Prihatin, Sutoyo.Medali: Sarana Belajar Berprestasi.Solo:Indonesia Raya.
d.      Suharma.2006. Bahasa dan Sastra Indonesia.Jakarta: Yudhistira.
e.       Anipudin.2005.Cermat Berbahasa 3:Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
f.       Media Interaktif Berorientasi edutainmen
E. Penilaian

INDIKATOR
TEKNIK
BENTUK
INSTRUMEN
Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalam cerpen.
Tertulis
Isian

pilihlah satu bentuk entertainmen yang paling berkesan karena sesuai dengan pengalamanmu yang menarik kemudian susunlah pokok-pokok cerita dalam entertainmen yang telah kamu lihat tersebut

Siswa mampu membuat rencana alur
Tertulis
Uraian
Buatlah rencana alur cerita untuk dijadikan dasar penulisan kembali cerpen tersebut!
Mampu mengembangkan rencana alur menjadi cerita pendek.
Tertulis
Uraian
Kembangkan rencana alur tersebut menjadi sebuah cerpen yang utuh.
Mampu menyunting cerita pendek.
Tertulis
Uraian
suntinglah cerpen temanmu itu !

1. pilihlah satu entertainment yang sesuai dengan pengalamanmu kemudian lihat dan susunlah pokok-pokok cerita dalam entertainmen yang telah kamu lihat tersebut

      Pedoman Penskoran

No
Kegiatan
Skor
1
2
3
4
Siswa menuliskan semua pokok-pokok cerita yang ada
Siswa menuliskan beberapa pokok-pokok cerita yang ada
Siswa hanya menuliskan 1-2 pokok-pokok cerita yang ada
Siswa tidak menuliskan pokok-pokok cerita
3
2
1
0

2. Buatlah rencana alur berdasarkan pokok cerita entertainmen yang kamu pilih dan pengalaman pribadimu yang paling berkesan.

      Pedoman Penskoran

No
Kegiatan
Skor
1
2
3
4
Siswa membuat rencana alur secara lengkap
 Siswa membuat rencana alur tapi kurang lengkap
Siswa membuat rencana alur tetapi tidak lengkap
Siswa tidak membuat rencana alur
3
2
1
0

     3. Kembangkan rencana alur tersebut menjadi sebuah cerpen yang utuh.
No
Uraian
Skor max
1
2
3
4
5
6
kesesuaian isi cerita
diksi dan keindahan bahasa
ejaan
kohesi dan keherensi
kelancaran pengembangan cerita
kelengkapan alur cerita
3
3
3
3
3
3

Jumlah skor perolehan maksimal
18
4.      Suntinglah cerpen temanmu tersebut dengan titik berat pada keindahan bahasa dan keruntutan alur.
No
Uraian
Skor
1

2

3
4
Siswa menyunting cerpen teman dan memberi masukan untuk perbaikan.
Siswa menyunting cerpen teman tanpa memberi masukan untuk perbaikan.
Siswa hanya memberi masukan untuk perbaikan.
Siswa tidak menyunting cerpen teman atau memberi masukan untuk perbaikan.
3

2

1
0




Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Nilai akhir =     Perolehan skor (1,2,3, dan 4)      x skor ideal (100)   
                              Skor maksimum (27)                                                  


Danasari,  Juli 2009
Mengetahui:
Kepala SMPN 2 Bojong
 




Drs.HERNAN
NIP.19650102 199203 1 006

Guru Mapel




FARICHIN, S.Pd.
NIP.19700129 199702 1 001



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...